Diperbaharui pada Jumat, 9 September 2022 | 14:15

Intel dan Broadcom Demonstrasikan Wi-Fi 7 Lintas Vendor

Intel dan Broadcom Demonstrasikan Wi-Fi 7 Lintas Vendor
Intel Corporation dan Broadcom Inc. mendemonstrasikan Wi-Fi 7 lintas vendor pertama di industri, dengan kecepatan over-the-air lebih dari 5 gigabit per detik. Uji coba dilakukan menggunakan laptop berbasis prosesor Intel Core dengan solusi Wi-Fi 7 yang terhubung ke access point Broadcom Wi-Fi 7.

Carlos Cordeiro, Intel Fellow and Wireless CTO, Client Computing Group, Intel, mengatakan Intel bangga telah menunjukkan bagaimana Wi-Fi 7 generasi terbaru bisa memberikan pengalaman mobile PC yang baru. Kolaborasi industri sangat esensial untuk memastikan bahwa Intel dapat memenuhi janji dari teknologi nirkabel terbaru ini. 

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para kolega kami di Broadcom atas kerja sama teknis mereka yang luar biasa, yang membantu untuk mewujudkan demonstrasi Wi-Fi 7 berkecepatan sangat tinggi dan berlatensi sangat rendah, yang belum pernah ada sebelumnya ini,” kata Carlos Cordeiro, Intel Fellow and Wireless CTO, Client Computing Group, Intel.

Sementara Vijay Nagarajan, vice president, Wireless Connectivity Division, Broadcom, menambahkan, pencapaian hari ini mengirimkan pesan yang jelas: ekosistem sudah siap dan Wi-Fi 7 sudah hadir untuk memberikan kapasitas luar biasa dan kecepatan super cepat untuk memperluas gigabit broadband. 

Komunikasi dengan latensi rendah dan andal yang disediakan oleh Wi-Fi 7 adalah elemen kunci dari visi Broadcom untuk menghubungkan segala sesuatu ketika Internet berkembang ke iterasi berikutnya yang penuh dengan pengalaman yang imersif.

“Kolaborasi industri adalah kunci untuk mewujudkan konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan kami senang bekerja sama dengan Intel untuk mencapai sesuatu yang perdana di industri.”

Wi-Fi 7 adalah platform untuk pengalaman nirkabel 10 tahun ke depan, yang membutuhkan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, keandalan yang lebih baik, dan kapasitas yang lebih besar.

Wi-Fi 7 memanfaatkan fitur-fitur baru termasuk channel 320 MHz yang lebih luas dalam spektrum unlicensed 6GHz, modulasi data ordo yang lebih tinggi 4K QAM, koneksi simultan di beberapa pita dengan operasi multi-link dan peningkatan efisiensi utilisasi channel dengan melakukan puncturing pada unit multi-resource.

Pengoperasian yang deterministik dari Wi-Fi 7 memungkinkan terciptanya kelas-kelas produk baru, termasuk augmented reality dan virtual reality, streaming media 16K dalam resolusi ultra-high-definition, dan game yang sangat responsif serta andal, serta mendukung sejumlah besar perangkat yang terhubung di rumah atau kantor.

Dan dengan kecepatan Wi-Fi 7 yang sangat meningkat, pelanggan broadband akan mendapatkan value yang sepenuhnya dari paket internet multi-gigabit mereka.

“Wi-Fi 7 adalah protokol Wi-Fi yang paling powerful dan kapabel serta akan memungkinkan Wi-Fi melayani aplikasi yang paling demanding di pasar consumer dan vertical, dengan tingkat determinisme tertinggi,” kata Phil Solis, Research Director, Connectivity, di IDC. 

“Pengujian interoperabilitas antara Intel dan Broadcom akan memungkinkan pengembangan produk yang dapat digunakan di test bed untuk pengujian sertifikasi Wi-Fi Alliance resmi.”

Intel dan Broadcom menyediakan jaringan lengkap yang esensial untuk membantu memaksimalkan potensi Wi-Fi 7 dan memberikan pengalaman menyeluruh ke marketplace Wi-Fi yang lebih luas.

“Sebagai anggota lama di WBA board, Broadcom dan Intel telah berperan penting dalam merintis Wi-Fi 6 dan 6E. Sekarang mereka memimpin lagi dengan Wi-Fi 7, yang memanfaatkan ketersediaan spektrum 6 GHz yang sedang berkembang pesat di beberapa negara di seluruh APAC, EMEA, Amerika Latin, dan AS,” kata Tiago Rodrigues, CEO Wireless Broadband Alliance. 

Trial mereka yang sukses adalah sebuah tonggak sejarah yang menghadirkan kecepatan gigabit double-digit, latensi yang sangat rendah, resiliensi level operator, dan kemampuan generasi berikut lainnya, kepada consumer dan bisnis di seluruh dunia. Jaringan enterprise dan perumahan juga akan sangat diuntungkan oleh kemampuan Wi-Fi 7 yang canggih ini.”

 Pencapaian hari ini adalah bukti bahwa Wi-Fi 7 telah hadir, dan Broadcom serta Intel akan terus memperlihatkan berbagai kemampuan lainnya dari Wi-Fi 7.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2006 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.