Diperbaharui pada Jumat, 24 Desember 2021 | 09:05

5 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik untuk Hp Android

aplikasi antivirus hp android terbaikFoto: Pixabay

Seperti yang diketahui, sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat terbuka. Hal ini memang menguntungkan karena mudah dioprek namun ternyata juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan dari sistem operasi ini ialah keamanan.

Walau memang muncul semacam anggapan bahwa menginstal aplikasi dari toko aplikasi resmi Google Play Store akan aman-aman saja, ternyata dibalik banyaknya aplikasi dan game, banyak juga malware yang mengintai smartphone.

Lalu bagaimana mengatasi keamanan smartphone Android dari hal tersebut? Cara paling mudah tentu menggunakan aplikasi keamanan Android. Aplikasi ini diharapkan sebagai langkah awal melindungi perangkat Android dari aplikasi atau game yang berbahaya.

Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Android merupakan sebuah sistem aplikasi yang cukup terbuka dan sangat mudah untuk dikulik oleh pihak ketiga, yang sekaligus membuatnya jadi mudah juga untuk disusupi oleh virus berhabaya, terutama melalui aplikasi.

Berbagai perusahaan keamanan data pun berlomba-lomba merilis aplikasi antivirus mereka untuk mengatasi berbagai andaman digital tersebut. Ada yang berbayar, ada juga aplikasi antivirus gratis.

Agar Anda tidak kebingungan memilih mana aplikasi antivirus Android yang gratis dan bagus, berikut beberapa rekomendasi aplikasi antivirus terbaik untuk hp Android.

1. AVL

aplikasi antivirus android terbaik
Jika Anda hanya mencari aplikasi antivirus hp Android untuk perlindungan dari Malware saja, Maka AVL merupakan pilihan yang tepat. AVL mampu memindai berbagai jenis file, tidak hanya APK.

Aplikasi Android ini bahkan dirancang untuk bekerja dengan cepat dan efisien sehingga tidak memboroskan RAM. Menariknya, terdapat fungsi ekstra untuk memblokir panggilan telepon.

2. 360 Security

aplikasi antivirus terbaik android
Fokus Aplikasi keamanan Android ini sebetulnya mendeteksi dan mencegah ancaman malware yang dapat mengakibatkan kerusakan sistem. Hadir dengan user interface yang simple dan elegan, aplikasi ini tidak membutuhkan RAM yang besar.

Aplikasi antivirus Android gratis ini juga dibekali fungsi pemindaian real time yang akan mendeteksi perangkatmu dari malware, spyware dan ancaman lainnya.

Selain itu, aplikasi 360 Security ini juga mampu mendeteksi dan memperbaiki jika ada celah keamanan di hp Android yang mudah ditembus oleh ancaman virus.

Tidak hanya itu, aplikasi keamanan Android ini juga bisa membersihkan aplikasi-aplikasi yang bekerja di latar belakang agar perangkat Android bekerja lebih ringan dan cepat.

Bahkan dalam versi terbaru 360 Security, pengembang menambahkan pembersih file sampah, memory booster untuk meringankan RAM, fitur hemat daya dan fitur untuk melacak perangkat jika hilang.

3. Avast Mobile Security

aplikasi antivirus gratis terbaik android
Sebagai salah satu aplikasi antivirus Android gratis, Avast menghadirkan fitur yang cukup lengkap dan berguna. Bahkan beberapa fungsi dasar aplikasi keamanan seperti perlindungan dari virus, pemindai aplikasi, serta pemindai URL situs web.

Yang menarik, terdapat fitur perlindungan anti-maling yang bernama aplikasi Theft Aware. Fitur ini memang tersembungi namun memungkinkan Anda mengontrol smartphone dari jarak jauh menggunakan SMS.

Keuntungan dari pemakaian sistem ini tentu bila smartphone hilang, Anda bisa menguncinya, melacaknya, atau menghapus data-datanya. Anda bahkan bisa membunyikan alarm, mengunci sim card, semua cukup dilakukan melalui SMS.

Bila perangkat Android milikmu telah diroot, Anda bisa mengaktifkan fungsi lain seperti memblokir aplikasi tertentu dari wifi maupun koneksi data. Dengan begitu, baterai smartphone lebih awet.

4. Avira Antivirus Security

aplikasi antivirus terbaik android
Avira menjadi salah satu antivirus terbaik yang bisa diandalkan untuk melindungi perangkat Android. Aplikasi ini hadir cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu performa perangkat. Terdapat juga fitur pemindai aplikasi yang mengecek malware.

Aplikasi keamanan gratis ini juga memiliki pemindai otomatis yang dapat memindai aplikasi baru maupun pembaharuan pasa hp. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi Avira ini hadir dengan fitur anti-maling.

Avira cukup unggul dengan fitur Tool identity Safeguard. Tool ini mampu melacak akun email milikmu, milik kontakmu, telah dibobol oleh hacker. Ada juga fitur blacklist yang bisa memblokir telepon ataupun email.

5. ESET Mobile Security

aplikasi antivirus android gratis
Sama seperti aplikasi keamanan Android sebelumnya, aplikasi ESET Mobile Security bisa melacak dan mengunci perangkat Androidmu dari jarak jauh.

Selain itu, Anda bisa mencegah orang lain untuk menghapus aplikasi, karena aplikasi ESET Mobile Security ini adalah aplikasi proteksi berbasis kata sandi.

Aplikasi antivirus gratis ini hadir dengan fitur pindai secara real time untuk mendeteksi aplikasi yang mengandung malware. Aplikasi ini bahkan mampu memonitor penggunaan data yang tidak wajar.

Selalu Pantau Keamanan Hp

Deretan rekomendasi aplikasi keamanan yang kami berikan ini akan sangat membantu keamanan hp Anda agar dapat terhindar dari berbagai serangan digital yang dapat merugikan.

Semoga rekomendasi ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu pantau keamanan hp Anda, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1249 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.