Diperbaharui Pada Rabu, 10 Okt 2018 | 13:05

Review Realme 2: Desain Menawan dengan Efek Berlian


Realme 2 sudah resmi masuk ke Indonesia pada tanggal 9 Oktober 2018 kemarin. Mengusung desain cantik dengan efek diamond-cut, layar notch, full display, Realme 2 siap menjadi pilihan baru bagi konsumen. Yang menarik, harga Realme 2 akan dibanderol murah yaitu di bawah Rp2 juta untuk versi RAM 3GB dan Rp 2,4 juta jika Anda memilih Realme 2 RAM 4GB

Realme memang brand baru di Indonesia, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Karena Realme merupakan sub brand dari OPPO yang sudah sangat populer di pasar Tanah Air. Tentunya sedikit banyak Realme mengadopsi beberapa fitur yang ada di hp OPPO. Termasuk di sisi desain yang stylish dan kualitas kamera yang oke.

Nah, sebelum acara peluncuran resmi kemarin, Pricebook sudah berkesempatan memegang unit Realme 2. Selama kurang lebih seminggu penggunaan, kami akan coba ulas pengalaman memakai Realme 2. Berikut ulasan review Realme 2 :

Desain Realme 2


Desain menjadi daya tarik pertama dari Realme 2 untuk memikat pengguna dari kalangan anak muda. Tidak ingin ketinggalan dari trend kekinian, Realme 2 sudah mengusung layar dengan notch. Ukuran notch di Realme 2 tidak terlalu besar dan masih menyisakan ruang yang cukup lebar untuk menampilkan notifikasi berupa ikon dari aplikasi. Di dalam notch ini ditempatkan lensa kamera depan, speaker call dan sensor.

Bezel Realme 2 memang tidak terlalu tipis, terutama di bagian bawah layarnya. Tapi tetap tidak mengurangi tampilan layar penuhnya, dan masih nyaman di lihat. Yang sedikit berbeda dari hp Android kebanyakan, Realme 2 menempatkan tombol volume dan power dengan posisi yang berlawanan.

Dimana tombol power ada di sisi kanan (searah ibu jari saat menggunakan tangan kanan) bersama dengan slot SIM. Sedangkan di sisi kiri ditempatkan tombol volume dan slot memori eksternal (2 slot nano sim dan 1 micro SD). Jadi Realme 2 bisa digunakan untun 2 kartu SIM secara bersamaan dengan tambahan microSD.

Jika Anda terbiasa dengan posisi tombol volume dan power yang sama, mungkin perlu sedikit adaptasi. Karena mengharuskan Anda menggunakan jari yang berbeda untuk mengakses kedua tombol tersebut. Tapi tidak perlu khawatir, karena kedua tombol masih bisa diakses menggunakan satu tangan.

Beralih ke bagian belakang yang mungkin akan membuat Anda tertarik. Mengapa? Karena Realme 2 menggunakan cover belakang dengan material fiberglass yang terlihat menarik. Tidak hanya itu, Realme 2 makin terlihat apik dengan efek diamond-cut. Efek akan terasa makin cantik ketika dilihat dengan sudut pandang yang berbeda.

Gerakan bodi belakang Realme 2 secara perlahan, dan Anda akan melihat pola segitiga yang ala diamond yang berbeda-beda. Dalam pandangan kami, setidaknya ada 13-14 pola yang berbeda. Desain yang cukup menarik untuk ukuran hp dengan harga di bawah Rp2 juta. Di bagian belakang Anda juga akan menemukan keberadaan dual kamera, flash LED, fingerprint dan logo Realme.

Sayangnya, bodi fiberglass ini cukup rawan dari goresan dan juga jejak jari yang tertinggal. Jadi sebaiknya disarankan memakai casing untuk mengurangi resiko tergores. Case transparan lebih baik karena tidak akan menutup bodi belakang Realme 2, dan sudah tersedia di paket pembeliannya. Oiya, Realme 2 akan hadir dengan tiga opsi warna yaitu Diamond Blue, Diamond Black dan Diamond Red.

Layar Realme 2


Realme 2 hadir dengan layar full screen yang cukup lebar yaitu berukuran 6.2 inch. Layar Realme 2 memiliki resolusi HD+ berjebis IPS lengkap bersama aspek rasio 19:9. Ketajaman layarnya cukup baik karena memiliki brightness maksimal 360nits, termasuk perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3. Meski bukan Gorilla Glasa yang terbaru, setidaknya aman dari resiko tergores.

Warna yang disajikan layarnya cukup vibrant dan terlihat sangat baik. Sayangnya, layar Realme 2 ini kurang dalam hal kecerahan meski sudah di seting di level maksimal. Terutama ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Tapi masih bisa dimaklumi mengingat harga OPPO Realme 2 yang sangat terjangkau untuk hp di kelasnya.

Anda pun bisa menikmati konten video secara full layar, meski sedikit terpotong dengan adanya notch. Untuk bisa menampilkan konten full layar, Anda cukup zoom in layar dan video akan tampil penuh, terutama video di Youtube.

Realme 2 juga menawarkan perlindungan perangkat yang terbilang lengkap. Anda bisa menggunakan fingerprint sensor serta face unlock. Untuk fingerprint responnya cukup cepat dan akurat. Hal yang sama juga kami rasakan saat mengatifkan fitur pemindaian wajah untuk membuka kunci layar. Karena kabarnya Realme 2 mengintegrasikan 120 titik pindai wajah dan tidak akan ‘tertipu’ oleh pemindaian foto.

ColorOS 5.1


Sebagai bagian dari keluarga OPPO, tentunya ada bagian yang digunakan secara bersamaan. Salah satunya adalah user interface. Yup, Realme 2 berjalan dengan UI ColorOS 5.1 yang juga digunakan hp OPPO. UI ini sudah berbasis OS Android 8.1 Oreo. ColorOS 5.1 tidak memiliki app drawer, jadi untuk melihat semua aplikasi yang terinstal Anda harus menggeser home screen.

UI ini juga melakukan custom panel Google Now dengan merubahnya dengan berbagai informasi yang berguna. Diantaranya menampilkan cuaca, menghitung langkah kaki, foto terbaru, daftar kontak favorit dan event terbaru. Untuk mengakes panel yang disebut ‘Smart…” ini cukup geser home screen kea rah kiri.

Untuk fitur-fitur di ColorOS ANda bisa memanfaatkan Dual Apps, screenshot menggunakan 3 jari, dan penguncian layar dengan gerakan di permukaan layar seperti ketuk 2 kali untuk membuka kunci layar.

Ada juga fitur 'Notch full screen multi-tasking' yang menampilkan shortcut dari aplikasi yang digunakan serta menonaktifkan notifikasi. Yang menarik disediakan pula fitur Smart Driving yang secara otomatis menonaktifkan mode ‘Do Not Disturb’ saat Anda menyetir mobil dan beberapa fitur lainnya.

Kamera dan Hasil Foto Realme 2


Realme 2 hadir dengan fitur dual kamera di bagian belakang dengan konfigurasi resolusi 13MP + 2MP. Untuk kamera 13MP memiliki aperture f/2.2 dan kamera 2MP digunakan untuk memberikan efek bokeh. Anda bisa menggunakan kamera dalam beberapa mode pemotretan, seperti portrait (foto bokeh), Panorama, Time-lapse hingga AR sticker. Untuk AR sticker ada 28 pilihan yang bisa digunakan untuk kamera belakang dan juga kamera depan. Berguna untuk membuat foto unik dan lucu dan bisa langsung di share ke keluarga atau teman.

Untuk kemampuan dual kamera belakang Realme 2 bisa dibilang termasuk detil di pencahayan normal. Tapi kamera Realme 2 masih kurang untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat. Di beberapa skema pemotretan outdoor, kadang cahaya terlihat over. Jadi Anda harus benar-benar mendapatkan posisi dengan pencahayaan yang tepat.

Tapi hasil foto kamera Realme 2 bisa menghasilkan warna yang cukup akurat. Untuk pemotretan di malam hari atau low light cukup lumayan meski kualitas fotonya terjadi penurunan, terutama untuk detil gambar. Untuk mengatasinya Anda bisa mengaktifkan flas LED yang tersedia dan hasilnya terlihat lebih baik. 

Hasil Foto Realme 2 :





Sementara di bagian depan, terpasang kamera 8MP dengan f/2.2 untuk yang hobi foto selfie. Kualitasnya tidak jauh berbeda dengan kamera depan, yaitu foto yang detil di cahaya normal dan kurang detil di low light.

Tapi yang menarik, kamera depan Realme 2 sudah di bekali teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa mendeteksi kulit wajah, tipe kulit, usia dan jenis kelamin pengguna. Bahkan kamera depan ini bisa menghasilkan foto bokeh meski hanya menggunakan sensor tunggal. Hal ini berkat penggunaan algoritma software yang sudah diterapkan Realme 2.

Performa Realme 2


Performa Realme 2 ditenagai prosesor Snapdragon 450 yang memiliki delapan inti berkecepatan 1.8GHz dan grafis Adreno 506. Untuk mendukung kinerja prosesor, disediakan kapasitas RAM 3GB dan 4GB serta ROM 32GB dan 64GB. Unit Realme 2 yang kami terima merupakan versi RAM 4GB dan ROM 64GB.

Konfigurasi ini masih memungkinkan Realme 2 untuk digunakan pada beragam aktivitas yang berbeda, mulai dari browsing, streaming video, aktif di sosial media hingga gaming. Apalagi dukungan layar full view membuat semua aktivitas di atas menjadi seru, terutama gaming.

Anda masih bisa memainkan beberapa game online yang kini sedang populer. Bermain PUBG secara default memang direkomendasikan di setingan low. Dimana di setingan game Anda bisa mengubah grafis maksimal di mode balanced dengan frame rate medium. Permainan berjalan cukup lancar tanpa gangguan yang berarti.

Untuk game dengan grafis tinggi seperti Asphalt 9 dan Modern Combat 5 juga bisa dimainkan dengan lancar. Hanya saja, kami menemui frame yang menurun di beberapa skema tertentu, seperti pada adegan tembak-tembakan. Tapi secara umum sudah cukup baik untuk hp RAM 4GB di rentang harga Rp2 jutaan.

Untuk hasil skor benchmark Realme 2 adalah sebagai berikut :

Benchmark Skor
Antutu  76153
Geekbench  780 (single core) dan 3749 (multi core)
3DMark  449 (sling shot extreme OpenGL ES 3.1) dan 393 (Vulkan)

Bagaimana kualitas baterainya? Realme sendiri mendapatkan sumber daya dari baterai berkapasitas 4,230mAh. Dengan demikian Realme 2 termasuk menjadi hp dengan baterai besar yang nyaman untuk aktivitas selama sehari penuh. Mencoba streaming video selama satu jam baterainya hanya berkurang dikisaran 5-6 persen. Lalu mencoba gaming menggunakan koneksi wifi baterainya turun sekitar 9-10 persen.

Nama Harga di Pasaran RAM Memori Internal Ukuran Layar Screen Resolution Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan Detail Prosesor GPU Resolusi Kamera Utama Lainnya
Realme 2 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.200.000 3 GB 32 GB 6.2 inch 1520 x 720 Pixel 13 MP 8 MP Snapdragon 450 Adreno 506 2 MP
Realme 2 RAM 4GB ROM 64GB Rp 1.999.000 4 GB 64 GB 6.2 inch 1520 x 720 Pixel 13 MP 8 MP Snapdragon 450 Adreno 506 2 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Sebagai pemain baru di pasar smartphone Indonesia, nampaknya Realme 2 ingin menjadi “game changer” yang sesuai dengan tagline mereka yaitu  “Power Meets Style”. Terlihat dari Realme 2 yang menonjolkan desain stylish dengan efek diamond-cut lengkap bersama fitur kekinian seperti notch dan layar full screen. Spesifikasinya juga cukup baik, masih nyaman untuk aktivitas sehari-hari maupun gaming.

Dan yang pasti harga Realme 2 cukup terjangkau. Hadir dengan pilihan warna red diamond, blue diamond dan black diamond, harga Realme 2 versi RAM 3GB dan ROM 32GB dibanderol Rp1.999.000. Sedangkan untuk versi RAM 4GB dan ROM 64GB akan di jual Rp2.399.000. Realme 2 sendiri akan mulai tersedia pada tanggal 16 Oktober 2018 di Lazada.

Content Writter

2455 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.