Diperbaharui pada Kamis, 18 Januari 2024 | 12:42

10 Fitur Samsung Galaxy AI di Galaxy S24 Series

galaxy AI

Samsung Galaxy S Series memimpin jalan menuju era baru yang akan sepenuhnya mengubah cara perangkat mobile memberdayakan penggunanya.

Setelah resmi mengumunkan kehadiran Galaxy S24 series, mulai dari Galaxy S24 Ultra, Galaxy S24+ dan Galaxy S24, pihak Samsung juga mengklaim bahwa hp terbaru Samsung ini mampu menghadirkan pengalaman mobile terbarukan dengan Galaxy AI.

AI meningkatkan hampir seluruh aspek dari pengalaman penggunaan Galaxy S24 Series, mulai dari memungkinkan komunikasi tanpa hambatan hingga terjemahan pada teks dan panggilan yang cerdas, memaksimalkan kebebasan berkreasi dengan ProVisual Engine Galaxy, yang menetapkan standar baru dalam browsing yang akan mengubah cara pengguna Galaxy menjelajahi dunia di sekitarnya.

Samsung Galaxy AI di Galaxy S24 Series

galaxy AI

Selain keberadaan Galaxy ProVisual Engine yang cenderung menunjang karakter dan performa kamera, ada beberapa AI terkini yang juga diperkenalkan Samsung lewat Galaxy S24 series terbaru.

Galaxy AI memperkenalkan sebuah kecerdasan penuh makna yang dirancang untuk membuat setiap aspek kehidupan menjadi lebih baik, khususnya terkait peran smartphone yang paling fundamental yaitu komunikasi. Saat pengguna menghadapi kendala bahasa dalam berkomunikasi, Galaxy S24 membuatnya jadi jauh lebih mudah.

Lantas, apa saja fitur AI yang dibanggakan oleh Samsung pada Galaxy S24 Series kali ini? Lalu seberapa bergunakah untuk membantu keseharian pengguna?

1. Live Translate

galaxy AI

Bagi kalian yang sering berbicara atau berhubungan dengan teman dari luar negeri hingga buat reservasi saat liburan di luar negeri, semua jadi mudah dengan Live Translate.

AI ini mampu menjadi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional. Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman.

2. Interpreter

galaxy AI

Keberadaan AI dengan nama Interpreter ini mampu membuat percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, kita bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

3. Chat Assist

galaxy AI

Chat Assist hadir membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial.

Pengguna pun bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa  berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard.

4. Android Auto

Mungkin sudah banyak yang kenal fitur AI yang satu. Kepraktisan berkirim pesan yang dapat dinikmati di dalam mobil serta bisa secara otomatis merangkum pesan-pesan yang masuk ke smartphone serta memberi saran balasan dan tindakan yang tepat, misalnya mengirim perkiraan waktu sampai di tujuan, sehingga pengguna masih bisa terhubung dengan orang-orang terdekat sambil tetap fokus melakukan perjalanan dengan Android Auto.

5. Note Assist

Pekerja kantoran bisa lebih produktif dengan Note Assist  di Samsung Notes yang menawarkan AI untuk membuat ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali.

6. Transcript Assist

Transcript Assist  turut hadir dengan teknologi AI dan fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

7. Circle to Search  with Google

Galaxy AI

Komunikasi bukan satu-satunya medium yang digunakan Galaxy S24 Series untuk meningkatkan manfaat fundamental ponsel ke level yang lebih tinggi di masa depan.

Memahami bahwa pencarian online telah mengubah hampir tiap aspek kehidupan, Galaxy S24 Series mengukir sejarah dengan menjadi smartphone pertama yang memperkenalkan Circle to Search  with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna.

Dalam memberi pengguna fungsi baru yang luar biasa ini, Samsung berkolaborasi dengan Google sebagai platform pencarian online terdepan di dunia untuk menghasilkan temuan baru berbekal gestur sederhana.

Ketika tombol beranda ditekan lama, pengguna bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

Melihat landmark yang indah di latar belakang post media sosial teman atau fun fact yang mengejutkan di YouTube Shorts, pengguna bisa dengan cepat mempelajari lebih lanjut apa yang ditemukannya tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan.

Dan tergantung pada lokasi pengguna, untuk pencarian tertentu, pengguna bisa melihat hasil gambar dari AI generatif yang memberi informasi dan konteks dari berbagai sumber serta menanyakan hal-hal yang lebih kompleks dan tersirat. Benar-benar mudah dan epic.

8. Samsung Knox

Keamanan Galaxy S24 tak perlu diragukan lagi berkat dukungan Samsung Knox sebagai platform keamanan tingkat tinggi untuk perangkat Galaxy.

Pengamanan informasi kritis, pertahanan terhadap berbagai bentuk kerentanan, deteksi ancaman secara real-time, hingga perlindungan kolaboratif, semua dilakukan dengan proteksi hardware secara end-to-end.

Komitmen jangka panjang Samsung untuk memberi pengguna pilihan dan kendali atas perangkatnya dilanjutkan di era AI.

Pengguna Galaxy S24 memiliki kontrol penuh atas seberapa banyak data mereka yang diizinkan untuk digunakan dalam meningkatkan pengalaman AI melalui pengaturan Advanced Intelligence yang dapat menonaktifkan pemrosesan data online untuk fitur-fitur AI.  

Visi Knox Matrix  akan masa depan yang aman, terhubung, dan bebas kata sandi juga semakin nyata dengan passkey.

Passkey memungkinkan akses yang nyaman dan aman ke situs web dan Enhanced Data Protection menawarkan enkripsi yang end-to-end saat pengguna backup, sync, atau restore data menggunakan Samsung Cloud, jadi pengguna Galaxy S24 bisa terhubung ke perangkat lain sambil tetap melakukan sinkronisasi dengan aman. 

Fungsi ini pun memastikan enkripsi dan dekripsi data hanya dapat dilakukan pada perangkat pengguna sehingga tidak ada yang bisa melihatnya kecuali pengguna, bahkan jika server telah dibobol atau saat detail akun dicuri.

Jika akses ke perangkat hilang, ada recovery code yang dapat membantu mencegah hilangnya data. Galaxy S24 juga terlindungi dengan serangkaian fitur keamanan dan privasi inovatif dari Samsung, meliputi Knox Vault, Security & Privacy Dashboard, Auto Blocker, Secure Wi-Fi, Private Share, Maintenance Mode, dan banyak lagi.

9. Galaxy AI Editing Tools

Galaxy AI editing tools yang inovatif untuk edit foto, seperti menghapus objek, recompose, dan remaster. Untuk optimalisasi yang lebih mudah dan efisien, pengguna bisa memanfaatkan Edit Suggestion  yang telah menggunakan Galaxy AI untuk memberi saran penyesuaian yang sempurna untuk setiap foto.

10. Generative Edit

Galaxy AI

Pengguna juga dapat menikmati lebih banyak kontrol dalam menuangkan kreativitas dengan Generative Edit  yang mampu mengisi bagian latar belakang gambar dengan AI generatif. 

Di sini, AI bisa mengisi tepi-tepi pada gambar yang miring. Lalu, AI juga bisa menyesuaikan posisi objek di dalam foto sekaligus menghasilkan latar belakang yang menyatu sempurna di bagian yang kosong.

Tiap kali Galaxy S24 menggunakan AI generatif untuk menguatkan sebuah foto, watermark akan muncul pada gambar dan metadata. 

Sebagai pelengkap, Instant Slow-mo terbaru bisa menghasilkan frame tambahan berdasarkan pergerakan pada video yang diedit, jadi pengguna bisa melihat video slow motion yang smooth dan detail dari berbagai footage, bahkan yang berisi gerakan-gerakan cepat sekalipun.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1707 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.