Diperbaharui pada Senin, 26 Maret 2018 | 17:10

8 Hp dengan Layar Poni, Desain Mirip iPhone X di 2018

Hp dengan notch
Kemunculan iPhone X ternyata mempengaruhi arah tren pasar hp dunia. Mengusung desain full display tanpa bezel dengan notch di bagian atas, iPhone X seolah menjadi magnet baru bagi produk hp terbaru. Banyak vendor yang mulai mengusung desain mirip iPhone menggunakan notch display pada produk terbaru mereka.

Apa sih notch? Notch bisa diartikan sebagai bagian kecil dari bezel yang menggantung di bagian atas layar yang menampilkan kamera, mikrofon, dan sistem pengenalan wajah. Saat ini banyak yang menyebut hp dengan notch display sebagai hp dengan poni (karena mirip dengan model rambut poni).

Penggunaan layar poni ini memang sudah mulai menyebar ke hp Android. Di ajang Mobile World Congress (MWC) 20108 lalu banyak vendor yang memperkenalkan hp mirip desain iPhone X mereka yang sudah mengusung notch pada layarnya.

Tercatat ada Asus dengan Zenfone 5 dan Zenfone 5z. Dua hp terbaru Asus ini menggunakan fitur full display tanpa bezel dengan poni diatas layarnya. Meski mirip iPhone X, namun Asus mengklaim jika perangkat mereka memiliki notch yang lebih kecil.

Asus Zenfone 5Asus Zenfone 5

Tidak hanya Asus, ada juga LG yang menunjukkan hp terbaru mereka dalam seri LG G7. Sama seperti Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5z, LG G7 juga tampak memiliki poni mirip iPhone X. Hanya saja masih belum jelas apakah itu adalah smartphone yang akan dirilis resmi LG atau hanya menunjukkan bahwa mereka siap mengikuti tren.

Tidak hanya mereka, sebuah bocoran menyebutkan jika OnePlus siap merilis OnePlus 6 dengan desain menyerupai iPhone X. Bocoran tersebut melaporkan OnePlus 6 juga dibekali dengan material kaca di bagian cover belakang dan sensor fingerprint dengan bentuk yang berbeda.

Terlepas dari hal tersebut, apakah hp Android yang menggunakan notch display ini meniru iPhone X? Asus memang tidak menyangkal jika mereka memang ‘mendompleng’ kesuksesan iPhone X. “Orang-orang bilang produk kami meniru Apple, tapi kami tidak bisa jauh dari apa yang diinginkan pengguna. Itu artinya kita harus mengikuti tren,” ujar Marcel Campos, Head of Global Marketing Operations Asus.

Namun, beberapa kalangan menilai hal tersebut tidak segampang itu (meniru poni iPhone X). Salah satu alasannya adalah munculnya layar penuh tanpa bezel pada ponsel pintar membuat poni atau notch pada layar menjadi tak terelakkan. Karena sebuah perangkat harus menyediakan tempat untuk kamera depan dan komponen lainnya.

hp dengan notch
Dan disini para perancang ponsel memiliki dua pilihan utama, menyisakan sedikit bezel di bagian atas atau membuat sedikit ruang dari layar, terutama bagian tengah (notch). Dua opsi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Keuntungan dari opsi menyisakan garis bezel diatas membuat tampilan lebih bersih. Sedangkan kelemahannya adalah ruang bezel yang terbuang dan hilangnya ruang tampilan. Beberapa smartphone yang menggunakan opsi ini adalah Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ serta Google Pixel 2.

Lalu keuntungan menggunakan notch atau poni adalah bisa memaksimalkan ruang tampilan di kedua sisi bagian atas. Sedangkan kelemahan dari notch ini adalah gangguan pada bagian atas antarmuka yang terpoton di bagian tengah.

Jadi sebenarnya pendapat yang mengatakan vedor hp Android yang meniru poni iPhone X tidak seratus persen benar. Apalagi sejauh ini Apple sendiri tidak memiliki paten tersebut.

Hp yang Mirip iPhone X

Seperti yang sudah disebutkan, akan banyak hp yang memiliki desain seperti iPhone X. Apa sajakah hp dengan layar poni tersebut, berikut daftarnya:

1. Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5AsusAsus ZenFone 5 memiliki layar dengan poni namun dikemas dalam desain yang indah, sistem dual-camera yang menakjubkan, dan didukung oleh Platform Seluler Snapdragon 636 terbaru. Untuk peningkatan performa secara instan, Asus AI Boost eksklusif yang mengoptimalkan kinerja untuk gaming dan tugas berat lainnya.

Asus ZenFone 5 dan ZenFone 5Z memiliki sistem dual-camera cerdas yang bisa menyesuaikan dan belajar, memberikan foto yang sempurna setiap saat. Dilengkapi dengan sensor Sony IMX363 andalan terbaru dengan besar piksel 1,4μm, lensa dengan bukaan f/1.8, kamera sekunder wide angle 120°, stabilisasi four-axis optical image (OIS) dan fitur kamera AI. Termasuk AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time dan Real-time Beautification.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 2246 x 1080 Pixel
Detail Prosesor SDM636 Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Asus ZenFone 5Z

Asus ZenFone 5ZAsus ZenFone 5Z adalah smartphone dual-kamera dengan layar 6,2 inci yang menarik, hadir dengan layar all-screen yang cantik yang menampilkan rasio screen-to-body 90%, dikemas dalam ukuran bodi 5,5 inci. Ini adalah model ZenFone pertama yang memanfaatkan kekuatan Mobile Platform Snapdragon 845 terbaru dengan AIE, yang menampilkan platform AI Generasi ke-3 yang mencakup Hexagon 685 Vector DSP, Adreno 630 Graphics, dan CPU Kryo 385.

Smartphone ini juga memanfaatkan modem LTE Snapdragon X20 Gigabit, memberikan kecepatan yang melampaui penghalang gigabit untuk pengalaman ‘wireless fiber', serta Wi-Fi 2x2 802.11ac terintegrasi dan Bluetooth 5 untuk earbud nirkabel ultra-rendah.

Kinerja ekstrim ZenFone 5Z yang hadir dengan layar poni mengusung RAM 8GB dan ROM 256GB, menawarkan kinerja menakjubkan yang dikombinasikan dengan efisiensi energi yang luar biasa untuk masa pakai baterai yang tahan lama.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 2246 x 1080 Pixel
Detail Prosesor SDM845 Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.7 GHz
GPU Adreno 630
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. LG G7

LG G7Meski belum seratus persen akurat, namun LG G7 kemungkinan akan menggunakan pengembangan lanjutan dari layar Full Vision yang mulai diterapkan pada LG G6. Untuk bodi menggunakan bodi metal berlapis kaca dan anti air dan debu. Berbagai teknologi akan disematkan dalam bodi tersebut, diantaranya wireless charging dan teknologi DAC dan HI-FI Audio untuk multimedia.

Layar yang digunakan nampaknya tidak akan berbeda dari seri sebelumnya. Hanya saja LG telah mengembangkan teknologi Full Vision 18:9 yang jauh lebih baik. Untuk resolusi akan menggunakan Quad HD dengan panel AMOLED. Sayangnya, belum ada info apakah layar LG G7 ini akan menggunakan teknologi Dolby Vision atau HDR 10.

Tidak ada hal baru yang dihadirkan LG dalam seri G7 dengan layar poni ini. Pasalnya, LG masih akan mengembangkan sistem dual kamera dari G6. Namun, LG akan menjanjikan bahwa kualitas kamera akan lebih baik dari seri V dengan teknologi Wide Angle yang lebih baik.

LG akan menanam mesin antara Qualcomm Snapdragon 845 dan Snapdragon 835. Namun, LG tampaknya akan memilih chipset yang lebih irit baterai dan sudah support fast charging. Pada bagian RAM, G7 kemungkinan hanya akan menggunakan RAM 4GB saja. namun, tidak menutup kemungkinan LG menghadirkan varian RAM 6 atau 8GB.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.1 inch
Screen Resolution 3120 x 1440 Pixel
Detail Prosesor SDM845 Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Adreno 630
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Huawei P20

Huawei P20Huawei dirumorkan siap melepas hp premium Huawei P20 dengan tiga buah kamera belakang sekaligus yang juga mengusung desain poni. Seperti yang tampak dalam bocoran gambar yang muncul baru-baru ini. Gambar yang diduga sebagai prototype seri P20 ini menegaskan bahwa smartphone premium ini akan menggunakan 3 kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Kamera ini akan dilengkapi fitur dual LED Flash dan fitur laser focus. Sedangkan untuk versi Plus dan Lite kabarnya hanya akan menggunakan fitur dual kamera dengan desain horizontal dan hanya punya single LED.

Menariknya untuk seri Plus, gambar prototype ponsel Huawei ini memperlihatkan desain kamera yang mewah. Pada bagian depan Huawei P20 Plus akan mengusung top bezel yang mirip dengan iPhone X.

Tidak lupa, seri Plus ini akan dilengkapi fitur 3D Face Recognition system yang mirip dengan fitur buatan Apple. Kabarnya fitur 3D unlock Face Recognition ini akan digunakan pula ke beberapa ponsel Huawei yang dirilis tahun 2018 ini. Bagian yang mirip iPhone X pada Huawei P20 akan menggunakan fitur depth camera dan dot projector.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 5.8 inch
Screen Resolution 2240 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Kirin 970
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.4 GHz
GPU Mali-TG72MP12
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 24 MP
USB Type-C, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. OnePlus 6

OnePlus 6
Bocoran menggunakan layar poni yang sama juga muncul untuk OnePlus 6. Kabarnya OnePlus 6 akan mengadopsi penggunaan material kaca di cover belakang. Di bagian depan akan terlihat layar berukuran besar dengan tambahan fitur baru, yaitu notch.

Untuk spesifikasinya, kemungkinan OnePlus 6 akan mengusung layar berukuran 6.28 inch dengan resolusi 2280 x 1080 pixel. Ketebalannya sendiri hanya sebatas 7.5mm dengan bobot sekitar 175g.

Layar ini menggunakan sudut panda lebar dengan aspek rasio 19:9. Dari sisi kamera, OnePlus 6 akan dilengkapi kehadiran dual kamera yang masing-masing memiliki resolusi 20Mp dan 16MP. Kamera ini di dukung aperture f/1.7. Sedangkan kamera depannya sudah memiliki resolusi 20MP dengan aperture f/2.0. OnePlus 6 menggunakan baterai berkapasitas 3,450mAh.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.28 inch
Screen Resolution 2280 x 1080 Pixel
Detail Prosesor SDM845 Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.8 GHz
GPU Adreno 630
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Oppo R15

Oppo R15Oppo R15 ditenagai prosesor Mediatek Helio P60 terbaru dengan proses fabrikasi 12 nm, hasilnya dapat membuat perangkat lebih hemat daya sekitar 12 persen hingga 25 persen dari generasi pendahulunya yaitu Helio P23. 

Di sektor kamera, Oppo R15 sudah mengusung fitur dual kamera di bagian belakang. Dual kamera ini mengusung konfigurasi kamera 16MP dengan ukuran sensor 1/2.6", 1.22um dan aperture f/1,7. Lalu kamera kedua beresolusi 5MP dengan aperture f/2,2. Kedua kamera belakang di Oppo R15 ini menjamin hasil foto yang maksimal, karena menggunakan sensor Sony IMX519. 

Bagaimana kamera depannya? Untuk fitur satu ini tidak perlu diragukan lagi. Karena kualitas kamera selfie di perangkat milik Oppo sudah mendapat pengakuan yang positif. Dan di Oppo R15 ini, Oppo telah memasang kamera beresolusi 20MP dengan aperture f/2.0.

Tidak ketinggalan, Oppo juga menanam memori RAM 6GB dengan ruang penyimpanan internal mencapai 128GB. Untuk sumber dayanya, Oppo R15 mengandalkan pada baterai berkapasitas 3.450 mAh dan sudah didukung fitur quick charge VOOC.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.28 inch
Screen Resolution 2280 x 1080 Pixel
Detail Prosesor MT6771 Helio P60
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Mali-G72 MP3
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 20 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Oppo F7

Oppo F7Oppo F7 merupakan penerus lini Oppo F5 yang hadir dengan beberapa pembaharuan terutama pada kamera depannya. Dimana sudah mengusung sensor 25MP dan memperbaharui kemampuan A.I Beauty Recognition Technology.

Teknologi ini mampu memindai 296 titik wajah, dan fungsi selfie yang tepat dapat mengenali subjek  pria maupun wanita dalam grup selfie. Keseluruhan fungsi kecerdasan buatan terbaru ini di namai OPPO denga A.I Beauty 2.0.  

Oppo F7 mengusung konsep desain yang sedikit berbeda. Perangkat ini menggunakan layar penuh dengan poni di tengah bagian atas. Konsep desain yang juga digunakan pada iPhone X.

Nampaknya konsep desain dengan juga dikenal dengan istilah poni ini akan banyak diterapkan vendor untuk produk terbaru mereka. Layarnya memiliki bentang 6,23 inch dengan resolusi meningkat menjadi 2.280 x 1.080 pixel dengan aspek rasio 19:9 serta screen-to-body yang mencapai 88%. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.23 inch
Screen Resolution 2280 x 1080 Pixel
Detail Prosesor MT6771 Helio P60
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Mali-G72 MP3
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 25 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Vivo V9

Vivo V9Menjadi perangkat teranyar di lini Vivo V series, Vivo V9 menyuguhkan fitur terkini yang disesuaikan dengan tren saat ini. Salah satunya adalah penggunaan fitur full display melalui layar berukuran 6.3 inch.

Layar ini juga memiliki poni di bagian atas yang mulai banyak diterapkan para vendor. Layar ini sudah beresolusi FullHD+ dengan screen-to-body ratio mencapai 90%. vivo V9 juga menawarkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menambah kemampuannya di sektor fotografi. Dari sisi performa Vivo V9 hanya ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.3 inch
Screen Resolution 2880 x 1080 Pixel
Detail Prosesor SDM450 Snapdragon 450
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 24 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Itulah beberapa hp dengan desain mirip iPhone X yang menggunakan notch atau poni pada layar mereka. Meski beberapa diantaranya masih belum seratus persen akurat mengenai spesifikasi maupun desainnya, namun hal ini mengindikasikan bahwa tren hp dengan poni sudah mulai marak.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1643 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.