Diperbaharui pada Jumat, 10 Juni 2022 | 12:25

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-0Foto: Pixabay

Hp bekas memang cukup populer di pasaran karena harganya yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga hp baru. Selain itu, membeli hp bekas juga menjamin keaslian produknya, ketimbang hp HDC.

Bila hoki, pembeli hp bekas bisa mendapatkan smartphone yang pemakaiannya kurang dari sebulan karena pemilik sebelumnya kurang puas dengan hp tersebut. 

Namun tidak sedikit pula pembeli hp bekas mendapatkan zonk karena hp yang dibeli sudah tidak prima, sehingga sering menemui masalah setiap kali hendak digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Tips Membeli Hp Bekas Tanpa Zonk

Membeli hp bekas membutuhkan ketelitian. Apalagi smartphone bekas juga ada jenis-jenisnya. Perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis hp bekas yang beredar di pasaran yakni hp bekas pakai, dan hp refurbished. Apa perbedaannya?

Hp bekas pakai pada umumnya adalah smartphone yang dipakai oleh individu, sementara hp refurbished adalah hp bekas yang tidak dipakai oleh individu, namun biasanya dipakai sebagai display toko sebagai barang sampel, yang lalu didaur ulang kembali di pabrik untuk dijual.

Nah, khusus bagi Anda yang ingin membeli hp bekas, berikut panduan yang diharapkan dapat membantu dalam mengambil keputusan.

1. Perhatikan Status Hp

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-1Foto: Pixabay

Membahas tentang hp bekas, terdapat dua jenis produk di pasaran, yakni hp bekas yang benar-benar bekas pakai, baik secara personal atau lainnya, dan hp refurbished.

Hp refurbished adalah hp bekas yang dijual kembali. Namun bekas dalam hal ini, bukan bekas pemakaian seseorang. Hp refurbished umumnya adalah hp-hp yang bekas display atau pajangan di toko, yang kemudian diperbaiki dan dijual kembali.

2. Perhatikan Spesifikasinya

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-2Foto: Pixabay

Cara hemat dan pintar membeli smartphone selanjutnya adalah memerhatikan spesifikasi produk. Sebelum melakukan pembelian, baiknya Anda menyesuaikan spesifikasi smartphone tersebut agar memenuhi kebutuhan.

Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan smartphone sesuai sistem operasi yang dijalankan, apakah Android, Windows Phone, BlackBerry atau iOS.

Pertimbangan lainnya bisa mencakup desain, ukuran layar, prosesor, RAM, kapasitas memori dan kapasitas baterai. HP bekas yang merupakan rilisan lama, tentunya akan memiliki performa yang lebih rendah dari hp bekas yang umurnya baru 1-2 tahun.

3. Sesuaikan dengan Budget

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-3Foto: Pixabay

Walaupun THR Lebaran adalah uang ekstra, bukan berarti bisa dihambur-hamburkan begitu saja, karena Anda tetap harus cermat dalam menggunakannya.

Saat ini, ada banyak produk hp dengan spesifikasi yang serupa namun dijual dengan harga berbeda. Hp dengan kebutuhan khusus seperti hp gaming juga kini dijual dengan harga yang terjangkau.

Terlepas dari merk hpnya, prioritaskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan budget yang Anda miliki. Dengan membeli smartphone second mengikuti budget yang dipersiapkan, alokasi dana untuk keperluan lainnya tidak akan terpakai.

4. Cek Kualitas Produk

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-4Foto: Pixabay

Jika sudah menemukan kandidat produk yang akan dibeli, baiknya Anda mengecek kualitas produk sebelum melakukan transaksi.

Anda bisa membaca ulasan pengguna lain yang pernah menggunakan produk yang sama, serta mencari tahu kredibilitas pemasok smartphone tersebut karena berpengaruh pada layanan purna jual.

Selalu ingat, pastikan Anda membeli hp bekas di toko atau counter yang menawarkan garansi, karena hp bekas umumnya rawan sekali dengan berbagai macam masalah teknis.

5. Berburu Promo

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-5Foto: Pixabay

Setelah menentukan produk smartphone yang akan dibeli, saatnya berburu promo Lebaran yang banyak diberikan oleh toko online atau toko offline yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Jika membeli produk dengan harga promo, tentu saja uang yang Anda belanjakan menjadi lebih hemat. Selain itu, cari juga penawaran yang memberikan berbagai bonus untuk konsumen, misalnya microSD, casing, atau screen protector.

Kalau pun tidak ada promo, hp bekas biasanya dijual dengan harga yang sudah jauh lebih murah dari ketika hp tersebut dijual dalam kondisi baru.

6. Cek dan Bandingkan Harga

6 Tips Membeli Hp Bekas Berkualitas Tanpa Zonk-6

Sekalipun Anda sudah menemukan toko online atau offline yang menawarkan harga promo, namun Anda harus melakukan pengecekan ulang terkait harga barang yang akan dibeli.

Anda bisa membandingkan harga jual hp bekas dari toko lainnya, karena bisa saja memperoleh harga lebih murah dari toko yang sedang Anda kunjungi.

Pricebook bisa menjadi opsi Anda untuk membandingkan harga hp terlebih dahulu, sebelum membeli dengan memanfaatkan fitur-fitur untuk mencari penawaran smartphone dengan harga termurah.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan spesifikasi dan mencari harga produk yang sesuai kantong, hanya dalam sekali klik.

Hp Bekas, Kualitas Terbaik

Cara hemat dan pintar dalam membeli smartphone di atas bisa Anda lakukan sebelum membeli hp bekas. Jangan lupa, selalu kontrol diri saat belanja agar bisa membeli hp bekas idaman.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan hp bekas dengan kualitas terbaik yang sebanding dengan uang yang sudah Anda keluarkan. Selamat berbelanja!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1041 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.