Diperbaharui pada Kamis, 17 September 2020 | 14:59

10 Fitur Terbaru iOS 14, Aneh, Logo Apple Bisa Berfungsi?

iOS 14Foto : Apple.com

Apple meluncurkan iOS 14 secara resmi dan sudah dapat di install. Bagi para pengguna iPhone, kehadiran iOS baru sangatlah ditunggu. iOS baru yang dikeluarkan oleh Apple selalu memanjakan para penggunanya, dengan menghadirkan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki hp Android, membuat para penggunanya ingin segera mengupgrade iOS-nya ke versi terbaru. Penasaran apa saja fitur terbarunya? Berikut fitur dan update terbaru iOS 14.

Fitur dan Update terbaru iOS 14

Setelah menghadirkan iOS 13 yang dikenal karena fitur dark mode-nya, Apple kembali memberikan iOS 14 dengan fitur-fitur yang tak kalah canggih dari versi sebelumnya. 

 

ios 14

1. Tampilan Home Screen

Hal pertama yang terlihat berbeda saat mengupgrade iOS 14 adalah tampilan home screen. iOS 14 memberikan penambahan widget pada home screen seperti halnya smart accesability, fitur ini merupakan panel yang memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. 

Fitur ini dapat diatur secara manual mulai dari bentuk templatenya, ukurannya, serta letak penempatannya. Cara menambahkan widget ini sangat mudah, tahan layar pada home screen sampai muncul ikon plus di bagian pojok kiri atas, lalu klik ikon plus dan akan muncul pilihan widget seperti kalender, musik, photo, maps, dan masih banyak lagi. 

Pilih widget apa saja yang ingin ditambahkan, kemudian pilih template yang diinginkan. Ada 3 pilihan template mulai dari kotak kecil, persegi panjang, dan kotak besar. Setelah memilih template, pilih add widget dan akan secara otomatis muncul di home screen.

Selain itu, iOS 14 juga memberikan tampilan App Library, yaitu menggabungkan aplikasi sesuai dengan kategorinya didalam satu folder. Sehingga dapat meringkas halaman pada home screen. Menariknya lagi, halaman pada home screen juga dapat disembunyikan dengan fitur hidden pages. 

Caranya cukup mudah, hanya dengan menahan tombol home screen, lalu pilih ikon titik titik yang tersusun horizontal. Setelah itu, pilih halaman home yang ingin disembunyikan. Dengan ini, tampilan home screen akan terlihat lebih simple.

2. Update Search

iOS 14 mengupdate fitur search pada iPhone yang dapat menelusuri dan mencari lebih banyak tentang keyword yang dicari mulai dari aplikasi, teks message, serta dokumen-dokumen yang disimpan.

3. Update Memoji Stiker

Terkait adanya pandemi COVID 19, iOS 14 memberikan memoji tambahan, yaitu stiker dengan masker wajah. Untuk menggunakannya, hanya perlu mengedit memoji stiker, dan memoji orang bermasker akan secara otomatis tampil. Warna masker juga dapat diatur secara manual.

4. Pin Message

Apple juga menambahkan fitur terbaru pada aplikasi messages nya, yaitu Pin Message, pengguna dapat menandai atau memfavoritkan message yang dirasa penting, seperti layaknya aplikasi chat lain seperti WhatsApp atau Line. Tidak hanya itu, aplikasi messages ini juga menghadirkan Filter Messages untuk mengatur pesan mana yang ingin dilihat, Filter All Messages untuk melihat semua pesan, Known Sender untuk melihat pesan dari nomor yang dikenal, dan Unknown Sender untuk melihat pesan dari nomor yang tidak dikenal. Dengan begitu, pengguna akan terhindar dari spam messages

5. Back Tap iOS 14

Fitur yang paling menarik dari iOS 14 ini adalah back tap setting. Logo Apple pada bagian belakang iPhone yang sebelumnya tidak berfungsi, kini dapat diatur sebagai quick akses dengan cara mengetuk logo Apple 2 atau 3 kali. Quick akses bisa diatur untuk melakukan screenshot, Memanggil Siri, maupun mengakses aplikasi tertentu. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 8 ke atas.

apple ios 14

6. Picture in Picture

fitur canggih lainnya adalah fungsi multitasking pada iPhone. Jika pada iOS sebelumnya kita tidak bisa menonton video Youtube sambil membalas chat, sekarang pengguna iPhone bisa tetap menonton Youtube sambil membuka aplikasi lainnya.

apple ios 14

7. Aplikasi Translate

Apple menambahkan satu aplikasi baru pada iOS 14, yaitu Translate. Pengguna iPhone tidak perlu repot lagi membuka Google saat ingin men-translate, karena iPhone telah menyediakan aplikasi bawaan yang dapat dengan mudah digunakan.

8. Mirror Front Camera

Jika pada iOS sebelumnya, hasil foto selfie selalu terbalik, atau memberikan efek mirror, pada iOS 14 mirror front kamera dapat diatur, sehingga tidak ada efek mirror lagi saat menggunakan kamera depan. 

9. Volume Set Up

Selanjutnya Apple juga menambahkan fungsi pada tombol volume. Pada iOS 14, tombol volume up dapat digunakan untuk bursts foto, dan pada tombol volume down dapat digunakan sebagai recording video.

10. Hidden Album

Pada iOS sebelumya, Apple memang telah memberikan fitur Hidden Photo, pengguna dapat menyembunyikan foto yang tidak ingin ditampilkan pada galeri. Namun, foto yang disembunyikan tersebut akan muncul di album hidden photo, sehingga orang lain dapat tetap melihat foto tersebut. 

Kini iPhone memberikan alternatif dengan pengaturan Hidden Album. Dengan begitu, foto yang di sembunyikan tidak akan terlihat lagi oleh orang lain.

Nah itu dia fitur-fitur terbaru dari iOS 14, bagi kamu yang tertarik, iOS iPhone kamu sudah dapat di upgrade ke iOS 14. Namun, iOS ini hanya dapat di install untuk model iPhone 6s ke atas. Selamat mencoba!

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

149 Posts