Diperbaharui pada Selasa, 5 Juli 2022 | 17:16

Microsoft Beri Peringatan Adanya Malware Android Baru

malware baru di hp androidFoto: Pixabay

Seperti perkembangan dalam dunia teknologi, malware pun ikut berkembang dan semakin berbahaya, seperti temuan Microsoft baru-baru ini yang menyebutkan adanya jenis malware baru yang mengincar pengguna hp Android dan menyebabkan kerugian finansial yang besar.

Berdasarkan temuan tersebut, tim dari Microsoft’s 365 Defender langsung memberikan peringatan yang ditujukan kepada seluruh pengguna smartphone Android akan bahaya yang mengancam mereka tersebut.

Beberapa kerugian finansial yang disebabkan oleh malware jenis baru ini diantaranya adalah berlangganan layanan-layanan premium, sehingga pengguna hp Android tersebut harus membayar biaya berlangganan yang besar setiap bulan, tanpa sepengetahuan mereka.

Malware baru ini bekerja dengan mekanisme Wireless Application Protocol (WAP) untuk menyerang para pengguna hp Android, sehingga aplikasi-aplikasi yang menggunakan WAP akan secara otomatis menagih biaya layanan kepada pengguna Android yang terkena malware.

Namun, perangkat hp Android yang menggunakan koneksi wi-fi memiliki risiko yang lebih rendah, karena cara kerja malware ini menggunakan jaringan seluler dari provider dengan cara melakukan langganan pada layanan-layanan premium dan mengambil alih akses untuk menerima OTP (one-time password) yang dikirimkan ke hp.

Cara ini dilakukan oleh pengirim malware dengan cara menonaktifkan notifikasi SMS pada hp korbannya, sehingga pengguna hp Android tersebut tidak menyadari bahwa dirinya telah menjadi korban malware.

Bersamaan dengan peringatan yang diberikan tersebut, Microsoft juga mengeluarkan himbauan kepada seluruh pengguna hp Android untuk lebih berhati-hati ketika akan menginstal suatu aplikasi tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Himbauan tersebut juga berlaku untuk aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga menambahkan bahwa malware baru ini secara spesifik mengincar para pengguna hp Android dengan sistem operasi Android 9 dan versi yang lebih lama sebagai sasaran utamanya.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1099 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.