Diperbaharui pada Kamis, 30 Juni 2022 | 20:22

Review Poco F4, Makin Anteng Main Game Rata Kanan!

Poco F4

POCO perkuat lini flagshipnya dengan menghadirkan seri F terbaru mereka, POCO F4. Masih mengusung tagline extreme perfomance dan extreme price, POCO F4 hadir dengan spesifikasi mumpuni tapi dengan harga yang membumi jika dibandingkan produk hp flagship sekelasnya.

POCO F4 ini katanya dihadirkan sebagai penunjang pala pelaku kreatif agar tetap produktif dengan mobilitas tinggi. Terkait kecakapan performa, build quality, serta ketangguhannya sebagai hp harian, kami merangkum hasil review POCO F4 setelah beberapa hari menggunakannya.

Desain Lebih Tipis dan Enteng

Poco F4

Unit yang kami gunakan kebetulan hadir dengan warna Nebula Green. Berbeda dengan desain hp Android lainnya yang cenderung datang dengan desain melekuk dan meliuk, POCO F4 cenderung lebih kotak dan menyisakan lekuk halus di bagian sudut.

Berbeda dengan seri POCO F3 pendahulunya yang memberikan ruang kamera memanjang ke bawah, kali ini POCO F4 menyamakan ruang kamera dengan bodi yang berbentuk persegi, namun tetap menyembul layaknya sebuah benjolan. Hampir menyerupai pengaturan kamera Redmi Note 11 Pro, hanya berbeda karena penempatan lensa.

Mungkin jika desain kamera ini bisa rata bodi, akan tampak lebih menyenangkan memandang POCO F4 secara keseluruhan.

DI bagian atas dan bawah terdapat speaker dengan posisi yang bersebrangan. Penempatan speaker ini cukup membuat pembeda dengan kebanyakan hp di pasaran saat ini yang cenderung sejajar.

Poco F4

Sorotan lain yang kami rasakan selama menggunakan POCO F4 adalah luas dan ringan. Yap, meski secara spesifikasi hp POCO F4 ini memiliki bobot 195gram, tapi selama penggunaan justru terasa lebih ringan.

Model kotak pada bodi juga semakin memberikan kesan yang luas pada layar, dan ini cukup memberikan kepuasan pada sisi tampilan depan yang terasa penuh dengan bezel tipis. Sangat nyaman di genggam, dan meski ringan kami tidak memiliki pengalaman terpeleset saat menggenggamnya.

Ponsel ini memiliki desain layar datar yang membuatnya terlihat dan bahkan terasa lebih ramping. Di bagian tengah atas layar terdapat punch hole yang berisi kamera selfie, dan pastinya, keseluruhan bodi terlapisi dengan baik oleh Corning Gorilla Glass 5.

Hanya saja bagian belakang masih terkesan biasa karena hanya memiliki material plastik, tapi tetap mengesankan karena corak warna Nebula Green ini sangat kekinian dan dapat berubah dari warna hijau tua ke hijau muda saat terkena pantulan cahaya baik itu lampu ataupun matahari.

Layar Lebar Lebih Puas

Review Poco F4

Tampilan penuh yang kami rasakan saat menatap POCO F4 dari depan dikarenakan ukuran layar  6.67 inci Super AMOLED yang digunakan terasa sangat pas di tubuh hp flagship POCO ini, dan tentunya menunjang bodinya dengan baik.

Resolusi yang diusung 1080x2400 pixels cukup banyak menguntungkan kami saat mengekplorasi POCO F4 meski malam hari. Resolusi dengan kerapatan 395 ppi ini juga sangat menunjang aktivitas multimedia yang kami jelajahi.

Makin kuat dengan frame rate 120Hz, warna lebih tajam, detail yang dihasilkan sangat menguntungkan ketika digunakan untuk bermain game sekelas PUBG, beberapa kali cukup terbantu ketika harus melihat musuh yang jauh meski tanpa scoop.

Tingkat kecerahan 1300 nits yang ditetapkan oleh POCO pada F4, sangat membantu ketika digunakan dalam kondisi remang, tapi ketika terik siang di bawah sinar matahari langsung, agaknya tingkat kecerahan ini sedikit terasa luas.

Review Poco F4

Tapi tenang, POCO F4 juga dilengkapi dengan AMOLED yang mendukung HDR10+ dan DCI-P3, gambar yang dihasilkan tetap sempurna walaupun berada di bawah sinar matahari. Terlebih keberadaan Dolby Vision yang mampu memberikan ketajaman warna dan juga nuansa alami pada gambar, sehingga meratakan kecerahan layar.

POCO juga memberi kelengkapan lain pada layar F4 terbaru ini berupa touch sampling rate hingga 360Hz. Layar POCO F4 juga mendukung TrueColor display, salah satu fitu kalibrasi profesional terbaru yang cukup berguna untuk menghasilkan kualitas warna dalam layar lebih baik. Secara keseluruhan tampilan pada layar sangat imersif dan nyaman baik di siang hari maupun di malam hari.

Dalam pengetesan pun, POCO F4 memiliki kemampuan Wide Gamut yang baik dengan kerapatan 440 Dpi di hasil screen test yang kami lakukan, dan ini justru malah melebihi apa yang kami temukan dari spesifikasi awal.

Kamera

Review Poco F4

Untuk pertama kalinya POCO F4 menghadirkan Optical Image Stabilization (OIS) atau stabilisasi gambar optik. Selain itu ada beberapa fitur unik lain di dalam kamera yang dipastikan sangat berguna untuk menghasilkan gambar bagus, mulai dari Panoramic Selfie Mode, AI Skyscaping 4.0 untuk edit gambar yang menyenangkan, serta AI Erase 2.0 untuk menghilangkan gangguan pada hasil foto.

POCO mengklaim bahwa F4 mampu menjadi kamera poket berkualitas 4K sinematik dengan fitur-fitur di atas. POCO F4 sendiri dilengkapi dengan sistem kamera kamera belakang mencakup kamera utama 64 megapiksel bersama dengan kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel dan lensa makro 2 megapiksel.

Dalam pengujian awal saya, kamera menangkap gambar yang tajam dengan kontras tinggi, ini berimbas pada hasil foto malamnya yang terlihat lebih tajam dan terang meski dalam kondisi cahaya yang minim. Gambarnya jernih dengan tingkat kedalaman yang layak dan semua warnanya seimbang.

Review Poco F4

Kamera makro sangat baik dalam menangkap semua detail dalam kondisi siang hari. Selama kondisi cahaya redup, lensa sudut lebar berhasil mempertahankan kejernihan dengan mudah, terutama dengan Mode Malam aktif, yang juga berlaku untuk kamera utama.

Menariknya, meski tanpa menggunakan mode malam pada pencahayaan yang redup, POCO F4 akan secara otomatis memetakan mode pencahayaan dengan hasil gambar yang cukup baik.

Kamera depan cukup mengejutkan, model kamera punch hole kecil ini cukup bisa mengakomodir kedalaman gambar di setiap jepretannya.

Performa

Review Poco F4

Tak mau tanggung, POCO melengkapi versi terbaru seri F ini dengan prosesor kuat Snapdragon 870 yang digadang memilki multitasking yang bagus dan sangat agresif ketika digunakan untuk harian, multimedia, ataupun bermain game. Penambahan Qualcomm Adreno 650 makin bikin hp ini lancar jaya untuk beragam kegiatan bermain game atau sekedar penggunaan harian.

Unit yang kami terima dilengkapi RAM 8GB dengan perpanjangan 3GB serta penyimpanan 256GB. Di luar spesifikasi tersebut, yang membuat kami terkesan semasa pengujian adalah, meski digunakan dalam waktu yang lama, suhunya tidak begitu panas. Ini membuktikan bahwa kinerja dari LiquidCool Technology 2.0 yang disematkan POCO pada F4 ini sangat baik dalam mengurangi tingkat kepanasan hp dengan cepat.

Hadirnya Large Vapor Chamber 3112 mm juga menguntungkan dalam penggunaan hp ini untuk kegiatan sehari-hari, fitur ini juga salah satu yang menjadi klaim POCO F4 dalam menghasilkan kualitas dingin hp lebih cepat.

Review Poco F4

Dari hasil uji yang kita lakukan dengan beberapa aplikasi benchmark, hasilnya masuk dalam kategori memuaskan menurut Kami. Dari score Geekbench 5 yang didapatkan, Single Core dari POCO 4 menyentuh angka 988. Dan untuk Multicore, hp flagship terbaru POCO ini mendapat angka 3226.

Nilai ini lebih baik jika dibandingkan POCO F3 sebelumnya yang sama-sama menggunakan Snapdragon 870. Sedangkan di 3DMark, score Wild Life mencapai 4349 dan ini jauh melebihi score yang di dapatkan Huawei P40 Pro.

Score Open CL di Geekbench juga menyentuh angka 3527 sementara Vulcan mendapatkan nilai 3424.

Bicara soal performa, tidak lengkap jika melupakan masalah game di hp baru POCO ini. Kami mencoba untuk menghajar langsung prosesor 7nm dari Qualcomm ini dengan beberapa game hits yang ada saat ini.

Review Poco F4

Hasilnya, selain performa CPU dan GPU yang memang sudah sangat kuat, keberadaan Game Turbo makin membuat Kami nyaman pada setiap percobaan game. Mulai dari Mobile Legend, Asphalt 9, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact dilahap dengan frame rate yang sangat aman.

Bicara soal frame rate, Genshin Impact di hp ini bisa mencapai 121fps, ini Kami mainkan tanpa settingan tambahan. kecuali untuk PUBG Mobile yang diubah sampai ke Ultra HD rata kanan alias Ultra, Kami juga sempat mencoba pada settingan HDR dengan frame rate settingan pada mode extreme tanpa Auto Adjust Graphic dan POCO F4 masih bisa berjalan pada 60fps, sedikit goyang tapi tak sampai 50fps.

Sementara saat bermain Mobile Legend, Kami tanpa sadar memainkannya selama 3 jam lamanya tanpa rasa panas pada device. Dan ini menjadi catatan tersendiri untuk Kami, karena selain tidak merasakan panas berlebih, Kami juga sedikit kaget ketika melihat penggunaan baterai yang sangat irit di POCO F4.

Baterai Super Awet

Review Poco F4

Poco F4 5G memiliki baterai 4.500mAh dengan pengisian cepat 67W. Ponsel ini berhasil mengisi daya 50 persen dalam waktu sekitar 12 menit seperti yang diklaim oleh perusahaan. Pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit, yang juga tidak buruk.

Poco F4 5G bertahan 24 Jam dengan AOD dan penyegaran 120Hz diaktifkan (tanpa SIM dan hanya menggunakan beberapa media sosial seperti Instagram dan juga Facebook).

Pada jaringan seluler, baterai terkuras secara signifikan, Kami mencoba menggunakan unit dengan mengaktifkan semua jaringan konseksi seperti WiFi, Bluetooth, dan jaringan selular dengan banyak aplikasi berjalan di belakang layar. Hasilnya, beban berat ini berhasil meruntuhkan POCO F4 hingga hanya mampu bertahan dalam 15 Jam saja.

Ketika Kami gunakan untuk menggunakannya dalam permainan Genshin Impact nonstop, Kami hanya mendapati POCO F4 bertahan selama kurang lebih 8 Jam, ini tidak buruk mengingat Genshin Impact yang kita mainkan berjalan pada 121Hz.

Kesimpulan

Review Poco F4

POCO F4 jelas melebihi ekpektasi, bahkan ketika di sandingkan dengan hp yang memiliki prosesor serupa saat bermain, karakter yang muncul pada layar dari segi detail dan kecepatan refresh rate layarnya terasa lebih baik.

Baterai irit dengan pengisian daya yang cepat, jadi komposisi paling pas jika harus menggunakan hp ini untuk kebutuhan gaming. Tapi penilaian ini juga sangat cocok jika hp ini digunakan sebagai penunjang kebutuhan kreatif profesional.

Dari segi kamera sangat mumpuni dengan ragam AI yang ada, selain itu, kualitas Dolby Visionnya sangat membantu dengan koreksi warna dari tampilan layar.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.