Diperbaharui pada Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:31

Review Redmi 10 5G, Kamera Mumpuni dengan Baterai Awet Seharian

spek redmi 10 5g

Xiaomi resmi meluncurkan Redmi 10 5G di Indonesia pada awal bulan Agustus 2022, tepatnya pada tanggal 2 Agustus, dengan keunggulan utama pada jaringan 5G yang didukung prosesor MediaTek Dimensity 700.

Selain jaringan 5G, beberapa keungulan lain yang ditawarkan oleh Redmi 10 5G adalah layar berukuran luas yang sudah mendukung refresh rate yang cukup tinggi, serta hadirnya kamera utama beresolusi 50 MP yang diklaim memiliki mode malam dengan hasil jepretan yang jernih.

Berbekal rasa penasaran dengan semua hal tersebut, Pricebook akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung Redmi 10 5G dan membuktikan sendiri apa yang dijanjikan oleh spesifikasi dan fitur-fiturnya.

Review Redmi 10 5G

spek redmi 10 5g

Seperti perangkat-perangkat Redmi lainnya, Redmi 10 5G juga hadir dalam balutan kotak berwarna putih dengan desain minimalis, yang menampilkan gambar produk di sisi depannya. Terdapat logo Xiaomi di sisi kanan atas, dan tulisan ‘Redmi 10 5G’ di sisi tengah bawahnya.

Di dalam kotaknya dapat ditemukan satu unit smartphone Redmi 10 5G. Perangkat yang saya terima untuk ulasan ini adalah unit dengan warna Graphite Gray.

Selain smartphone, paket pembeliannya sudah termasuk kabel charger jenis USB Type-C, kepala charger bawaan berdaya 22,5W, soft case silicon transparan, buku panduan penggunaan, dan kartu garansi.

Desain

spesifikasi redmi 10 5g

Ketika pertama kali merasakan perangkat Redmi 10 5G di genggaman, saya langsung merasa sedang memegang sebuah perangkat smartphone yang solid dan kokoh. Hp Redmi terbaru ini memiliki dimensi 163,99 x 76,09 x 8,9 mm.

Untuk tangan saya yang memang agak besar, Redmi 10 5G terasa pas. Apalagi dengan bobot 200 gram yang dimilikinya. Terus terang, bobot yang agak berat memang saya sukai. Hp ini cukup nyaman disimpan di saku depan celana.

Redmi 10 5G dibekali dengan layar berukuran 6,58 inci dengan kamera depan berdesain water drop yang bertengger di bagian tengah atasnya.

Beralih ke bagian belakangnya, panel belakang Redmi 10 5 dilapisi dengan permukaan matte yang bertekstur, sehingga tidak mudah selip ketika digenggam. 

Ketika menggunakannya untuk menonton di dalam bis TransJakarta yang cukup penuh misalnya, hp bisa stabil berada di tangan saya, di tengah himpitan penumpang dan guncangan bis. Lapisan ini juga tidak menimbulkan bekas sidik jari dan noda.

Modul kamera belakangnya dibuat kotak dan terletak di sisi kiri atas panel. Terdapat lensa kamera ganda berdesain boba yang cukup besar. Pada sisi kanan lensa kamera, saya bisa menemukan lampu flash yang desainnya vertikal.

Selain warna Graphite Gray untuk unit yang saya gunakan dalam ulasan ini, Redmi 10 5G juga tersedia dalam dua warna lain yaitu Chrome Silver dan Aurora Green.

Layar

harga redmi 10 5g

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Redmi 10 5G memiliki layar berukuran 6,58 inci. Cukup besar dan luar untuk saya yang suka menggunakan hp untuk menonton film dan series melalui layanan streaming seperti Disney+ Hotstar atau Netflix.

Layar yang diusungnya berjenis LCD IPS dengan kemampuan untuk menampilkan visual berkualitas FHD+ (2048 x 1080 piksel). Kejernihan layarnya menurut saya sudah di atas rata-rata. Apalagi dengan refresh rate 90 Hz, kualitas visualnya cukup oke.

Tingkat kecerahan layar juga cukup nyaman di mata saya, baik ketika menggunakannya di dalam maupun di luar ruangan. Oh ya, layarnya dibekali dengan teknologi Sunlight Display, sehingga tampilan visualnya di bawah terik matahari, tetap jelas terlihat.

Selain itu, saya juga memiliki kebiasaan untuk menggunakan hp di malam hari sebelum tidur, saat kondisi lampu mati, untuk melakukan berbagai aktivitas seperti menonton, membuka media sosial, hingga membaca e-book. 

Fitur Mode Baca 3.0 yang dimiliki oleh Redmi 10 5G terus terang sangat bermanfaat bagi saya. Mata menjadi tidak mudah lelah, karena pengaturan layarnya bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya di dalam ruangan, dan menyesuaikan ketika terang atau gelap.

Kamera

spek redmi 10 5g

Redmi 10 5G mengusung konfigurasi kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8, serta kamera pendukung dengan sensor kedalaman beresolusi 2 MP. Kamera kedua ini memiliki bukaan f/2.4.

Lalu pada sisi depannya, terdapat kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Bila dilihat dari spesifikasi kameranya, memang tidak terlalu spesial, kecuali pada resolusi besar pada kamera utamanya.

Saya mencoba untuk mengambil beberapa foto di siang dan malam hari, untuk melihat sejauh mana kemampuan dari kamera Redmi 10 5G ini. Foto-foto yang saya ambil di siang hari cukup memuaskan. Kontras warnanya bagus, pun hasilnya tajam, termasuk ketika saja mencoba untuk memperbesarnya.

Pada pemotretan dengan mode standar, hasil jepretan yang dihasilkan mempu mengeluarkan warna yang tidak jauh berbeda dengan objek asli yang saya foto. Selain itu, detilnya juga bisa tertangkap dengan cukup baik.

Pada mode portrait, saya telah mencoba beberapa kali pemotretan baik di luar ruangan atau di dalam ruangan menggunakan kamera belakangnya. Pada tempat dengan kondisi cahaya yang baik, hasil jepretannya sangat tajam, dan komposisi warnannya juga sangat bagus.

Hasil yang sama juga saya dapatkan ketika mencoba untuk mengambil beberapa potret di tempat dengan cahaya yang minim, atau spot-spot yang tertutup bayangan. Hasilnya tetap bagus.

Namun begitu saya menggunakan kamera depan untuk mengambil beberapa foto potret, jujur saja saya masih menemukan beberapa aspek yang membuat saya kurang puas. Hal ini dimaklumi, karena resolusi kameranya memang tidak besar.

Walau begitu, hasil foto dengan kamera depan menggunakan cahaya yang cukup, hasilnya bisa bagus juga. Jadi saran saya bila ingin menggunakan kamera depan, pastikan kondisi cahaya cukup baik, namun usahakan jangan terlalu terik, agar detil foto tidak hilang.

Berikut beberapa hasil jepretan kamera depan dan belakang Redmi 10 5G:

spek redmi 10 5g
spesifikasi redmi 10 5g
harga redmi 10 5g
harga redmi 10 5g
spek redmi 10 5g
spek redmi 10 5g

Performa

spek redmi 10 5g

Redmi 10 5G dibekali dengan prosesor MediaTek dengan chipset Dimensity 700 yang mendukung jaringan 5G. Performa prosesor ini cukup cepat, dah hal tersebut bisa saya rasakan ketika menggunakannya untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sebagai orang yang jarang sekali bermain gim di smartphone, saya memang tidak memiliki banyak pengalaman bermain gim-gim seperti PUBG, namun untuk uji performa kali ini, saya khusus mencobanya.

Ketika bermain gim PUBG mobile, pengalaman yang saya rasakan cukup memuaskan. Memang terkadang ada beberapa kali hp mengalami lag, namun hal tersebut cukup minor dan tidak menganggu sama sekali.

Perlu diketahui, hasil pengujian benchmark Redmi 10 5G cukup bagus. Berikut beberapa hasil skornya:

  • Antutu v9: 352.676
  • Geekbench: 563 (single core) dan 1.733 (multi core)
  • PCMark Work 3.0: 8.333

Selain bermain gim, saya juga melakukan uji coba dengan menonton tayangan animasi dengan grafik berat. Pada pengaturan resolusi tertinggi gambarnya sangat mulus dan kualitasnya konsisten.

Baterai

spek redmi 10 5g

Redmi 10 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W. Pada penggunaan standar untuk mengakses aplikasi media sosial dan aplikasi-aplikasi lainnya, daya baterai yang terpakai cukup awet.

Saat digunakan selama seharian untuk menonton tayangan video streaming beresolusi tinggi, merekam video, mengambil berberapa foto, dan mengakses aplikasi, baterainya tadinya terisi penuh 100% masih menyisakan daya 81%.

Saat menggunakannya untuk menonton tayangan video beresolusi 1080P selama kurang lebih 1 jam, hanya mengurangi daya baterai sebanyak 4%. Begitu pun ketika saya menggunakannya untuk menonton tayangan video beresolusi 4K selama 1 jam, baterainya juga berkurang sekitar 4% saja.

Sebagai pemain gim kasual, saya biasanya mencoba beberapa gim ringan pada smartphone yang diulas, begitu pun ketika melakukan uji coba pada Redmi 10 5G. Gim-gim ringan yang saya mainkan selama kurang lebih 1 jam, mengurangi baterai sebanyak 10%.

Waktu pengisian baterai dari kondisi baterai 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Saya juga sempat mengecek ketika waktu pengisian menyentuh waktu 30 menit, daya baterai yang terisi ada di angka 32%.

Kesimpulan

Selama menggunakan Redmi 10 5G selama 5 hari, saya bisa menyimpulkan bahwa hp Redmi terbaru ini bisa diandalkan dalam mendukung berbagai aktivitas kerja dan hiburan. Hanya perlu satu kali saja mengisi baterai, untuk menggunakannya selama seharian penuh.

Banderol harga Rp 2.699.000 yang ditawarkan sangat sepadan dengan spesifikasi dan kualitas yang ditawarkan. Bagi penyuka fotografi, kamera pada smartphone ini mampu memenuhi kebutuhan dengan sangat baik, begitu pula ketika digunakan untuk memotret di malam hari.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan performa yang diberikan oleh Redmi 10 5G.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 11
Ukuran Layar 6.58 inch
Screen Resolution 1080 x 2408 Pixel
Detail Prosesor MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan -
USB Type-C, USB OTG
NFC -
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1251 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.