Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2023 | 13:25

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-0Foto: Pexels

Keberadaan monitor PC biasanya kurang diperhitungkan. Namun untuk kebutuhan tertentu seperti bermain game atau desain grafis, monitor menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh diabaikan.

Banyak pengguna PC desktop yang beranggapan bahwa harga menjadi acuan utama dari monitor PC ketimbang spesifikasi yang ada di dalamnya. Namun, anggapan tersebut kurang tepat

Monitor khusus untuk bermain game, atau gaming monitor misalnya, harus memiliki spesifikasi yang dapat mendukung tampilan grafis dari game yang dimainkan.

Aspek visual yang disuguhkan oleh monitor PC akan mempengaruhi kenyamanan bermain. Jadi wajib dipastikan bahwa performa yang dihasilkannya tidak mengganggu aktivitas gaming, desain, editing ataupun pekerjaan lainnya.

Tips Memilih Monitor PC yang Baik

Bagi Anda yang masih awam tentang monitor PC, atau bingung bagaimana cara memilih monitor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Teknologi Panel

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-1Foto: Pexels

Tips pertama sebelum membeli monitor adalah memperhatikan teknologi panel yang dipakai. Pada umumnya, produk monitor PC yang ada di pasaran menggunakan panel yang terdiri dari In-Plane Switching (IPS) danTwisted Nematic (TN).

Bila kebutuhannya untuk gaming, Anda bisa memilih panel dengan teknologi Twisted Nematic (TN). Meskipun panel tersebut memiliki viewing angle yang relatif rendah, namun ia memiliki keunggulan pada response time tinggi, serta harga terjangkau.

Khusus untuk gaming, teknologi monitor PC sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Anda sekarang dapat menemukan teknologi layar lengkung yang dapat menambah kenikmatan bermain game.

Sementara untuk keperluan grafis dan mengedit gambar atau video, Anda bisa melirik monitor PC yang menggunakan panel In-Plane Switching (IPS).

Panel IPS ini memiliki keunggulan pada sektor warna, yang mampu ditampilkan secara akurat dan jelas, serta bisa dilihat dari berbagai sudut pandang berbeda, tanpa menimbulkan perbedaan warna.

2. Ukuran Layar

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-2Foto: Pixabay

Selain teknologi panel, perhatikan juga ukuran layar monitor yang akan dibeli. Untuk keperluan grafis dan gaming, idealnya adalah monitor dengan ukuran layar 17 inci sampai 30 inci.

Kalau berbicara tentang resolusi layarnya, tentunya semakin tinggi angka resolusi yang ditawarkan, maka semakin baik pula performa tampilan dari layar monitor PC tersebut.

Namun, Anda juga tetap harus menyesuaikannya dengan budget, mengingat resolusi 2K harganya pasti lebih mahal dari monitor full HD 1080p. Bahkan kini sudah ada monitor PC yang mendukung 4K dan 8K yang tentunya jauh lebih mahal.

Selain itu, semakin tinggi resolusinya, maka akan membuat video card Anda bekerja lebih keras. Untuk itu, sesuaikan resolusi dengan spesifikasi komputer agar kinerja yang dihasilkan tetap stabil dan tidak mengganggu pekerjaan.

3. Aspect Ratio

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-3

Aspect ratio atau rasio aspek dalam bahasa Indonesia, merupakan perbandingan ukuran tampilan pada layar. Biasanya diukur dari panjang berbanding dengan lebar.

Pada umumnya, monitor yang ada di pasaran memiliki aspek rasio 16:10 atau 16:9. Namun Anda tidak perlu bingung mengenai hal ini, karena kedua rasio aspek tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dalam hal tampilan.

4. Kualitas Tampilan

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-4Foto: Pexels

Kontras mempengaruhi penampilan monitor, terutama antara cahaya paling rendah dan cahaya paling terang. Sementara itu, brightness menentukan terangnya cahaya pada monitor dengan ditandai melalui satuan candela per meter persegi (cd/m2).

Saat membeli monitor, Anda perlu mengetahui kualitas tampilan dari dua sektor tersebut, melalui fitur contrast dan brightness yang ditawarkan pada pengaturan monitor.

Khusus untuk brightness, monitor PC dengan tingkat 300 cd/m2, cukup nyaman untuk dipakai pada keperluan standar, namun kebutuhan khusus seperti untuk grafis dan bermain game, disarankan menggunakan brightness 400 cd/m2.

5. Refresh Rate

9 Tips Memilih Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan-5

Beda monitor, maka beda pula kemampuannya. Hal ini bisa dilihat pada monitor standar yang dipakai gaming. Hasilnya pasti tidak akan memuaskan, karena monitor tidak mampu menyajikan pergerakan yang halus saat dipakai menjalankan game PC yang berat.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan refresh rate pada monitor, karena semakin tinggi kemampuan refresh rate yang didukungnya, maka performanya secara keseluruhan tentunya lebih baik.

Jika terpaksa menggunakan monitor dengan refresh rate rendah seperti 60Hz, Anda perlu mengaktifkan V-sync, sehingga produksi tampilan dari sebuah game terbatas pada 60 frame per detik saja.  

6. LCD atau LED?

LCD vs LED

Saat ini, monitor terbagi dalam dua jenis, yakni LCD dan LED. Meksipun keduanya memiliki teknologi panel penghasil gambar yang sama, perbedaan utamanya terletak pada metode penerangan panel.

Monitor LCD menggunakan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFLs) dengan cara kerja yang hampir mirip seperti lampu neon. Sementara itu, monitor LED menggunakan Light Emitting Diode (LED) berjumlah banyak, sebagai sumber penerangan. 

Dari keduanya, LED lebih unggul karena memiliki response time tinggi, sehingga mampu memproduksi warna lebih baik, dan pada umumnya memiliki bentuk yang lebih tipis, serta mempunyai brightness tinggi dan hemat daya.

Namun sayangnya, monitor PC dengan layar LED memikiri kekurangan dari segi harga, yang biasanya dibanderol lebih mahal dari monitor PC dengan layar LCD.

7. Konektivitas

Tips membeli monitor PC selanjutnya adalah memeriksa fitur konektivitas. Usahakan, Anda membeli monitor PC yang sudah dilengkapi dengan konektor HDMI sehingga bisa dipakai untuk bermain game definisi tinggi.

8. Dead Pixel

Saat membeli monitor, Anda juga wajib memeriksanya dari kerusakan. Salah satu yang wajib diperiksa adalah dead pixel. Cara untuk melihatnya, cukup dengan menampilkan gambar putih polos.

Bila Anda melihat adanya penampakan titik hitam pada layar, maka sudah bisa dipastikan layar monitor tersebut memiliki dead pixel, jadi sebaiknya Anda mencari alternatif lain. Bila Anda membelinya secara online, pastikan toko memiliki garansi pengembalian barang cacat.

9. Harga

Tips membeli monitor gaming terakhir adalah membandingkan harga. Selain membeli monitor PC yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu melakukan perbandingan harga monitor untuk mendapatkan penawaran dengan banderol terbaik.

Melalui Pricebook, Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia, hanya tinggal melakukan pencarian monitor sesuai merk, lalu mengurutkan hasilnya berdasarkan harga termurah.

Demikian tips-tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli monitor untuk perangkat komputer. Semoga bermanfaat, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.