Diperbaharui pada Kamis, 16 April 2020 | 10:45

Intip Box dan Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra (Unboxing)

Samsung Galaxy S20 Ultra (Unboxing)
Awal Maret 2020 lalu, Samsung resmi memboyong tiga hp flagship mereka ke Indonesia. Hadir dalam lini Galaxy S20 series, rangkaian hp Samsung terbaru tersebut dibekali dengan berbagai teknologi terbaru yang pertama kali dibenamkan pada sebuah smartphone.

Teknologi seperti 100x Space Zoom, sensor kamera 108MP dengan teknologi Nona-Binning, perekam video beresolusi 8K, serta RAM LPDDR5 tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi konsumen di Tanah Air.

Salah satu dari ketiga flagship Samsung tersebut adalah Galaxy S20 Ultra. Seri ini menjadi versi yang termahal dan tertinggi dengan fitur yang lebih baik dari dua saudaranya, Galaxy S20 dan Galaxy S20+. Beberapa fitur yang dimaksud tersebut mencakup resolusi kamera yang lebih tinggi hingga kapasitas memori yang lebih luas.

Terlepas dari hal tersebut, smartphone terbaik dari Samsung ini memang memiliki semua fitur yang dibutuhkan pengguna. Harga Samsung galaxy S20 Utra sendiri dibanderol Rp18.499.000 dan sudah tersedia di retail online maupun offline.

Nah, jika Anda berniat membeli smartphone ini kami akan coba untuk melakukan unboxing Galaxy S20 Ultra. Sehingga Anda akan mendapatkan gambaran apa saja yang ada di dalam box pembelian Samsung Galaxy S20 Ultra.

Unboxing Samsung Galaxy S20 Ultra

Unboxing Samsung Galaxy S20 Ultra
Samsung Galaxy S20 Ultra dikemas dalam sebuah box hitam yang sederhana dengan tulisan S20 Ultra berukuran kecil di bagian bawah. Ada juga tulisan S20 di bagian tengah serta Samsung Galaxy S20 Ultra di samping. Hanya saja, tulisan tersebut terlihat agak samar karena sama-sama berwarna hitam yang sedikit lebih tebal.

Seperti smartphone pada umumnya, terdapat pula stiker yang berisi informasi spesifikasi dan nomor serial, serta stiker segel yang menandakan jika perangkat dalam keadaan baru. Didalam box, Anda akan langsung melihat unit Galaxy S20 Ultra (unit yang kami terima berwarna Cosmic Black). 

Anda juga akan mendapatkan sebuah kepala charger yang sudah mendukung fast charging 45W lengkap dengan kabel USB Type C. Hal ini cukup penting, karena Galaxy S20 Ultra dibekali kapasitas baterai yang besar yaitu 5000mAh. Sehingga dibutuhkan kecepatan saat mengisi ulang baterainya, terutama bagi yang memiliki aktivitas sangat mobile.

Unboxing Samsung Galaxy S20 Ultra
Selain itu, Samsung juga memberikan sebuah headset AKG yang menawarkan kualitas audio terbaik. Pertama kali mencoba headset ini cukup memuaskan, bass yang dihasilkan cukup terasa dengan treble yang juga dinamis.

Tidak ketinggalan ada sebuah SIM ejector serta soft case transparan. Meski terkesan standar, namun case ini setidaknya bisa melindungi bodi belakang dari resiko goresan. Dan yang paling penting case bisa melindungi bagian kamera Samsung Galaxy S20 Ultra.

Karena kompartemen kamera di Galaxy S20 Ultra memang sedikit menonjol keluar, sehingga sangat rawan untuk terkena gesekan. Untuk isi box lainnya ada buku panduan yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

Unboxing Samsung Galaxy S20 Ultra
Sekarang kita bahas spesifkasi Samsung Galaxy S20 Ultra. Secara fisik hp ini memang terbilang cukup besar karena mempunyai layar berukuran hampir 7 inci, tepatnya 6.9 inci. Dari segi ukuran bodinya adalah 166,9 x 76 x 8,8 mm. Hp ini juga mengusung konsep layar bolong atau punch hole. Samsung sendiri menyebutnya sebagai Infinity O Display dengan resolusi WQHD+ 1440 x 3200 Dynamic AMOLED 2X.

Dari sisi kamera, Samsung Galaxy S20 Ultra dipersenjatai dengan 4 sensor yang terdiri dari kamera utama berjenis wide-angle beresolusi 108MP (f/1.8), lalu kamera ultra wide beresolusi 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 48MP dan DepthVision Camera.

Kamera utama 108MP menjadi resolusi yang terbesar disbanding Galaxy S20 dan galaxy S20+. Dimana dua smartphone tersebut hanya dibekali kamera utama 64MP. Selain itu, kualitas telephoto kamera ini dapat melakukan 10x Hybrid Optical Zoom serta Digital Zoom yang dapat melihat lebih jauh hingga 100x. Termasuk merekam video hingga kualitas 8K hingga 30fps. Untuk kualitas hasil kameranya bisa dilihat di artikel berikutnya ketika review Samsung Galaxy S20 Ultra ini selesai.  

Unboxing Samsung Galaxy S20 Ultra
Untuk performanya, Samsung Galaxy S20 Ultra ditenagai chipset Exynos 990, yaitu prosesor teranyar dan paling bertenaga dari Samsung untuk saat ini. Exynos 990 sendiri diklaim mengalami peningkatan performa hingga 20% serta peningkatan grafis 20%.

Chipset ini akan di sokong memori RAM 12GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. Oiya, memori RAM di Samsung Galaxy S20 Ultra ini sudah berjenis LPDDR5. Dimana RAM versi baru ini sudah mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dan diklaim lebih efisiensi energi bagi smartphone.

Sebagai sumber dayanya, Samsung Galaxy S20 Ultra menanam baterai berkapasitas 5000 mAh dengan sokongan Fast charging 45W. Tidak hanya itu saja, teknologi fast charging juga bisa digunakan secara wireless dengan daya 15W serta bisa menyuplai daya ke perangkat lain secara nirkabel dengan fitur Power bank/Reverse 9W. 

Untuk melihat performa dari fitur-fitur yang ditawarkan secara lebih detil, tunggu hasil review Samsung Galaxy S20 Ultra dari kami yaa.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.9 inch
Screen Resolution 1440 x 3200 Pixel
Detail Prosesor 990
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.73 GHz
GPU Mali-G77
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 48,12,0.3 MP
Resolusi Kamera Depan 40 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2445 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.