Diperbaharui pada Rabu, 23 Desember 2020 | 11:10

7 Aplikasi Favorit yang Bikin Baterai Hp Boros

aplikasi boros baterai android

Kehadiran berbagai macam aplikasi di hp Android memang akan sangat memberikan kemudahan. Apalagi sistem operasi Android dikenal memiliki begitu banyak aplikasi dengan berbagai macam fungsi yang bisa kamu pilih sesuka hati.

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, kehadiran aplikasi di smartphone Android juga menimbulkan efek negatif. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah konsumsi baterai yang menjadi sangat boros, dan ini sudah menjadi masalah yang klasik di hp Android.

Salah satu penyebab borosnya konsumsi baterai adalah karena satu aplikasi membutuhkan beberapa layanan untuk menjalankan fungsinya. Sebut saja Google Maps yang harus mengaktifkan fitur lokasi untuk bisa bekerja secara maksimal.

Selain Google Maps, masih ada cukup banyak aplikasi lain yang dianggap sangat boros baterai Android. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut ini diantaranya:

1. Google Maps

aplikasi boros baterai android

Aplikasi boros baterai Android pertama, ada Google Maps. Aplikasi peta dari Google ini dikenal sangat boros baterai ketika dijalankan. Kenapa dia begitu boros?

Karena untuk menjalankan fungsinya Google Maps harus menjalankan fitur lokasi untuk melacak lokasi kita, terutama ketika kita menjalankan fitur penunjuk jalan, baterai hp Android dijamin akan sangat terkuras.

Tidak hanya akibat menjalankan fitur lokasi saja, untuk menjalankan fitur penunjuk arah, pada awal proses tracking aplikasi ini butuh melakukan proses download source pada setiap kondisi jalan untuk memberikan rute terbaik kepada kita.

2. Facebook

aplikasi boros baterai android

Salah satu jenis aplikasi yang sangat menguras baterai adalah aplikasi sosial media. Namun, dari sekian banyak aplikasi sosial media, salah satu yang terkenal paling menguras baterai adalah Facebook.

Aplikasi ini sangat boros baterai karena harus menjalankan banyak proses ketika berjalan.

Bila digambarkan, ketika menjalankan Facebook, pasti kita akan menerima banyak notifikasi, seperti pesan, request pertemanan, dan berbagai notifikasi lain yang kadang tidak terlalu kita perhatikan.

Sebagai sara, agar tidak terlalu menguras baterai, kamu bisa mematikan fitur notifikasi ini di bagian pengaturan atau bisa mengganti aktivasinya dari menggunakan aplikasi menjadi lewat browsing lewat browser.

3. Netflix

aplikasi boros baterai android

Netflix merupakan aplikasi penyedia film dan acara TV online yang banyak digunakan saat ini. Sayangnya, di balik menariknya aplikasi ini, ternyata cukup memakan banyak kapasitas baterai saat sedang dijalankan.

Karena ketika berjalan, layar hp, koneksi internet, dan speaker hp akan dibuat terus menyala agar pengguna bisa terus menonton film tanpa putus. Saran kami, bila ingin menonton film di Netflix, jangan gunakan aplikasi Android, lebih baik pakai laptop. Walau tidak ringkas, tapi kita bisa lebih puas karena tampilannya akan lebih besar dari hp.

4. Instagram

aplikasi boros baterai android

Kembali, aplikasi sosial media menjadi pelaku borosnya baterai hp Android. Kali ini aplikasi sosial medianya adalah Instagram. Sebagai aplikasi sosial media, hal yang membuat Instagram boros daya baterai adalah karena harus menjalankan berbagai notifikasi ketika menjalankannya.

Sebagai contoh, ketika kita sedang mengecek timeline, maka hp dituntut untuk melakukan download foto yang sangat menguras baterai. belum lagi jika kita melihat posting berupa video, tentu konsumsi dayanya akan semakin boros.

5. Snapchat

aplikasi boros baterai android

Aplikasi berikutnya lagi-lagi dari sosial media, di urutan berikutnya adalah Snapchat yang beberapa waktu lalu sempat booming di kalangan anak muda.

Dengan aplikasi ini, kita bisa berbagi pesan, foto, video, bahkan melakukan live streaming dengan sangat mudah. Semua fungsi itu membuat Snapchat menjadi sangat boros baterai

Alasan kenapa Snapchat boros baterai adalah karena ketika kita menjalankannya, maka dia akan membuat kamera, koneksi internet, GPS, dan fitur-fitur lain pada Snapchat menjadi terus berjalan.

Untuk membantu menghemat baterai ketika menjalankan Snapchat, kamu bisa menjalankan layanan penghemat baterai atau mendownload aplikasi penghemat baterai.

6. Line

aplikasi boros baterai android

Aplikasi chatting yang dikenal boros baterai adalah Line. Berbeda dengan WhatsApp, Line dikenal sebagai aplikasi chat yang memiliki banyak sekali fitur, sebut saja free call, Line Today, dan berbagai layanan lain.

Di mana untuk menjalankan berbagai layanan ini, Line membutuhkan konsumsi daya yang sangat boros. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dikenal agak boros memori.

7. Spotify

aplikasi boros baterai android

Spotify merupakan aplikasi streaming musik paling populer saat ini. Meski tidak seboros Netflix yang harus menyalakan layar secara terus menerus, namun Spotify membuat hp harus menjalankan koneksi internet dan speaker (bila dipakai) secara terus menerus.

Untuk membantu kamu menghemat beterai, lebih baik gunakan headset ketika menjalankan aplikasi ini.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1649 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.