Diperbaharui Pada Rabu, 30 Agu 2017 | 16:24

Resmi Rilis, Prosesor MediaTek Helio P23 dan P30 Dukungan Fitur Dual Kamera

Image via GizChina

Bicara produsen mobile chipset, nama MediaTek tak bisa dipandang sebelah mata. Produsen ini kerap melahirkan mobile chipset canggih untuk sejumlah pabrikan hp. Bahkan lini kelas atasnya bisa disandingkan dengan prosesor kelas atas dari Qualcomm.

Baru-baru ini, MediaTek kembali membuat gebrakan. Pabrikan ini merilis dua prosesor terbaru bernama MediaTek Helio P23 dan P30 yang secara resmi bergabung dengan prosesor MediaTek Helio P25 untuk sasar lini kelas menengah.

Soal spesifikasi, prosesor MediaTek Helio P23 dan P30 mengusung konfigurasi yang nyaris mirip. Perbedaan paling mencolok terletak pada kecepatan clock GPU, dimana keduanya memakai GPU Mali G71 MP2 dengan clock speed 770MHz untuk Helio P23 dan clock speed 950MHz untuk Helio P30.

Selain perbedaan clock speed pada GPU, perbedaan lain terletak pada kemampuan dukungan kamera. Sama-sama support fitur dual kamera, prosesor MediaTek Helio P30 mampu mendukung dual kamera berkekuatan 16 MP atau kamera tunggal beresolusi 25 MP. Sedangkan sang adik, Helio P23, hanya bisa menangani konfigurasi dual kamera berukuran 13 MP dan kamera tunggal beresolusi 24 MP saja.

Sementara itu, kedua prosesor MediaTek Helio P series terbaru ini sama-sama mengemas konfigurasi Octa Core Cortex-A53 dengan frekuensi 2.3 GHz. Yang menarik, MediaTek membenamkan teknologi bernama CorePilot 4.0 dengan fitur thermal management, UX monitoring dan aware scheduling. Lewat fitur tersebut, kedua chipset mampu bekerja secara optimal saat dioperasikan dalam performa tinggi, namun tetap stabil dan konsisten sehingga nyaman dipakai sehari-hari.

Keunggulan lain dari prosesor MediaTek Helio P23 dan P30 adalah peningkatan performa, konektivitas dan kinerja baterai ketimbang prosesor seri lama. Kedua prosesor ini juga mendukung modem 4G LTE WorldMode sehingga bisa menjangkau koneksi 4G LTE dari semua jaringan yang ada di dunia melalui satu chipset saja.

Khusus untuk prosesor MediaTek Helio P23, terdapat kemampuan dual SIM dimana keduanya mendukungn 4G VoLTE / ViLTE. Sementara prosesor MediaTek Helio P30, ia mendukung fitur baru bernama Vision Processing Unit (VPN), merupakan prosesor sinyal digital yang dioperasikan pada 500 MHz, sebuah prosesor mandiri yang membebaskan beberapa sumber daya di dalam perangkat untuk mengakomodasi kebutuhan lain sehingga kinerja baterai terus hemat namun tetap bisa hasilkan pengalaman visual yang lebih halus.

Mengenai ketersediaan, kedua prosesor MediaTek ini akan dipakai pada berbagai merek smartphone yang rilis pada kuartal keempat tahun 2017. Ia akan digunakan pada smartphone premium kelas menengah, salah satunya adalah Motorola Moto G series.

Baca juga artikel:

Kelebihan dan Kekurangan Prosesor MediaTek

MediaTek vs Exynos vs Snapdragon vs Intel Atom: Siapa Prosesor Terbaik?

Prosesor Mediatek tak Kalah Andal, Ini Pilihan Hapenya!

Contributor

787 Posts