Diperbaharui pada Selasa, 7 Juni 2022 | 10:49

Fitur Baru Apple iOS 16 Fokus pada Kemudahan, Privasi dan Navigasi

fitur terbaru ios 16Foto: Apple

Apple resmi memperkenalkan iOS 16 melalui ajang WWDC 2022 yang membawa banyak pembaruan dengan fokus utama pada kemudahan navigasi, terutama melalui lock screen, yang mengalami desain ulang agar pengguna dapat melakukan berbagai macam kustomisasi.

Pada pembaruan lock screen ini, Apple memberikan akses kepada penggunanya untuk bisa mengatur tampilan sesuai dengan preferensi pribadi, termasuk untuk melakukan kostumisasi pada tampilan tanggal dan jam.

Selain itu, Apple juga melakukan pembaruan-pembaruan lainnya seperti pengaturan Messages baru, penambahan negara dan titik pada Maps, hingga pengaturan baru pada iCloud. Berikut fitur-fitur baru di Apple iOS 16.

1. Pembaruan Lock Screen

Perubahan terbesar yang menjadi sorotan pada ajang WWDC 2022 adalah pembaruan pada lock screen (layar kunci) yang kini memungkinkan pengguna untuk melakukan kostumisasi pada tampilan, dengan merubah jenis font, hingga mengganti warna.

Pada tampilan lock screen terbaru di iOS 16 ini, pengguna juga bisa menambahkan widget yang nantinya akan berada tepat dibawah tanggal dan jam, sehingga memudahkan akses tanpa perlu membuka layar.

Perubahan lainnya yang bisa ditemukan pada lock screen adalah tampilan jendela notifikasi yang kini tidak menutupi bagian tengah layar, namun muncul di bagian bawah, dengan desain jendela yang tidak terlalu mengganggu tampilan.

2. Pembaruan Messages

Seperti pada lock screen, Messages di iOS 16 juga mengalami pembaruan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan versi iOS terdahulu. Pembaruan tersebut hadir melalui tiga fitur baru yaitu:

  • Menyunting pesan: Pengguna dapat menyunting pesan yang sudah terkirim pada Messages.
  • Undo Send: Pesan yang terkirim pada Mesagaes kini bisa dihapus.
  • Mark Conversation: Bila pengguna tidak ingin membaca suatu pesan yang terkirim di Messages, maka fitur ini bisa digunakan untuk menandai bahwa pesan tersebut telah terbaca walau belum dibuka.

Pembaruan lain yang diberikan pada Messages adalah fitur Dictation yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan tanpa perlu mengetik. Fitur ini kini bisa digunakan tanpa koneksi jaringan alias sudah menjadi fitur offline pada perangkat.

fitur baru ios 16Foto: Apple

3. Fitur Live Text

iOS 16 juga memiliki fitur yang sangat berguna ketika pengguna ingin menyalin teks, yakni Live Text. Berbeda dengan cara menyalin teks konvensional, fitur ini memungkinan pengguna untuk menyalin teks dari foto.

Selain foto, pengguna juga dapat menggunakan fitur Live Text ini untuk menyalin teks yang ada pada video. Sehingga memudahkan ketika akan mencari sesuatu.

4. Penambahan Titik pada Maps

Apple memberikan pembaruan Maps pada iOS 16 dengan menambahkan sebelas negara baru. Selain itu, Maps versi terbaru ini juga akan memperkenalkan navigasi rute dengan 15 titik henti yang bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna.

Tampilan kota pada Maps juga kini hadir dalam visual 3D, sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman menjelajah yang lebih nyata. Namun pada presentasinya, fitur ini baru tersedia untuk beberapa kota saja.

5. Pembaruan Lainnya

Selain pembaruan-pembaruan yang telah dijabarkan di atas, Apple juga memberikan pembaruan lain pada fitur-fitur yang ada di iOS 16 seperti CarPlay yang kini tampilannya berbeda dan diklaim akan kompatibel dengan semua jenis layar mobil untuk menampilkan data kecepatan, bahan bakar, dll.

Live Activities akan memberikan notifikasi aktif yang akan selalu diperbarui setiap waktu. Lalu ada Focus yang memungkinkan pengguna untuk memilih notifikasi apa yang ingin ditampilkan pada lock screen.

Apple Wallet pada iOS 16 memiliki keamanan yang yang ditingkatkan, sehingga hanya dapat diakses dengan informasi yang diperlukan saja, misalnya dengan menggunakan usia pengguna, bukan tanggal lahir lengkapnya.

Tersedia juga fitur Apple Pay Later yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja dengan melakukan pembayaran yang dibagi menjadi empat kali cicilan dengan tenor enam minggu. Untuk fitur ini, masih belum ada informasi apakah bisa digunakan di Indonesia.

Terakhir, iOS 16 akan memberikan pembaruan pda iCloud yang kini memungkinkan pengguna untuk membuat enam perpustakaan berbeda untuk menyimpan berbagai macam foto, sehingga tidak tercampur menjadi satu.

Semua update terbaru yang dihadirkan pada iOS 16 dapat dicoba oleh pengguna perangkat Apple iPhone mulai bulan depan (Juli) untuk versi Beta. Sementara untuk versi finalnya, iOS 16 akan hadir bersamaan dengan peluncuran iPhone 14 di bulan September.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.