Diperbaharui pada Selasa, 22 Maret 2022 | 14:30

Review realme Buds Air 3: Banyak Fitur Flagship, ANC Makin Sip

Review realme Buds Air 3
Selain smartphone, earphone True Wireless Stereo (TWS) menjadi salah satu perangkat yang juga menjadi fokus perhatian dari realme. Itu sebabnya cukup banyak TWS realme yang sudah hadir di pasaran.

Yang terbaru, realme merilis Buds Air 3 ke Indonesia dengan membawa banyak peningkatan. realme sendiri mengklaim jika Buds Air 3 akan menjadi New Flagship Killer ANC TWS.

Pasalnya, generasi ketiga dari seri Buds Air ini menawarkan banyak fitur kelas atas, seperti Active Noice Cancelling (ANC), driver 10mm hingga baterai yang lebih awet. Yang menarik, harga Buds Air 3 di banderol terjangkau.

Benarkah Buds Air 3 bisa menjadi flagship killer terbaru. Untuk membuktikannya, saya pun berkesempatan untuk mencoba langsung TWS terbaru realme ini.

Review realme Buds Air 3

Langsung saja simak pengalaman saya dalam melakukan review Buds Air 3.

Isi Box

Review realme Buds Air 3
realme mengemas Buds Air 3 dalam sebuah kotak putih yang sederhana. Di bagian depan terlihat wujud Buds Air 3 tampil dominan dengan logo realme di sisi kiri dan kanan.

Di bagian belakang kita bisa meluhat beberapa spesifikasi unggulan si Buds Air 3 lengkap dengan informasi pendukung seperti nomor seri, layanan customer care dan lainnya.

Di bagian dalam Buds Air 3 terbungkus rapi dalam plastik semi transparan yang berfungsi sebagai pelindung dari gesekan saat pengemasan dan juga saat pengiriman. Unit realme Buds Air 3 yang saya terima berwarna Galaxy White (tersedia pula warna Starry Blue).

Pelengkap lainnya ada buku-buku panduan dan selembar informasi panduan fitur Buds 3 Air. realme turut menyediakan kabel charger type C dan juga 2 ear tip tambahan dengan ukuran yang berbeda. Jadi kita bisa menyesuaikan ukuran yang pas di telinga agar nyaman saat digunakan.

Desain

Review realme Buds Air 3
Sebagai brand anak muda, desain menjadi perhatian yang utama bagi realme. Bentuk Buds Air 3 tetap dibuat melengkung namun tampil lebih modern dari generasi sebelumnya.

Desainnya mengadopsi desain lapang yang unik. Bagian atas earbud dibuat transparan dengan logo realme didalamnya. Cukup menarik, karena menjadi ciri khas yang membedakannya dari TWS yang ada dipasaran.

Ditambah penggunaan lapisan berlapis pada bagian belakangnya yang akan berkilau saat terkena pantulan cahaya. Terlihat premium untuk ukuran TWS dengan harga yang terjangkau.

Ukurannya juga pas di tangan saya yang tidak terlalu besar. Dengan bentuk yang ramping terasa kokoh saat berada dalam genggaman. Dimasukkan ke dalam kantong celana pun cukup nyaman, tidak mengganggu pergerakan.

Meski tampilannya glossy, tapi Buds Air 3 ini tidak licin saat dipegang. Setidaknya bisa mengurangi resiko terlepas dari genggaman akibat permukaan yang licin.

Bagian depan tertanam sebuah led yang menjadi notifikasi daya baterai. Led ini akan menyala saat case buds dibuka, lampu hijau menandakan kondisi baterai masih dalam kondisi baik. Sedangkan merah menunjukkan daya baterai yang mulai melemah atau bahkan habis.

Saat habis tinggal isi ulang dayanya melalui port charging yang ada di bagian bawah. Buds Air 3 sendiri sudah menggunakan port USB Type C yang menawarkan pengisian daya lebih cepat dari micro USB.

Aplikasi realme Link

Review realme Buds Air 3
Hal pertama yang saya lakukan sebelum menggunakan Buds Air 3 adalah menginstal aplikasi realme Link. Karena semua fitur dari TWS terbaru bisa dikontrol dan dimaksimalkan melalui aplikasi ini.

Tidak perlu khawatir, sebab realme Link tersedia di Play Store dan juga AppStore. Artinya Buds Air 3 sudah kompatibel untuk perangkat Apple.

Setelah terinstal, buka aplikasi realme Link dan langsung pairing Buds Air 3 ke hp atau perangkat lain. Proses pairing ini cukup cepat dan berlangsung dalam hitungan detik saja.

Karena realme Buds Air 3 dibekali fitur Open-up Auto Connection dan Google Fast Pair yang membuat proses pairing dengan perangkat lain menjadi mudah dan cepat.

Berikut cara pairing Buds Air 3 dengan hp atau perangkat lain :

  • aktifkan bluetooth
  • buka case Buds Air 3
  • buka aplikasi realme Link lalu klik ‘Add (+)’, tunggu hingga pemindaian selesai
  • pilih Buds Air 3

Setelah terkoneksi dengan aplikasi, kita bisa mengontrol dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Buds Air 3.

ANC 42 dB – Tertinggi di Industri

Review realme Buds Air 3
Fitur yang diunggulkan dari realme Buds Air 3 adalah teknologi ANC (Active Noise Cancellation), salah satu fitur yang umum kita temui di TWS kelas atas berharga mahal.

TWS Buds Air 3 ini sudah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland. Dimana sertifikasi TÜV Rheinland memberikan kinerja pengurangan kebisingan yang paling terjamin melalui proses pengujian yang ketat dan kompleks dengan memeriksa kemampuan pengurangan kebisingan menyeluruh pada headphone dan melakukan uji simulasi lebih dari 10 skenario pengguna aktif.

Nah, realme Buds Air 3 sendiri menawarkan ANC 42 dB. Bagi yang belum tahu, dB atau desibel merupakan satuan unit yang digunakan untuk mengukur intensitas suara. Semakin tinggi dB maka semakin besar pula intensitas suaranya.

Dengan ANC 42 dB artinya TWS realme ini mampu meredam kebisingan hingga intensitas 42 dB.  Dari beberapa sumber yang saya baca, beberapa contoh tingkat kebisingan yaitu 30dB (berbisik), 40dB (orang mengoceh, area perpustakaan), 50dB (percakapan di rumah, hujan sedang), 60dB (percakapan normal, mesin pencuci piring) dan lainnya.

Review realme Buds Air 3
Terlepas dari itu, saya pun langsung mengaktifkan fitur ini untuk mengetahui daya redamnya. Ada 2 cara yang saya coba yaitu dengan mengaktifkan fitur ANC tanpa memutar lagu dan dengan mendengarkan musik.

Saat ANC aktif tanpa memutar lagu, suara orang berbicara dalam jarak sekitar 4-5 meter bisa diredam hingga sekitar 75 persen. Dan saat saya coba sambil memutar lagu di volume sedang, suara percakapan yang terdengar semakin mengecil (hanya sekitar 15 persen).

Tapi persentase itu hanya perkiraan saya saja untuk menggambarkan seberapa besar daya redam fitur ANC 42 dB di Buds Air 3. Karena agak sulit untuk mengukur keakuratannya. Namun secara umum, fungsi ANC di Buds Air 3 ini bekerja dengan baik untuk meredam suara di sekeliling.

Saya juga mencoba di beberapa situasi. Di area halte busway dan stasiun MRT dengan keramaian sedang, ANC Buds Air 3 cukup membantu untuk meredam suara riuh orang di sekitar.

Oiya, untuk lebih memaksimalkan fitur NC ini, pemilihan ear tip juga bisa mempengaruhi. Pilih ear tip yang benar-benar pas dan bisa menutup telinga dengan sempurna. Dengan demikian suara yang diredam bisa terasa lebih maksimal.

Fitur-fitur Lain

Review realme Buds Air 3

Fitur ANC memang menjadi unggulan di Buds Air 3. Tapi jika tidak ingin menggunakan fitur ANC, realme juga menyediakan pilihan Normal Mode dan Transparency Mode.

Fitur Normal Mode masih memungkinkan kita untuk mendengar suara yang ada disekitar. Bila masih kurang terdengar bisa pakai Transparency Mode, karena suara akan terdengar jelas meski TWS masih menempel di telinga.

Mode ini menjadi pilihan saya ketika sedang berjalan kaki atau berolahraga. Karena saya masih bisa mendengarkan musik sekaligus tetap waspada terhadap kendaraan yang melintas.

Review realme Buds Air 3

Berkaitan dengan itu, ada satu fitur yang juga menarik perhatian yaitu wind noise reduction yang akan mengurangi suara angin. Dimana realme Buds Air 3 menggunakan algoritma Smart De-wind. Saat earbud mendeteksi bahwa suara angin kencang, mikrofon feedforward secara otomatis menerima lebih sedikit audio.

Dari segi perangkat keras, realme Buds Air 3 menggunakan struktur De-wind saluran ganda. Desain anti-wind-noise dengan aliran udara dua arah memungkinkan angin mengalir secara alami melalui dua lubang pemandu angin di batang earbud.

Ini secara efektif mencegah angin dari pembentukan kebisingan turbulen di mikrofon feedforward untuk mencapai pembatalan kebisingan angin. Bagi yang suka bersepeda, fitur ini cukup berguna.

Ada juga fitur Dual Device Connection, dimana Buds Air 3 dapat terkoneksi ke dua perangkat sekaligus. Saya coba menghubungkan tablet dan hp secara bersamaan.

Review realme Buds Air 3
Saat mendengarkan musik dari tablet dan ada panggilan masuk, secara otomatis TWS akan langsung terkoneksi ke hp. Setelah selesai, TWS kembali terkoneksi ke tablet.

realme juga menyematkan Smart Wear Detection yang akan menjeda musik atau film. Cukup lepaskan salah satu buds dari telinga dan fitur ini akan menjeda musik atau film yang sedang didengarkan.

Satu fitur yang juga cukup penting dari sebuah TWS adalah tingkat latensi saat bermain game. Nah, Buds Air 3 telah meningkatkan Mode Game dengan latensi serendah 88 ms, yang diklaim terendah di industri.

Latensinya berkurang 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jadi saat bermain game, tidak perlu khawatir oleh suara dan gambar yang tidak sinkron.

Performa

Review realme Buds Air 3
Sekarang lanjut ke pembahasan performa. realme Buds Air 3 dilengkapi dengan driver 10mm yang dibuat oleh komposit polimer kristal cair baru yang dapat memberikan bass yang lebih mendalam dan suara yang maksimal.

Harus saya akui, kualitas suara yang ditawarkan Buds Air 3 ini memang diluar perkiraan. Bagi saya yang awam soal audio, suara bass yang dihasilkan TWS ini memang sangat terasa.

Buds Air 3 menyediakan tiga preset equalizer yang bisa dipilih di aplikasi realme Link, yaitu Bass Boost+, Balanced, dan Bright. Mode Bass Boost+ lebih dominan bass, lalu mode Balanced lebih seimbang antara suara bass, treble, dan mid.

Sementara Bright meningkatkan suara manusia dan cocok untuk mendengarkan podcast dan buku audio.

Review realme Buds Air 3
Saya lebih menikmati musik di mode balance, karena semua elemen suara lebih seimbang, antara suara bass, treble, dan mid. Dan yang utama, suara bass nya masih cukup nendang meski tidak sekuat di mode Bass Boost+.

Apalagi Buds Air 3 juga mendukung audio AAC berkualitas tinggi. AAC atau Advanced Audio Coding merupakan standar kompresi audio digital yang  memiliki kualitas suara lebih baik dari MP3.

AAC sendiri banyak digunakan pada perangkat Apple. Serunya, Buds Air 3 bisa digunakan pada perangkat Apple. Jadi, pengguna produk Apple yang menggunakan Buds Air 3 tetap mendapatkan audio berkualitas, karena sudah mendukung codec AAC.

Tidak hanya dari sisi musik, saya juga menguji kualitas suara Buds Air 3 saat digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan meeting online. Dan suara yang dihasilkan sangat bisa diandalkan, karena orang lain dapat mendengar suara saya lebih jelas.

Hal ini berkat penggunaan mikrofon ganda yang didukung oleh algoritme peredam bising AI ENC, yang secara signifikan mengurangi kebisingan di sekitarnya dengan cerdas selama panggilan.

Dan selama penggunaan, koneksi Buds Air 3 cukup stabil berkat keberadaan jaringan bluetooth 5.2. Dengan jarak transmisi maksimal hingga 10 meter, tidak ada gangguan yang berarti. Berpindah-pindah tempat yang terhalang dinding pun suara masih stabil terdengar.

Baterai

review realme buds air 3
Untuk sumber daya, realme Buds Air 3 dibekali baterai besar berkapasitas 546 mAh. realme mengklaim jika baterai ini bisa memberi daya total pemutaran hingga 30 jam (termasuk daya dari case).

Dari pengalaman saya memutar musik selama 1 jam lebih dengan ANC aktif baterainya turun 20 persen. Lalu untuk mode Transparancy (ANC non aktif) baterainya turun 10 persen saat memainkan lagu selama 1 jam (Buds Air 3 meggunakan kelipatan 10 untuk level baterai).

Saat baterai habis, mengisi ulang dayanya juga cukup cepat. Untuk mengisi ulang case dari posisi 0 hingga 100 persen hanya memakan waktu 1 jam 10 menit. Sedangkan mengisi daya buds dari case dari 20 persen hingga 100 persen sekitar 25 menit.

Kesimpulan

realme Buds Air 3 memang menawarkan banyak fitur yang biasa ditemukan di perangkat kelas atas. Beberapa diantaranya cukup menarik perhatian saya.

Pertama tentu saja fitur ANC yang telah mengalami peningkatan dari 25 dB (Buds Air 2) menjadi 42 dB. Dan kemampuannya untuk meredam suara sangat memberi pengaruh yang cukup signifikan.

Lalu penggunaan driver 10mm menjadi catatan tersendiri karena suara yang dihasilkan cukup maksimal, terutama suara bass nya. Terasa mendengar musik dari earphone kelas atas.

Dari sisi daya tahan baterainya juga bisa diandalkan. Dalam hitung-hitungan selama penggunaan, baterainya bisa menyuplai daya selama 5 jam nonstop dalam kondisi ANC aktif. Dan 10 jam dalam penggunaan normal tanpa ANC.

Fitur Dual Device Connection juga menarik karena Buds Air 3 dapat terkoneksi ke dua perangkat sekaligus. Fitur ini sebelumnya saya temukan di perangkat TWS yang harganya lebih mahal dari Buds Air 3.

Nah, dengan keberadaan banyak fitur kelas atas tersebut, rasanya realme Buds Air 3 bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani aktivitas sehari-hari. 

Apalagi jika melihat harga realme Buds Air 3 yang dibanderol Rp 600 ribuan , rasanya julukan New Flagship Killer ANC TWS cukup masuk akal. Nah, jika tertarik, realme Buds Air 3 sudah tersedia di Shopee.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2013 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.