Diperbaharui pada Senin, 15 November 2021 | 16:30

10 Cara FYP di TikTok dan Jam Terbaik Upload Konten

video tiktok fypFoto: Pixabay

Sama seperti Facebook atau Instagram, kini TikTok juga telah merebut hati banyak orang. Tidak terkecuali di Indonesia, demam TikTok semakin hari semakin meningkat.

Sebagai salah satu aplikasi video pendek yang bersifat hiburan, TikTok menghadirkan ruang bagi penggunanya untuk membuat video-video kreatif melalui hp dengan durasi waktu 15 detik hingga 1 menit. Malah, kini kamu bisa juga mengupload video 3 TikTok 3 menit.

Pada aplikasi TikTok sendiri banyak istilah-istilah yang sering digunakan. Namun, salah satu istilah yang paling populer di TikTok adalah FYP. Apa yang dimaksud dengan FYP dan kenapa begitu populer?

Apa itu FYP?

FYP adalah kependekan dari 'For You Page', yaitu halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok.

Pada halaman muka FYP ada banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk ditonton. Melalui halaman ini pula, pengguna bisa menjadi viral di TikTok. Itu sebabnya banyak pengguna yang ingin masuk FYP di TikTok. 

Tapi halaman For You di aplikasi TikTok ini berbeda dengan halaman Following ya. Pada halaman Following, ketika seseorang mengikuti akun TikTok orang lain maka video terbaru yang diupload akan muncul pada halaman Following.

Nah kalau halaman FYP, munculnya berdasarkan kepopuleran dan algoritma tertentu, sehingga video apa saja bisa muncul di FYP tidak selalu sesuatu yang menjadi minat kamu.

Cara supaya FYP di TikTok sebenarnya tidak sulit. Namun, kamu tetap perlu melakukan beberapa trik khusus agar video bisa masuk FYP. Nah, berikut ini beberapa cara masuk FYP yang bisa kamu coba.

Cara Supaya FYP di TikTok 

TikTok FYPFoto: Pixabay

Untuk bisa muncul pada halaman FYP bisa dibilang tidak mudah, sebab ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan menjadi kunci sukses sebuah video bisa masuk di halaman FYP dan dilihat oleh lebih banyak orang.

Tapi, ketika suatu video muncul pada halaman tersebut, secara tidak langsung dapat membantu pemilik akun untuk meningkatkan engagement dan interaksi antara sesama pengguna TikTok. 

Nah, Pricebook punya kunci sukses yang bisa dicoba agar video kamu masuk FYP. Berikut ini cara masuk FYP TikTok yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Upload Video di Jam Ramai (Prime Time)

Ketika akan membuat dan mengupload konten video TikTok, pastikan untuk memilih jam-jam yang paling ramai, dimana para pengguna TikTok paling aktif. Kamu bisa mulai mengunggah video sesuai dengan jadwal ramai TikTok.

Menurut situs Influencer Marketing Hub, jam ramai TikTok, atau biasa disebut TikTok prime time adalah pada siang hari pukul 12.00 - 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 - 17.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00 - 23.00 WIB. Agar bisa muncul di jam-jam tersebut, kamu harus menjadwalkan waktu upload.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Jadwal yang tepat untuk upload video agar muncul di FYP di TikTok saat prime time, yang juga berlaku di Indonesia:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19:00 WIB, 20.00 WIB, 
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jum'at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

2. Tulis Caption Menarik

Caption pada bagian bawah sebuah video harus dibuat menarik. Sebisa mungkin isi dari caption benar-benar mewakili isi video TikTok yang kamu upload.

Sejak bulan November 2021, TikTok meningkatkan jumlah karakter pada caption dari 100 karakter menjadi 300. Ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat caption semenarik mungkin.

Selain itu, untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya, caption ini bisa berupa pertanyaan. Ini merupakan cara masuk FYP TikTok yang terbilang paling mudah.

Hal ini dilakukan untuk membantu dan memperbesar peluang terjadinya interaksi pada video yang kamu upload tersebut. Dengan banyaknya interaksi, maka otomatis video akan muncul pada halaman For You.

3. Buat Konten yang Meningkatkan Engagement

Cara supaya FYP di TikTok bisa juga dilakukan dengan mencoba untuk membuat sebuah konten yang mampu meningkatkan enggagement antara pembuat content dengan follower. Perhatikan juga kualitas video kamu.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan konten yang unik, lucu dan pastinya original. Pastikan kamu membuat para follower merasa puas sekaligus bahagia dan berkenan untuk memberikan komentar yang akan sangat membantu untuk meningkatkan ranking.

4. Kolaborasi atau Duet dengan Kreator Lain

Agar akun TokTok kamu semakin dikenal, buatlah konten kolaborasi dengan kreator TikTok lainnnya, bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat. Bila hasil duetnya menarik, maka akan mendatangkan banyak komentar, apalagi kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang kamu ajak duet.

5. Ikuti Tren dan Challenge

Selain itu, cara masuk FYP TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu yang sedang tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge TikTok yang dibuat oleh para penggunanya. 

Ketika tantangan tersebut menjadi viral, kini saatnya kamu mencoba versi kamu sendiri dan menguploadnya pada akun TikTok. Dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian, kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus follower.

6. Pakai Lagu yang Sedang Populer

Ketika kamu membuat sebuah video, maka cara mudah untuk viral di TikTok bisa dilakukan dengan menggunakan lagu yang sedang hits. Cobalah lakukan editing pada video tersebut sebaik mungkin dengan memasukkan potongan lagu tersebut. 

Cara ini bisa sangat efektif untuk membuat video kamu muncul pada halaman For You. Tapi perhatikan juga isi konten video kamu ya, jangan asal saja pakai lagu yang populer.

Karena kalau isi dan lagi tidak sesuai, maka kesempatan video kamu dilihat orang sampai selesai akan kecil sekali.

7. Jangan Lupa Pakai Hashtag

Cara lain yang bisa dilakukan agar video bisa muncul pada halaman For You adalah dengan menggunakan berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan dengan video milik kamu. 

Penggunaan hashtag juga akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage.

Beberapa hashtag ini dipercaya mampu meningkatkan popularitas dari sebuah video.

8. Lakukan Interaksi dengan Pengguna TikTok Lain

Sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa memulainya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP. 

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru kamu.

9. Pilih Durasi Video Terpendek

Kebanyakan penggunan TikTok lebih menyukai video-video yang durasinya lebih pendek, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk swipe video lainnya.

Durasi video yang terlalu panjang bisa membuat pengguna TikTok bosan dan langsung swipe video sebelum videonya selesai, sehingga tingkat engagement video kamu berkurang.

Manfaatkan durasi video terpendek yang ada di TikTok untuk memaksimalkan konten video kamu. Gampangnya, singkat, padat, dan jelas.

10. Follow Akun-Akun Centang

Cara terakhir ini mungkin bisa dibilang yang paling mudah dilakukan, namun juga tidak mudah. Bagaimana maksudnya? Jadi dengan mengikuti kesembilan cara sebelumnya, maka diharapkan akun TikTok kamu sudah memiliki konten yang kreatif dan berkualitas.

Dengan modal konten-konten tersebut, ada kemungkinan ketika kamu mengikuti akun centang (verified), maka kamu akan difollow juga oleh pemilik akun tersebut. Bukan tidak mungkin ini akan membuat akun TikTok kamu jadi populer dan video kamu jadi mudah FYP.

Siap Jadi Viral di TikTok?

Itulah beberapa cara jadi FYP di TikTok yang bisa coba dilakukan ketika kamu ingin video yang telah kamu buat bisa jadi video rekomendasi bagi orang lain.

Semoga tutorial cara masuk FYP TikTok ini bisa bermanfaat, ya. Kalau video kamu masuk halaman FYP, maka secara tidak langsung hal ini juga akan mampu meningkatkan popularitasmu.

Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

895 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.