Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2023 | 14:15

5 Fungsi Mode Pesawat di Hp yang Jarang Orang Tahu

Fungsi Mode Pesawat di hp

Ketika menggunakan hp baik bersistem AndroidiOS, Windows Phone hingga BlackBerry, kamu pasti menemukan mode pesawat atau Airplane Mode.

Salah satu fungsi mode pesawat ini dihadirkan bagi pengguna yang ingin tetap memakai hp kala bepergian tanpa takut mengganggu sistem di pesawat terbang.

Dengan mode pesawat, kamu tidak perlu lagi mematikan hp lagi saat bepergian dengan pesawat terbang. Dengan mengaktifkan mode pesawat, perangkat akan mematikan beberapa fitur secara otomatis.

Fitur-fitur yang dimatikan ialah jaringan seluler dan data internet, WiFi, Bluetooth hingga GPS. Alhasil, smartphone hanya bisa digunakan untuk bermain game hingga multimedia saja.

Namun, tahukah kamu bahwa selain berfungsi untuk mode keselamatan saat penerbangan, mode pesawat juga memiliki fungsi lain yang cukup berguna. Apa saja? 

Fungsi Mode Pesawat atau Airplane Mode

Berikut fungsi mode pesawat yang ada di setiap perangkat hp :

1. Menghemat baterai

Salah satu kelemahan smartphone modern saat ini ialah baterai yang cepat habis. Bagi kamu yang disaat penting kehabisan baterai dan hanya tersisa sekian persen, maka mengaktifkan mode pesawat bisa menghemat baterai yang tersisa dalam smartphone.

Dengan matinya beberapa fitur, membuat baterai handphone bisa lebih hemat.

2. Mempercepat pengisian baterai

Mode pesawat juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat waktu pengisian baterai smartphone. Jika kamu buru-buru untuk mengisi baterai smartphone yang habis, maka mode pesawat bisa digunakan.

Saat mode ini aktif, maka semua fitur koneksi seperti WiFi, Bluetooth, hingga GPS dimatikan. Dengan demikian, pengisian baterai akan lebih fokus karena tidak termakan lagi fitur-fitur tersebut.

3. Memperkuat sinyal

Bila kamu merasa jaringan data dalam smartphone kamu tidak bagus, maka kamu bisa menyalakan mode pesawat. Saat mode ini aktif, semua fitur koneksi seperti jaringan data dan wifi akan diputus atau dimatikan.

Dan bila mode pesawat dimatikan, smartphone akan kembali secara otomatis mencari jaringan baru yang bisa jadi lebih kuat daripada jaringan sebelumnya.

4. Mempercepat sistem Android

Hp Android terkenal sebagai salah satu smartphone dengan sistem yang cukup komplek dan memiliki banyak aplikasi. Alhasil beberapa smartphone Android terasa lambat kala digunakan apalagi bila terhubung dengan internet.

Hal ini bisa terjadi karena banyaknya lalu lintas data keluar masuk. Tentu dengan diaktifkannya mode pesawat, semua lalu lintas data internet akan dimatikan sehingga sistem Android bisa bekerja lebih cepat.

5. Untuk keselamatan

Mode pesawat juga berguna untuk keselamatan pengguna. Dengan mode ini, pengguna smartphone akan lebih berkonsentrasi atau berkendara.

Itulah beberapa fungsi mode pesawat yang bisa dimanfaatkan pengguna. Selain untuk keamanan ketika bepergian dengan pesawat terbang, ternyata airplane mode ini juga memiliki fungsi lain. 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.