Diperbaharui pada Selasa, 4 Januari 2022 | 09:46

9 Cara Mengatasi Google Play Error

Cara Mengatasi Google Play Error

Mendownload aplikasi merupakan hal yang sering dilakukan untuk para pengguna smartphone. Biasanya, setiap smartphone memiliki aplikasi bawaan untuk mendownload aplikasi lain, seperti halnya Google Play Store.

Bagi para pengguna hp Android, pasti sudah tidak asing dengan Play Store. Namun, ternyata beberapa gangguan juga bisa terjadi pada Play Store. Seperti halnya, tidak dapat dibuka, tidak dapat mendownload, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Gangguan di Play Store

Cara Mengatasi Google Play Error

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki Play Store yang error, ada beberapa hal yang harus kamu periksa terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut. 

Periksa Koneksi Internet

Pertama-tama pastikan kamu memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil. Mungkin saja, Play Store gagal memuat atau mendownload ini terjadi karena koneksi internet yang lemah. 

Periksa Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang penuh juga bisa menyebabkan gangguan pada Play Store. Biasanya jika ruang penyimpanan pada hp penuh, akan muncul notifikasi seperti “ruang penyimpanan anda tersisa kurang dari 1 GB”. 

Periksa Kartu SD

Kartu SD juga dapat menyebabkan masalah jika salah pasang. Jika perangkat memiliki kartu SD, coba keluarkan, dan pasang ulang kartu SD tersebut.

Periksa Sistem Android

Cara Mengatasi Google Play Error

Langkah selanjutnya, periksa sistem Android pada hp kamu, apakah sudah memiliki update yang terbaru. Jika belum, segera update ke versi yang terbaru. Update ini bisa mengoptimalkan kinerja Google Play di hp.

Caranya, buka pengaturan, lalu pilih “Sistem”, dan periksa apakah update tersedia, jika tersedia pilih “update”. Tunggu beberapa saat hingga sistem diperbarui. Setelah itu coba akses Play Store kembali.

Setelah itu, Play Store akan kembali normal seperti biasanya. Namun, jika Play Store masih gagal memuat, lakukan langkah lanjutan berikut ini.

Cara Mengatasi Gangguan di Play Store

Cara Mengatasi Google Play Error

Berikut ini cara mengatasi Play Store yang tidak bisa di buka, gagal memuat, dan gagal mendownload. 

Hapus Cache dan Data Play Store

Langkah pertama adalah menghapus cache dan data Play Store. Ini bisa mengoptimalkan kinerja Play Store, dan me-refresh aplikasi tersebut. Adapun cara menghapus cache dan data Play Store adalah sebagai berikut.

Buka pengaturan, pilih “Aplikasi & Notifikasi”, lalu pilih “Google Play Store”, kemudian pilih “Penyimpanan”, lalu “Hapus Chace” dan “Hapus Data”. Setelah itu, coba buka lagi aplikasi Play Store mu.

Hapus Cache dan Data dari Pengelola Download

Jika belum berhasil, coba hapus cache dan data dari pengelola download di hp kamu. Berikut caranya.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih “Aplikasi dan notifikasi”, kemudian “Info aplikasi” atau “Lihat semua aplikasi”.
  3. Pilih “Lainnya , lalu “Tampilkan Sistem”.
  4. Pilih “Pengelola Download”.
  5. Kemudian pilih “Penyimpanan & cache” dan pilih “Hapus Cache”.
  6. Selanjutnya, pilih “Kosongkan Penyimpanan”, lalu “Hapus Semua Data” dan pilih “Oke”.

Setelah itu buka kembali Google Play Store, dan coba download lagi.

Install Ulang Play Store

Cara Mengatasi Google Play Error

Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang aplikasi Play Store. Dalam langkah ini, pastikan kamu terhubung ke Wi-Fi yang kuat.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih “Aplikasi & notifikasi”.
  3. Pilih “Google Play Store”. 
  4. Pilih “Uninstal Update”, kemudian pilih “Oke”

Tunggu hingga aplikasi Play Store terinstal kembali, kemudian coba buka Play Store lagi.

Hapus dan Tambahkan Kembali Akun Google kamu Ke Perangkat

Jika masih belum berhasil, mungkin kamu harus menghapus dan memasukan ulang akun Google kamu. Namun, cara ini mungkin akan menghapus beberapa informasi yang ada di hp. Jadi sebelum melakukannya, pastikan kamu membackup data penting yang ada di dalam hp.

Bila sudah, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih “Akun”, dan pilih akun yang ingin di hapus, kemudian “Hapus Akun”
  3. Setelah terhapus, masukan lagi akun kamu, buka pengaturan.
  4. Pilih “Tambah Akun”, kemudian masukan email dan passwordmu.
  5. Selesai.

Restart Hp

Cara Mengatasi Google Play Error

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, lakukan restart pada hp. Matikan hp kamu, lalu tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali. Buka kembali aplikasi Play Store.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh mengatasi Play Store yang gagal memuat dan gagal mendownload. Sekarang, kamu bisa mendownload aplikasi yang kamu mau. Semoga bermanfaat.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1071 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.