Diperbaharui pada Jumat, 17 Juni 2022 | 14:40

Apple Akan Rilis MacBook dan iPad Pro Berlayar OLED di 2024

Apple Akan Rilis MacBook dan iPad Pro Berlayar OLED di 2024MacBook Air / Foto: Apple

Apple berencana untuk merilis MacBook dengan layar OLED. Tidak hanya itu, layar OLED ini juga akan diterapkan pada perangkat iPad Pro 12,9 inci.

Seperti yang Pricebook lansir dari 9to5Mac, seorang analis Ross Young dari Display Supply Chain Consultants mengatakan jika MacBook OLED yang diperkirakan hadir dalam model MacBook Air (bisa juga MacBook Pro atau model terbaru) ini akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

Dimana besar kemungkinan Apple akan meluncurkan laptop MacBook OLED dalam ukuran 13,3 inci dan OLED 11 inci. Termasuk juga didalamnya adalah iPad Pro 12,9 inci.

iPad Pro dan MacBook Air dengan layar OLED ini nantinya menggunakan teknologi display yang disebut sebagai “tandem stack,”. Teknologi ini akan meningkatkan kecerahan, memperpanjang usia layar, dan mengurangi konsumsi daya sekitar 30%.

Layar OLED yang digunakan tersebut juga memiliki refresh rate yang dapat diubah-ubah untuk lebih meningkatkan efisiensi. Saat ini, Apple menggunakan teknologi mini-LED sebagai alternatif dari OLED.

Dalam beberapa hal, mini-LED memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihannya, layar mini-LED terdiri dari ribuan LED kecil yang diatur dalam beberapa zona peredupan. 

Layar Mini-LED dapat mencapai kecerahan yang lebih tinggi daripada layar OLED, tetapi peredupan lokal masih belum seakurat pada OLED. Layar OLED juga mengalami burn-in.

Kedepannya Apple akan banyak berinvestasi dalam teknologi mikro-LED yang menggabungkan kemampuan terbaik dari mini-LED dan OLED. Dimana layar mikro-LED dibekali kecerahan yang ditingkatkan dan tidak ada burn-in.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1734 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.