Diperbaharui Pada Jumat, 16 Nov 2018 | 15:42

Review Realme C1: Hp Kekinian Ga Harus Mahal


Seperti yang sudah diketahui, Realme telah resmi merilis 3 hp baru ke pasar Indonesia, salah satunya adalah Realme C1. Kelebihan dari hp ini adalah ditawarkan dengan banderol harga yang murah namun menawarkan desain kekinian yang banyak di adopsi para vendor.

Dengan harga Rp1.399.000 (harga resmi saat perilisan), Anda akan mendapatkan layar dengan notch, dual kamera belakang dan baterai besar. Layarnya sendiri berukuran 6.2 inci, tampilan Full HD 1080p dan rasio layar hingga 88%. Untuk baterainya berkapasitas 4230mAh yang di klaim dapat digunakan selama seharian. Bagaimana performanya? Langsung saja kita lihat hasil review Realme C1 di bawah ini.

Desain


Secara bentuk dan ukuran, Realme C1 sebenarnya tidak berbeda dengan Realme 2. Sama-sama mengusung layar dengan notch yang berukuran tidak terlalu besar serta memiliki layar berukuran 6,2 inch.

Namun perbedaan Realme C1 dan Realme 2 yang cukup signifikan terlihat dari bagian belakang. Dimana Realme 2 sudah dilengkapi dengan cover belakang dengan efek berlian yang terbuat dari material komposit berukuran nano 2.5D

Sedangkan cover belakang Realme C1 menggunakan konsep permukaan yang halus dan glossy tanpa efek berlian. Hanya saja bagian belakang ini terlihat seperti cermin yang dapat memantulkan cahaya dari pergerakan pengguna. Untuk ukuran hp sejutaan, tampilan Realme C1 ini cukup menarik. Hanya saja, ketiadaan sensor fingerprint menjadi salah satu kekurangan dari Realme C1.

Layar dengan Notch


Realme C1 mengusung layar full screen berukuran 6.2 inch berjebis IPS, resolusi HD 720 x 1520 pixel dan memiliki aspek rasio 19:9. Layar ini juga kekinian dengan penggunaan notch diatasnya. Dengan harga Realme C1 yang hanya dibanderol resmi Rp1,4 juta, bisa di bilang menjadi hp dengan notch termurah untuk saat ini.

Hanya saja, sama seperti Realme 2 yang sudah kami review sebelumnya, layar Realme C1 juga kurang dalam hal kecerahan. Untuk mendapatkan tampilan yang nyaman, setidaknya tingkat kecerahan layar berada di posisi 50 persenatau lebih. Bahkan saat penggunaan luar yang langsung terkena sinar matahari, layarnya harus di seting ke level maksimal agar tetap terlihat.

Meski demikian, layar Realme C1 sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang bisa mengurangi resiko tergores saat penggunaan. Tidak hanya itu, dalam paket pembelian Realme C1 juga sudah terpasang semacam tempered glass. Cukup menarik, jadi Anda tidak perlu membeli kaca plindung tambahan tersebut.

Face Unlock


Realme C1 memang tidak dibekali sensor fingerprint, namun sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan fitur face recognition untuk membuka kunci layar. Proses penggunannya tidak jauh berbeda dengan fitur sejenis di hp lain, cukup arahkan wajah Anda di depan layar. Fitur face unlock ini bekerja dengan baik karena bisa memindai wajah cukup cepat. Bahkan sensornya masih bisa memindai wajah di ruang yang minim cahaya.

Dual Kamera


Harga yang murah tidak membuat Realme C1 hadir dengan spek seadanya. Justru hp ini telah dibekali dengan dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya memang tidak terlalu istimewa, yaitu hanya memiliki resolusi 13MP + 2MP. Untuk kamera 13MP menggunakan aperture f/2.2, sedangkan kamera 2MP di dukung aperture f/2.4 untuk mengambil kedalaman foto.

Keberadaan dual kamera belakang ini memungkinkan Anda menghasilkan foto bokeh. Ketika di coba hasil foto bokeh di Realme C1 ini cukup baik. Dengan pengambilan yang pas, efek blur di bagian belakangnya terlihat rapi dan tidak over.

Begitu pula ketika menggunakan modus auto, foto yang dihasilkan masih bisa diandalkan meski harga Realme C1 ini sangat terjangkau. Namun, untuk pengambilan foto di ruang yang minim cahaya (low light) hasil memang tidak terlalu menggembirakan. Banyak noide dan foto terlihat sedikit buram.

Bagaimana dengan foto selfienya? Kamera depan beresolusi 5MP dengan aperture f/2.2 ternyata bisa menghasilkan foto selfie yang juga baik. Apalagi sudah disediakan fitur beauty dan beragam stiker lucu yang akan membuat foto selfie Anda terlihat lebih menarik.

Hasil foto bokeh Realme C1

Hasil foto Realme C1 modus auto

Hasil foto selfi Realme C1

Performa


Performa Realme C1 ditenagai prosesor Snapdragon 450, atau sama dengan yang digunakan Realme 2. Prosesor ini memiliki delapan inti berkecepatan 1.8GHz dan grafis Adreno 506. Hanya saja, di Realme C1 hanya menggunakan memori RAM 2GB dan ROM 16GB. Hal ini tentu berpengaruh pada kinerja sacara keseluruhan. Terutama ketika membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Ketika membuka lebih dari 7 aplikasi bersamaan (termasuk sosmed seperti facebook dan Instagram), kinerja hp murah ini mulai melamban. Membuka satu aplikasi ke aplikasi lain terasa lebih lambat dari sebelumnya. Solusinya harus menutup beberapa aplikasi yang masih berjalan di background.

Untuk gaming, masih mampu memainkan PUBG di setingan low. Hanya saja masih sering dirasakan lag di beberapa scene. Meski demikian, Realme C1 menyediakan fitur Game Space yang akan mengoptimalkan konfigurasi saat bermain game. Misalnya, saat membuka aplikasi game PUBG fitur game space ini akan mengalokasikan sumber daya di sistem dengan membebaskan memori RAM agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Mengenai kekuatan baterainya, Realme C1  menanam jenis Li-Ion berkapasitas 4230 mAh. Saat bermain game selama 1 jam baterai ini berkurang sebesar dapat bertahan selama kurang lebih 12-13 jam. Lalu memutar video HD berdurasi 1 jam 20 menit baterainya turun 5-6 persen. Sayangnya baterai ini tidak dibekali fitur fast charging, jadi untuk mengisi ulang dari posisi 0 hingga 100 persen dibutuhkan waktu lebih dari 2,5 jam.

Hasil Benchmark Realme C1
Antutu 74402
Geekbench 754 (single core) dan 3302 (multi core)

Kesimpulan

Secara umum, Realme C1 menawarkan sesuatu yang lebih baik di banding kompetitornya di rentang harga yang sama. Menawarkan desain layar dengan notch, dual kamera hingga baterai besar, hp ini bisa menjadi pendobrak di segmen low end.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 1520 X 720 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 450
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 506
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 15 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Content Writter

2455 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.