Diperbaharui pada Kamis, 30 Maret 2017 | 09:39

Spesifikasi dan Harga S8 dan S8 Plus, Resmi!

Samsung secara resmi meluncurkan produk flagship terbaru mereka yakni Samsung S8 dan S8 Plus pada Kamis pagi waktu Amerika Serikat atau sekitar jam 10 malam WIB. Sebagai hape yang paling dinanti oleh pecinta gadget diseluruh dunia, Samsung tentu menghadirkan berbagai spesifikasi yang mumpuni untu menjawab ekspektasi besar dari para penggila gadget di seluruh dunia.

Tim Pricebok kali ini akan membahas lebih dalam mengenai spesifikasi dari dua produk yang paling dinanti ini. Berkaca dari acara live streaming yang diadakan oleh Samsung pada malam hari tadi, bisa dilihat bagaimana Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus membawa banyak pembaruan ketimbang seri sebelumnya, Penasaran? Kita akan bahas spesifikasi lengkapnya satu persatu.

Desain dan Baterai

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus hadir dengan bentang layar yang lebih luas berkat bezel yang lebih tipis atau bisa dibilang tanpa  bazel. Galaxy S8 tampil dengan layar 5,8 inci, sementara Galaxy S8 Plus mengusung layar 6,2 inci. Kedua layar ini akan semakin kuat karena dilapisi dengan Gorilla Glass 5. 

"Bezel-less, memperluas layar tanpa mengorbankan pengalaman genggaman ponsel. Layar lebih luas, lebih banyak yang bisa dilakukan," kata Denison, Senior Vice President, Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America dalam peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus di New York, yang disiarkan secara live-streaming.

Sebuah perbedaan yang cukup menonjol yakni dari layar yang tanpa bezel dan berwarna hitam. Hal ini cukup menegaskan bahwa layar dari Galaxy S8 dan S8 Plus tampak tanpa tepi, seamlessly. Tampilan layar makin menarik dengan sudut membulatnya. 

Sekadar informasi, Layar Galaxy S8 dan S8 Plus sudah mengantongi sertifikat HDR dari UHD. Hal ini menjanjikan kualitas layar yang semakin terang untuk melihat konten di dalamnya. 

Tampilan layar yang besar, selain tanpa bezel, juga karena Samsung membuang tombol Home dari layar. Namun, sejatinya tombol ini tidak benar-benar hilang dari tubuh hape flagship ini, hanya saja dihadirkan sebagai tombol Home virtual, yang 'terkubur' di balik layar. Jari pengguna akan merasakan sebuah getaran seketika mereka menekan tombol ini.

Samsung Galaxy S8 yang berukuran 5,8 inci ini memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 3.000 mAh, sedangkan saudara kembarnya yakni S8 Plus didukung dengan baterai berkapasitas sebesar 3.500 mAh.

Chipset dan Memori

Untuk urusan dapur pacu, tentu hal ini yang menjadi fokus dari berbagai pengguna ataupun reviewer hape diseluruh dunia. Kedua primadona ini telah disematkan sebuah prosesor Exynos 8895 berukuran 10nm. Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus ini juga didukung oleh RAM sebesar 4GB serta memori internal sebesar 64GB yang bisa diekspansi hingga 256GB.

Bukan hanya itu, kakak beradik ini juga sudah mengusung Dual Nano SIM hybrid. Sementara memori internal jauh lebih besar ketimbang model sebelumnya yang hanya 32GB. Dengan memori internal yang lapang tersebut, pengguna bebas menyimpan semua file, foto, dan video dengan lebih leluasa.

Kamera

Untuk urusan fotografi dan mengabadikan momen, kamera belakang Galaxy S8 masih mengusung teknologi dual-pixel (piksel ganda) dengan resolusi 12 MP dan bukaan diafragma yang sangat lebar dan mencapai f 1.7 dengan autofokus dan kemampuan 100 persen phase detection pixel. Bedanya kamera depan ditingkatkan menjadi 8 MP dengan f 1.7, autofokus, dan face recognition untuk selfie.

Jika merujuk pada resolusi kamera yang dihadirkan, memang angka tersebut sangat terlampau jauh jika dibandingkan dengan penawaran dua pesaing mereka yakni Oppo dan Vivo. Oppo misalnya, melalui Oppo F3 Plus yang mengusung dual camera selfie, mereka menawarkan resolusi kamera sebesar 8 MP dan 16 MP untuk kamera depan, sedangkan kamera belakang mereka memiliki resolusi 16 MP.

Sementara Vivo lewat V5 Plus nya menawarkan sensasi dual front camera yang masing-masing memiliki resolusi 20 MP dan 8 MP. Sedangkan kamera belakang dari hape ini beresolusi 16 MP.

Namun tentu saja, ukuran resolusi kamera tidak bisa menjadi sebuah patokan dari hasil foto yang jernih dan tajam dari sebuah hape, tentu terdapat banyak aspek seperti bukaan diafragma, sensor dan lainnya.

Personal Asisten yang Baru

Samsung menyematkan fitur Airtificial  Intelligence (AI) atau yang sering disebut dengan kecerdasan buatan pada kedua hape flagship mereka ini. Kecerdasan buatan itu tergambar pada sebuah ‘Asisten Pribadi’ yang baru dengan nama Bixby.

Bixby memiliki beberapa kemampuan lebih dibanding asisten virtual yang ada selama ini. Bixby mampu diperintah untuk mengambil tangkapan layar, meningkatkan kecerahan perangkat, membuka pengaturan Wi-Fi, sampai mengirim foto.

Dengan Bixby, Samsung ingin membawa cara baru dalam pencarian di smartphone. Uniknya, Bixby juga memiliki Bixby Home dan bekerja secara kontekstual sesuai dengan lokasi, aktivitas dan kebiasaan pengguna.

Namun, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus belum beredar dipasaran saat ini. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, Anda perlu memesan kedua hape canggih ini pada awal April 2017 mendatang atau tepatnya melalui sesi pre-order pada 8-18 April 2017. Sementara Anda akan menerima produk pada 5 Mei 2017. Kedua hape ini dibanderol dengan harga masing-masing Rp 10.499.000 untuk Galaxy S8 dan Rp 11.999.000 untuk Galaxy S8 Plus. Sedangkan warna yang masuk pasar Indonesia adalah Midnight black, Mapple gold, Orchid grey.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.8 inch
Detail Prosesor 8895
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.2 inch
Detail Prosesor 8895
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Gambaran Singkat Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan LG G6
Lebih Superior, Inilah Perbedaan Hape Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S7
Inilah Fitur yang Diharapkan Pada Hape Samsung Galaxy S8
Like us!
Kusnadar

Contributor

43 Posts