Diperbaharui pada Rabu, 5 Juni 2024 | 10:30

ROG Ally X Segera Hadir di Indonesia, Speknya Lebih Gahar!

harga rog ally terbaruFoto: ASUS

ASUS membuat pengumuman yang mencuri perhatian gamers di seluruh dunia, dengan menghadirkan ROG Ally X di ajang Computex 2024, yang kini memiliki memori lebih besar, serta berbagai peningkatan yang menjadikannya sebagai salah satu handheld gaming paling ditunggu tahun ini.

Handheld gaming PC berbasis Windows 11 ini masih ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Sementara untuk upgrade-nya, berfokus pada memori penyimpanan, baterai, sistem pendingin, serta desain yang mengalami perubahan signifikan.

Semua upgrade yang dihadirkan di ROG Ally X merupakan akumulasi dari berbagai feedback dari para gamers yang menggunakan ROG Ally. Ruang penyimpanan ROG Ally X dibekali dengan M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1 TB, atau dua kali lipat dari kapasitas ROG Ally sebelumnya.

ROG Ally X ditenagai memori yang lebih kencang dan memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 24 GB LPDDR5X-7500. Dengan spesifikasi memori tersebut, ROG Ally X diklaim dapat menghadirkan performa gaming yang lebih baik dari sebelumnya.

ASUS juga menyebutkan bahwa dengan kapasitas memori yang lebih besar dan lebih kencang, maka memungkinkan ROG Ally X untuk memberikan performa gaming yang lebih baik, karena hal ini berpengaruh langsung pada performa iGPU Radeon di Ryzen Z1 Extreme. 

Selain itu, kapasitas memori sebesar 24 GB juga memungkinkan ROG Ally X untuk tampil dengan VRAM sebesar 8 GB, dan masih menyisakan ruang memori sebesar 16 GB untuk menjalankan game.

Beralih ke baterai, ROG Ally X dibekali dengan baterai yang kapasitasnya hampir dua kali lipat dari generasi sebelumnya, yaitu 80Wh. ASUS menjanjikan pengalaman bermain game yang lebih baik, karena sesi bermain game yang kini lebih panjang

Upgrade dari sisi desain dapat terlihat pada bodi yang hadir dengan warna hitam. ROG Ally X memiliki tombol dan joystick yang didesain ulang, sehingga lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan.

Bagian pegas di tombolnya kini diganti menjadi lebih tebal, serta modul joystick-nya memiliki tingkat durabilitas hingga 5 juta kali putar. Tombol D-Pad di ROG Ally pun tidak luput dari upgrade dan memiliki desain baru yang disesuaikan dengan kebutuhan kontrol game retro serta gaming.

Beralih ke hand grip, desainnya dibuat dengan sudut lebih tajam sehingga lebih nyaman saat digenggam. Salah satu perubahan paling mencolok adalah tombol M1 dan M2 yang kini ukurannya lebih kecil, dengan posisi yang diperbaiki agar tidak mudah tertekan.

Selain itu, ROG Ally X hadir dengan port yang lebih banyak seperti dua port USB Type-C yang salah satunya mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt, untuk memberikan fleksibilitas yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sistem pendingin menjadi salah satu bagian penting dari perangkat handheld gaming, untuk itu, ROGAlly X kini dilengkapi sistem pendingin baru dengan dua kipas khusus berukuran 23% lebih kecil.

Meski ukuran kipasnya lebih kecil, ASUS mengklaim bahwa performa pendinginan dapat didokngkrak berkat kemampuan mengalirkan udara 24% lebih baik dibandingkan dengan ROG Ally generasi sebelumnya.

ROG Ally X akan segera hadir di Indonesia tahun ini. Namun hingga artikel ini ditulis, pihak ASUS Indonesia masih belum memberikan detail terkait kapan handheld gaming ROG terbaru ini meluncur di Tanah Air.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1557 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.