Diperbaharui pada Senin, 9 Januari 2023 | 13:39

Cara Menambahkan Widget di iPhone dan iPad

Sejak meluncurkan iOS 14, tampilan home screen iPhone dan iPad dapat ditambahkan widget. Kini dengan adanya iOS 15 sebagai sistem operasi terbaru Apple, fitur penambah widget yang bisa diatur secara manual sesuai dengan keinginan para pengguna iPhone tetap dipertahankan.

Pengguna iPhone mulai dari seri iPhone 12 , iPhone 13 dan semua seri iPhone yang bisa diupdate ke iOS paling baru, dapat menambahkan widget pada layar Home. 

Hal ini fungsinya untuk mengubah tampilan layar iPhone agar menjadi lebih menarik, dan dapat dilakukan melalui aplikasi shortcut maupun widgetsmith. Berikut ini cara menambahkan widget ke layar iPhone Anda.

ios 14

Cara Menambah Widget ke Layar iPhone

Untuk mulai menambahkan widget pada layar home iPhone, ada beberapa langkah yang bisa kami lakukan.

  1. Sentuh dan tahan area kosong di home screen sampai aplikasi bergoyang dan menampilkan ikon minus.
  2. Pilih tanda plus (+) di pojok kiri atas, dan akan memunculkan menu widget yang ada
  3. Pilih widget yang ingin Anda tambahkan. Geser ke kiri dan kanan untuk memilih ukuran dan bentuk template widget tersebut.
  4. Pilih "Tambahkan Widget"
  5. Setelah menambahkan widget, ketuk dimana saja pada layar beranda untuk keluar dari mode edit.

Jika Anda ingin memindahkan widget atau mengatur tempat widget tersebut, Anda hanya perlu menekan lama kembali layar hingga bergetar, dan pindahkan widget tersebut ke tempat yang diinginkan. 

Sedangkan jika ingin menghapusnya, tekan dan tahan beberapa detik pada widget yang ingin dihapus hingga muncul ikon minus, lalu klik ikon minus tersebut dan pilih delete widget.

Cara Membuat Widget Stack

Tampilan widget pada iOS kini semakin ringkas dengan fitur Widget Stack. Anda bisa menumpuk beberapa widget dalam satu tempat, sehingga bisa menghemat ruang, dan memudahkan Anda untuk mencari widget dengan lebih mudah. Ini caranya.

  1. Pilih widget yang pada layar hp Anda seperti yang telah dijelaskan di atas, lalu letakkan di tempat yang diinginkan. 
  2. Pilih widget berikutnya yang ingin Anda susun. Widget pada layar dapat ditumpuk hingga 10 widget. Lalu, simpan ke layar beranda iPhone Anda.
  3. Tekan lama salah satu widget tersebut sehingga Anda dapat memindahkannya di sekitar layar, dan meletakkannya di atas widget yang lain. 
  4. Lakukan kembali Langkah-langkah tersebut untuk membuat tumpukan yang lainnya.

Perlu diingat, widget yang dapat ditumpuk hanyalah yang memiliki bentuk dan ukuran template yang sama. Anda tidak bisa menumpuk widget dengan template persegi panjang, dengan widget kotak. Untuk melihat widget stack, Anda hanya perlu menggeser ke atas atau ke bawah.

Sedangkan, Jika ingin mengubah widget stack atau menghapus salah satu widget dari tumpukan tersebut, Anda perlu menekan lama pada widget stack, lalu pilih edit stack, dan geser ke kiri widget yang ingin dihapus, kemudian pilih delete. Widget akan secara otomatis terhapus. 

Cara Membuat Smart Stack

Apple juga menawarkan fitur baru lainnya yang disebut Smart Stack. Fitur ini akan secara otomatis memilih widget mana yang harus ditampilkan. Fitur ini mendeteksi sesuai dengan aplikasi apa yang paling sering Anda pakai. 

Smart Stack yang merupakan fitur bawaan iOS, terdiri dari sekelompok aplikasi terpilih. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tambahkan tumpukan tersebut dengan cara yang sama seperti saat menambahkan widget pada cara membuat Widget Stack.
  2. Tekan lama pada layar iPhone Anda, kemudian ketuk ikon plus di sudut kiri atas
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan bernama Smart Stack
  4. Seperti widget lainnya, pilih bentuk dan ukuran template yang Anda inginkan, lalu pilih add widget atau tambahkan widget.

Setelah menambahkannya, Anda dapat mengubah urutan aplikasi yang disertakan atau menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, sama seperti cara menghapus Widget Stack. 

Selain pada perangkat iPhone, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur iOS ini pada perangkat iPad. Cara untuk melakukannya juga sama seperti menambahkan widget pada iPhone.

Nah, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.