Diperbaharui pada Selasa, 4 Juni 2024 | 17:55

MSI Perkenalkan Laptop Gaming dan Creator AI+ Pertama dengan AMD Ryzen AI Seri 300

laptop msi terbaruFoto: MSI

Ajang Computex 2024 menjadi momen bagi MSI untuk memperkenalkan, sekaligus meluncurkan perangkat laptop gaming dan creator terbarunya, yakni Stealth A16 AI+ dan Creator A16 AI+ yang merupakan laptop 16 inci pertama di dunia dengan prosesor AMD Ryzen AI Seri 300.

MSI Stealth A16 AI+ dan Creator A16 AI+ menggabungkan AI generasi terbaru, gaming, dan pembuatan konten. Keduanya ditenagai oleh Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang membawa arsitektur prosesor baru, grafis terintegrasi, dan NPU.

Dalam hal performa komputasi AI, MSI mengklaim bahwa arsitektur XDNA 2 terbaru memberikan performa hingga tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan produk sebelumnya, sehingga memungkinkan model AI generatif atau model bahasa besar untuk berjalan langsung di laptop. 

Unit grafis terintegrasi Radeon 800M series terbaru juga diklaim memiliki core grafis hingga 33% lebih banyak daripada generasi sebelumnya, untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang lancar pada laptop ringan. 

Unit prosesor yang dilengkapi dengan arsitektur Zen 5 terbaru ini mendukung hingga 12 core besar dan on-chip memory hingga 50% lebih banyak dibandingkan produk sebelumnya, menawarkan performa prosesor terdepan di industri.

Stealth A16 AI+ dan Creator A16 AI+ juga dilengkapi dengan grafis NVIDIA GeForce RTX 40 series terbaru yang diklaim mampu memberikan performa komputasi AI terbaik. GeFoce RTX sendiri diciptakan untuk era AI karena sudah dibekali dengan AI Tensor Core khusus.

Beberapa hal yang dijanjikan MSI untuk laptop terbarunya ini di antaranya adalah fitur AI eksklusif yang berfokus pada peningkatan produktivitas, hingga kebutuhan untuk bermain game dengan performa cepat.

Beralih ke desain, Stealth A16 AI+ dan Creator A16 AI+ memiliki bodi magnesium-aluminium alloy yang ringan, dengan pendinginan Cooler Boost 5 kuat, dan menyediakan banyak port untuk kebutuhan gaming dan kreativitas kreator konten.

laptop msi terbaruFoto: MSI

Selain kedua seri gaming laptop tersebut, MSI juga meluncurkan laptop co-branded Stealth 18 Mercedes-AMG Motorsport dan meningkatkan versi asli Stealth 16 Mercedes-AMG Motorsport. Keduanya hadir dalam rangka perayaan ulang tahun kemitraan MSI bersama Mercedes-AMG.

Desain Stealth 18 yang dibuat bersama oleh tim desain MSI dan Mercedes-AMG, menampilkan beberapa simbol kecepatan, seperti area luas bermotif AMG yang menutupi di area sandaran tangan, plat nama logam eksklusif dari MSI dan AMG, serta logo Mercedes-AMG Motorsport yang terlihat di seluruh bagian laptop.

Laptop ini dibalut dengan kombinasi bodi magnesium-aluminium alloy yang ringan, untuk memberikan kesan mewah dan performa tinggi. Dari segi performa, laptop MSI Stealth 18 terbaru ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 9 185H dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4080, serta dilengkapi dengan area vapor chamber cooling yang luas.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1557 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.