Diperbaharui Pada Selasa, 18 Jul 2017 | 12:00

Tes Gaming dan Benchmark ASUS ROG Strix GL553VD! Hampir Sempurna!

ASUS memang tidak ada habisnya meluncurkan laptop gaming seri ROG (Republic of Gamers). Salah satunya adalah ASUS ROG GL yang merupakan laptop gaming dengan budget  yang tidak mahal-mahal amat jika dibandingkan dengan laptop seri ROG lainnya

ASUS ROG Strix GL553VD ini hanya dibandrol seharga Rp15 juta-an saja. Kalau dilihat dari spesifikasinya, rasanya harga 15 juta-an ini pantas untuk kamu rogoh dari kantong.

Bagaimana tidak, laptop gaming ASUS ini diotaki prosesor Intel i7 generasi ke-7 Kaby Lake dengan clock 2,8 GHz, memori RAM 16GB DDR4, video grafis nVIDIA GeForce GTX 1050 dengan memori 4GB dan dual storage SSD 128GB untuk sistem dan HDD 1TB untuk meyimpan file multimedia dan game kamu.

Belum lagi layarnya seluas 15,6 inch IPS FullHD 1080p dan audio dengan kualitas memukau dari SonicMaster. Tidak sampai disitu, ASUS juga menyematkan keyboard anti ghosting dengan LED RGB yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan kamu. Hal ini tentunya akan membuat aktivitas gaming kamu akan semakin menyenangkan. Apalagi adanya fitur ROG Cooling System yang dapat mencegah panas berlebih saat laptop digunakan untuk bermain game.

Kebetulan Pricebook.co.id berkesempatan untuk menicicip performa laptop gaming dari ASUS ini. Ayo simak ulasannya di bawah ini.

Kami mencoba performa gaming ASUS ROG Strix ini dengan bermain beberapa game diantaranya adalah Batman: Arkham Knight, Get Even, Nier: Automata, Prey, Rise of the Tomb Raider, Shadow of Mordor dan Tekken 7. Secara garis besar, bermain game di laptop ASUS ROG ini sangat memuaskan. Layar cukup besar laptop ini cukup memuaskan mata kami pada saat bermain game. Apalagi keyboardnya dengan fitur anti ghosting makin membuat kami nyaman bermain game. Untuk rata-rata FPS yang dihasilkan oleh ASUS ROG Strix GL553VD ini bisa kamu lihat di gambar berikut ini

Batman: Arkham Knight berjalan mulus di laptop gaming ASUS ini dengan rata-rata 39.188 FPS. Apalagi pada saat mengendarai Batmobile pada saat hujan. Ada stuttering tapi itu hanya sekali. Get Even berjalan super mulus dengan rata-rata 55.157 FPS. Namun saying sekali, pada saat kami mencoba bermain game Nier: Automata, beberapa kali kami mengalami FPS drop. Bahkan drop sampai 18 FPS. Lalu beralih ke game horror-scifi besutan Bethesda, Prey, game ini cukup mulus dimainkan di ROG Strix GL553VD ini dengan max FPS di angka 45 dan rata-rata FPS di angka 33.348 FPS.

Tidak jauh berbeda dengan Prey, Rise of the Tomb Raider juga mendapatkan rata-tata 33.841 FPS. Kami juga mencoba bermain game fighting di laptop ASUS ini yaitu Tekken 7. Hasilnya sangat memuaskan dengan rata-rata 46.98 FPS. Untuk game dengan FPS tertinggi yang kami mainkan di laptop gaming ASUS ini adalah Middle-earth: Shadow of Mordor dengan angka 58.386 FPS pada.

Beralih ke 3DMark benchmark, laptop gaming ASUS dengan harga terjangkau ini mendapatkan skor 1776 pada tes Time Spy, 5400 pada tes Fire Strike, dan 16374 pada tes Sky Diver. Dan yang paling menarik, ASUS ROG Strix GL553VD berhasil lolos Time Spy Stress Tes 1.0 dengan 98.8% FPS Stability dalam 20 kali tes loop! Untuk lebih detailnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Ada yang menarik dengan laptop gaming ASUS ini. Selama kami uji bermain game, suhu GPU cepat sekali naik, bahkan sempat menyentuh angka 75°c. Namun dengan teknologi ROG Cooling System, suhu panas itu pun cepat turun. Saran kami, pastikan lubang udara laptop tidak tertutup pada saat kamu bermain game. Selain itu, performa audio laptop gaming ASUS ini juga layak diacungi jempol. Bermain game atau menonton film jadi lebih seru

Dari semua keunggulan laptop ASUS ROG Strix GL553VD ini, hanya baterai yang menurut kami berperforma kurang baik. Hanya butuh waktu setengah jam bermain game untuk menguras baterai dari 100% ke 50%. Jadi pastikan bawa chargeran laptop ASUS pada saat kamu bepergian.

Kesimpulan kami mengenai laptop gaming ASUS ROG Strix GL553VD ini adalah laptop ini layak kamu beli dengan budget yang tidak terlalu mahal untuk ukuran laptop gaming. Walaupun berbobot agak berat, namun performa gamingnya tidak dapat diragukan lagi.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 2 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX 1050
Tabel dapat digeser kiri atau kanan
Baca juga artikel:
Laptop Gaming Spek Tinggi Asus ROG Strix GL502VM, ini Skor Benchmarknya!
Harga ASUS ROG STRIX GL502VM Hampir Setara Yamaha NMAX ABS
Harga Asus ROG G701VIK dan 4 Laptop RAM Besar ini Bikin Kantong Tipis
77 Posts