Diperbaharui pada Kamis, 6 April 2023 | 11:50

7 Program yang Sama dengan Word untuk Mengetik

Aplikasi WordFoto: Pexels

Aplikasi Ms Word menjadi salah satu software pengolah dokumen yang sangat populer. Bahkan menjadi program wajib yang harus ada di setiap komputer atau laptop bahkan hp.

Sayangnya, harga paket aplikasi Word asli dari Microsoft cukup mahal. Untuk harga paketan Office (Word, Excel dan lainnya) termurah ada dikisaran Rp 950 ribuan/tahun atau yang sekali beli sekitar Rp 1,8 jutaan.

Download Ms Word gratisan juga sebenarnya bisa dilakukan, tapi sangat beresiko karena rentang terhadap segala macam virus dan malware.

Solusi terbaik, Anda bisa menggunakan program yang sama dengan Ms Word atau software yang mirip Microsoft Word. Dan bisa menjadi aplikasi mengetik alternatif yang layak dicoba.

Apalagi beberapa diantaranya punya fitur yang mirip dan bisa di download secara gratis. Penasaran apa saja program yang sama dengan Ms Word untuk mengetik. Simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Mirip Ms Word

Berikut pilihan aplikasi Word yang bisa di download gratis.

1. WPS Office Writer

WPS Office Writer
Aplikasi yang mirip Ms Word pertama adalah WPS Office. Aplikasi mengetik ini awalnya hadir dengan nama Kingsoft Office dan cukup populer di negara Tiongkok. Dalam aplikasi ini terdapat juga aplikasi pengganti Microsoft Word yakni WPS Office Writer.

Selain gratis di download juga mengusung user interface yang nyaman digunakan. Desainnya menggunakan tab mirip web browser sehingga cocok untuk para pengguna yang sering membuka banyak file dalam sekali kerja.

Aplikasi ini juga sudah support semua format file, bahkan bisa membuka file pdf dan mengubahnya ke file PDF dan DOCX, atau sebaliknya. Selain itu juga sudah menghadirkan penyimpanan cloud sebesar 1 GB yang bisa dibuka di semua platform.

Download aplikasi word WPS Office Writer gratis

2. OpenOffice Writer

OpenOffice Writer
Aplikasi yang sama dengan Ms Word ini sudah dikembangkan cukup lama oleh pengembang bernama Apache. Aplikasi ini bahkan dianggap sebagai pesaing serius Microsoft Word di sistem operasi Windows.

Bahkan, di sistem operasi Linux, aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik dan terpopuler untuk digunakan mengetik dokumen. Progam OpenOffice Writer ini bersifat open source sehingga secara tampilan kurang maksimal.

Walaupun demikian, aplikasi ini memiliki performa yang ringan, tidak banyak memakan RAM. Pengguna pun bisa memakai berbagai fitur khas mirip fitur Microsoft Word. Sebut saja banyak template, huruf yang beragam dan fitur mengetik lainnya.

Download word OpenOffice gratis

3. LibreOffice Writer

LibreOffice Writer
Aplikasi Word ini merupakan versi lebih sempurna dari OpenOffice. Yang menarik, pengembang aplikasi ini cukup rajin menghadirkan update sehingga fitur selalu baru dan penuh inovasi.

Hadir dengan support beragam file termasuk file PDF tapi sayangnya hanya mengusung tampilan yang mirip Ms Word versi lama. Tapi kamu bisa mengetik layaknya di Microsoft Office namun dengan performa ala OpenOffice.

Termasuk melakukan online file editing. Pengembang juga menghadirkan toolbar mode baru sehingga pengguna bisa focus menulis dan mengedit degan cepat dan efisien.

Pengguna juga bisa mengubah format file dari satu file ke format lainnya dengan mudah. Tidak heran, aplikasi ini banyak digunakan pengguna di berbagai macam sistem baik Android hingga Windows.

Download word LibreOffice Writer gratis

4. FreeOffice Textmaker

FreeOffice Textmaker
Aplikasi Word gratis pengganti Ms Word ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap dan berbeda dengan Microsoft Office. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mudah menyisipkan segala sesuatu seperti catatan tangan.

Tidak hanya itu, pengguna bisa menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF. Sayangnya versi gratis ini tidak bisa menyimpan file format DOCX. Walaupun demikian, aplikasi ini tetap bisa menyimpan dan membuka file DOC layaknya Microsoft Word.

Walaupun demikian, aplikasi ini menghadirkan fitur yang aplikasi ini bisa digunakan di sistem Word dan Linux dengan mudah.

Download word FreeOffice Textmaker gratis

5. AbiWord

AbiWord
AbiWord memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga disebut-sebut layak mengantikan Ms Word sejak lama. Aplikasi ini memiliki performa yang handal untuk notebook berspesifikasi rendah karena tidak terlalu banyak memakan RAM.

Aplikasi Word ini bahkan memiliki keunggulan dengan menghadirkan layanan edit dokumen. Layanan ini memiliki fitur edit yang lengkap bahkan bersaing dengan Google Docs. Sayangnya, aplikasi ini lebih banyak hadir di sistem Linux.

Download aplikasi word AbiWord gratis

6. Google Docs

Google Docs
Aplikasi word alternatif ini hadir berbasis web yang dikembangkan langsung oleh Google. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup lengkap dan bisa digunakan untuk mengganti Ms Word bahkan Microsoft Office.

Kelebihan aplikasi ini lainnya ialah semua hasil pengetikan akan disimpan pada Google Drive sehingga pengguna bisa membuka hasil kerjaan di perangkat lain dengan mudah dan cepat.

Download word Google Docs

7. Dropbox Paper

Dropbox Paper
Dropbox Paper adalah layanan pengolahan dokumen dengan fitur kolaborasi. Dengan Dropbox Paper Anda dan tim Anda dapat mengedit dokumen secara real time dan meninjau pekerjaan dengan mudah. 

Tersedia juga aplikasi yang dapat Anda unduh ke smartphone atau tablet Anda sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda kapan saja dan di mana saja. 

Coba dan download word Dropbox Paper

Itulah beberapa program yang sama dengan Word, sehingga bisa menjadi alternatif untuk aktivitas mengetik. Selain gratis, program diatas juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Word berbayar.

Semoga membantu.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2420 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.