Diperbaharui pada Selasa, 5 Juli 2022 | 16:51

Apple Menerima Paten untuk Teknologi Mengetik di Layar Basah

teknologi baru appleFoto: Pixabay

Apple berhasil mendapatkan paten dari 'U.S. Patent and Trademark Office' untuk teknologi layar terbaru yang memungkinkan pengguna perangkat Apple untuk mengoperasikan dan mengetik di atas layar yang basah atau ketika berada di tengah hujan.

Paten dengan nama resmi "Modifying functionality of an electronic device during a moisture exposure event" ini diberikan untuk teknologi yang membuat layar tetap berfungsi walaupun terkena air karena kondisi tertentu, tempat yang lembab, cuaca hujan, hingga tangan pengguna yang basah.

Teknologi ini akan secara otomatis membaca situasi mulai dari hujan gerimis hingga deras, dan menyesuaikan layar dengan kondisi tersebut. Sentuhan pada layar yang berasal dari tetesan hujan atau benda cair lainnya, akan terdeteksi dan tidak dianggap sebagai sentuhan jari/tangan manusia.

Ketika layar iPhone ada dalam kondisi basah, kontrol pada layar akan berubah untuk menyesuaikan, dan ukuran tombol-tombol pada layar akan membesar dan jadi berjarak, untuk meningkatkan akurasi sentuhan ketika tombol disentuh.

teknologi layar sentuh appleFoto: Pixabay

Teknologi ini juga akan secara otomatis mengenali intensitas tekanan dan mengubah sentivitas layar ketika disentuh. Contohnya, menditeksi tekanan pada layar saat terkena tetesan air atau hujan.

Maka untuk menggunakan layar saat basah, jenis sentuhan yang akan dikenali oleh sistem hanya tekanan yang lebih kuat, sehingga jari pengguna harus menekan lebih keras.

Selain untuk mengetik saat layar basah, teknologi ini juga akan melakukan perubahan pada pengoperasian kamera, dan akan secara otomatis menonaktifkan beberapa fitur kamera saat iPhone dalam kondisi basah, agar tetap bisa dipakai.

Belum ada informasi resmi yang menyebutkan kapan teknologi ini akan mulai digunakan pada produk iPhone. Apakah ini akan menjadi salah satu keunggulan utama iPhone 14, atau kita masih harus menunggu lebih lama untuk menyaksikan penerapan teknologinya? Kita tunggu saja.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1099 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.