Diperbaharui pada Senin, 19 Juni 2023 | 10:16

Mencari Pekerjaan Dulu vs Kini: Perubahan Drastis di Era Digital

mencari kerja online

Dulu mencari pekerjaan adalah aktivitas yang bisa sangat melelahkan bagi banyak orang, karena semua informasi lowongan kerja hanya bisa didapatkan melalui koran, majalah, atau datang langsung ke tempat kerja yang dituju.

Belum lagi harus mengirim lamaran kerja yang masih mengandalkan media fisik. Pengiriman surat lamaran kerja pun masih dilakukan secara manual dengan cara mengirimkan berkas dan dokumen melalui jasa layanan pos.

Namun kini kehadiran teknologi digital memberi peluang kepada para pencari pekerja dalam menggunakan waktunya secara efisien, dengan mencari pekerjaan online sekaligus melamar kerja tanpa perlu keluar rumah, karena semua bisa dilakukan secara online tanpa ribet.

Internet telah menggantikan peran media fisik, semua bisa dilakukan hanya melalui sebuah gadget. Apalagi menjamurnya layanan situs pencari kerja yang resmi dan terpercaya semakin memudahkan proses mencari kerja, melamar, hingga pengaturan jadwal wawancara kerja.

Kemudahan Mencari Pekerjaan Online

tips mencari kerja secara online

Berdasarkan data yang dirilis oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), jumlah angkatan kerja di Indonesia per Agustus 2022, mengalami kenaikan hingga 3,57 juta orang (dari total 143,72 juta) bila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Mencari pekerjaan online kini menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih oleh para pencari kerja, terutama pasca pandemi Covid-19, di mana mayoritas kegiatan dilakukan tanpa bertatap muka.

Lantas bagaimana internet memudahkan pencarian lowongan pekerjaan? Tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Mesin Pencari Pekerjaan: Ada banyak situs seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet, dsb, yang menyediakan fitur mesin pencari pekerjaan atau job search engine. Kita bisa mencari posisi yang tersedia di perusahaan-perusahaan atau dalam industri tertentu, berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya.
  • Website Perusahaan: Banyak perusahaan memiliki laman “karir” di website resmi mereka. Laman ini menampilkan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, dan cara untuk mengajukan lamaran. Ada juga informasi tambahan tentang perusahaan dan budaya kerja mereka.
  • Media Sosial: Pencari kerja dapat memanfaatkan situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok, untuk memperluas jaringan dan menemukan lowongan pekerjaan. Coba lah ikuti akun perusahaan, berpartisipasi dalam grup yang relevan, dan membagikan informasi tentang pencarian pekerjaan mereka sendiri.
  • Aplikasi Pencari Kerja: Mayoritas situs pencari pekerjaan juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh di perangkat smartphone. Pencari kerja bisa memperbarui profil dan mencari pekerjaan yang cocok dengan preferensi mereka secara mudah. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan pengguna untuk melamar pekerjaan langsung dari aplikasi.
  • Job Fair Online: Banyak perusahaan mengadakan job fair online, di mana mereka menampilkan posisi yang tersedia dan memberikan kesempatan untuk berbicara langsung dengan tim perekrutan. Pencari kerja dapat mendaftar dan menghadiri acara ini dari rumah masing-masing.

Tips Mencari Pekerjaan Online

lowongan kerja online

Mencari kerja secara online tentunya juga memerlukan persiapan yang matang, mulai dari mencari lowongan pekerjaan yang tersedia, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, hingga interview online.

Internet memiliki peran yang sangat besar dalam membantu proses tersebut. Lantas, apa saja yang perlu menjadi perhatian ketika melakukan proses lamaran? Berikut tips mencari pekerjaan online.

1. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Aktivitas yang dilakukan secara online membutuhkan jaringan internet cepat dan stabil, jadi pastikan bahwa provider internet yang digunakan mampu memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jaringan internet fiber optik. Misalnya seperti yang dimiliki oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, atau beberapa provider lainnya.

Koneksi internet yang cepat memastikan segala aktivitas melamar kerja secara online dapat dilakukan dengan lancar, mulai dari mengirim dokumen, hingga melakukan interview online.

2. Gunakan Situs dan Aplikasi Pencari Kerja Resmi

Situs dan aplikasi pencari pekerjaan bisa dengan mudah ditemukan di internet dan sangat beragam. Pastikan mereka resmi dan memiliki reputasi yang baik serta terpercaya. Kelebihan dari situs dan aplikasi pencari kerja resmi adalah jaminan penanganan secara profesional bila terjadi isu.

Cara mengetahui situs dan aplikasi resmi adalah dengan melihat daftar perusahaan terverifikasi yang ada, juga ulasan para pencari dan penyedia pekerjaan yang ada di laman situs, serta diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Mengapa ini penting? Karena terkadang ada penipu yang mengincar pelamar kerja dengan meminta sejumlah uang agar lamaran bisa cepat diproses. Bila menemui hal ini, segera lapor ke admin, karena situs dan aplikasi resmi akan segera menindak pelaku dengan tegas.

3. Buat Halaman Profil yang Menarik

Agar halaman profil terlihat menarik, pastikan untuk mengunggah foto yang rapi, sopan, dan terlihat profesional. Sertakan deskripsi diri singkat, serta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon.

Pastikan untuk mengunggah resume atau CV terbaru yang selain berisi data diri, juga mencantumkan informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Bila dirasa perlu, cantumkan juga akun-akun media sosial.

Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja permanen, maka bisa mencantumkan pengalaman magang, freelance, part-time, atau proyek-proyek lain yang pernah dikerjakan. Bila memiliki keterampilan khusus, pastikan untuk dijelaskan apakah teknis atau interpersonal.

Portfolio juga menjadi salah satu bagian penting dari lamaran kerja. Bila memilikinya, maka unggahlah sebagai bagian dari dokumen pelengkap.

Secara keseluruhan, internet sangat membantu pencarian lowongan kerja, sehingga mencari pekerjaan online menjadi lebih efisien, karena mudah diakses. Para pencari kerja terbantu dengan teknologi untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.