Diperbaharui pada Rabu, 8 Desember 2021 | 10:22

iBacks ZELLO, Bentuknya TWS Tapi Suaranya Bioskop

review TWS ibacks ZELLO

iBacks mungkin lebih dikenal sebagai produsen atau merek dagang aksesoris penunjang iphone dan juga hp flagship dengan kualitas premium.

Mulai dari adaptor charger, 3 in 1 wireless charger Apple, powerbank dengan kapasitas besar, couver guard atau case hp, hingga beragam model quick charger penunjang hp terbaik.

Tapi belakangan, guna menguatkan diri sebagai raja aksesoris premium, iBacks mulai hadirkan beragam produk baru.

Salah satunya adalah TWS iBacks ZELLO yang hadir di meja redaksi Pricebook. Hadir dengan packaging yang elegan, simple dan tidak terlalu banyak ornamen layaknya TWS merek lain yang cenderung hadir dengan kemasan besar.

Apa hanya itu yang menarik? Tentu tidak, banyak hal yang ternyata malah membuat kami lebih kagum sesudah membuka kemasan dan mencoba menggunakannya.

Mulai dari karakter suara yang balance tapi powerfull, desain ramping yang nyaman di telinga, hingga fitur gesture yang responsif dan efektif. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan review TWS iBacks ZELLO.

Desain

ibacks ZELLO

iBacks mengusung desain ramping yang elegan, dan ini sangat terlihat dari detail TWS case yang disertakan. Sangat ramping dengan lekuk yang terasa premium, ditambah balutan warna abu-abu pekat yang menjadikannya makin berkesan mewah tapi simple.

Jika TWS lain masih mengandalkan model charging micro USB, berbeda dengan iBacks ZELLO yang sudah mengadopsi model type-C yang pastinya lebih cepat dalam mengisi baterai.

review ibacks ZELLO

Jika dilihat dari batang penampang hingga ear piece, TWS iBacks ZELLO ini memiliki panjang yang lebih pendek dibanding TWS dengan desain penampang memanjang lainnya.

Selain itu, peletakan indikator light dan juga operation area atau wilayah gesture yang dimiliki juga lebih luas dan membuat pengguna lebih nyaman. Hal ini dikarenakan, bentuk desain batang yang memipih dan terkesan melebar sehingga memberikan akses jari pengguna lebih leluasa saat mengoperasikan TWS ini.

Untuk ear-tip, iBacks memberikan beberapa opsi pilihan dengan ukuran berbeda sesuai kenyamanan masing-masing pengguna.

Dual Microphone

ibacks ZELLO

Ini yang menjadikannya berbeda dengan TWS lain, adalah keberadaan dual Microphone yang menjadikan kualitas suara lebih jernih dan juga lebih jelas.

Coverage area mic pun cukup luas jangkauannya, dan suara yang dihasilkan di sisi lain, dalam hal ini penerima ketika melakukan panggilan pun lebih baik. Keberadaan Call Noice Reduction yang baik memberikan kesan lain dan menjadikan iBacks ZELLO sangat nyaman.

Selain dual microphone, iBacks ZELLO juga memiliki dua buah speaker stereo yang jernih saat menerima panggilan atau saat digunakan untuk mendengarkan musik dan juga menonton film.

Keberadaan dual microphone ini juga menjadi salah satu kekuatan yang dimiliki iBacks ZELLO yang sangat berguna. Terlebih ketika menggunakan fitur perintah suara yang disediakan dan tersingkronisasi dengan baik pada setia device.

ibacks ZELLO

Bahkan, ketika menggunakan suara yang tidak terlalu kencang, ZELLO tetap mampu menyampaikan perintah suara dengan baik pada device.

Hal ini juga berlaku pada saat melakukan panggilan, meski dalam suasana riuh dan ramai, penerima tetap bisa mendengar dengan jernih dan jelas suara yang disampaikan lewat iBacks ZELLO.

Beberapa kali sempat ada kendala gangguan, tapi itu terjadi karena faktor kekuatan internet yang kami miliki sedang tidak baik akhir-akhir ini.

Fast Charging dan Tahan Lama

review ibacks ZELLO

Baterai tahan lama jadi hal yang terkadang sedikit mustahil jika bicara tentang TWS. Tapi tidak dengan iBacks ZELLO.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dikarenakan iBacks ZELLO sudah mengadopsi type-C pada charging case nya, jadi bisa dipastikan bahwa kemampuan pengisian daya baterai lebih cepat.

Tak hanya itu, charging casenya juga mampu mengisi hingga 3 kali pengisian daya ulang TWS, itu kata iBacks. Berbeda dengan hasil yang kami dapat, karena charging case iBacks ZELLO mampu mengisi ulang hingga hampir 5 kali secara penuh.

Kembali ke tahan lama, sekali pengisian, TWS iBacks ZELLO ini mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan kami, padahal klaim asli yang diberikan hanya 7.5 jam.

ibacks ZELLO

Klaim masa standby dari iBacks sendiri juga cukup menyenangkan dengan 180 hari tanpa penggunaan. Diluar itu, penggunaan yang kami geber selama seminggu menghasilkan rasa kagum pada TWS iBacks ZELLO ini.

Meski dengan baterai sekelas smartwatch yang hanya 450mAh pada charging casenya, tapi daya tahan penggunaannya termasuk apik.

Ini dikarenakan hanya dengan satu kali pengisian daya pada charging case, iBacks ZELLO suah bisa digunakan untuk menikmati musik dan film, juga konten lain seperti konser selama seharian penuh.

Terkait dengan daya tahan, iBacks menempatkan sebuah inkator kedip yang menjadi pengingat kekuatan daya tahan baterai selama pemakaian.

Lebih Nyaman dengan Gestur yang Responsif

ibacks ZELLO

Desain yang ramping dan padat tapi ringan sangat membuat nyaman ketika digunakan seharian. Saat menggunakan iBacks ZELLO ini rasa sakit ditelinga ketika mencoba TWS lain pun tidak terasa.

Lekukannya sangat pas di telinga, kelengkapan pilihan ear tip juga memanjakan penggunaan kami selama pengujian. Kualitas suara padat yang dihasilkan sangat lues di telinga, dan aman diterima meski dalam kapasitas volume terbesar.

Karakter bass dan trebel juga bisa dinikmati dengan baik tanpa lebay menurut kami. Diluar itu, tampilan dari TWS ini sudah cukup menjamin kualitas build-nya yang tidak ringkih.

Hal menarik lain hadir dari sisi gestur yang diterapkan. Memang tidak jauh berbeda dengan gestur yang digunakan kebanyakan TWS, yang menyenangkan adalah kapasitas responsif yang diusung.

ibacks ZELLO

Sensitifitasnya tidak berlebihan meski hanya membutuhkan sedikit gerakan kecil dan lembut untuk menggunakan gesturnya.

Jika TWS lain akan secara sensitif melakukan perintah gestur ketika hanya tersenggol sedikit saat membenarkan posisi eartip di telinga, maka tidak dengan iBacks ZELLO.

Kenyamanan lain adalah mode pairing yang sangat mudah, bahkan lebih mudah dibandingkan versi TWS lain. Hal ini mungkin dikarenakan keberadaan sistem Bluetooth 5.2 yang juga merupakan update versi terbaru dari jenis Bluetooth di pasaran saat ini.

Cakupan jarak atau wilayah pun sangat luas, kami sempat menguji pada jarak hampir 8 meter lantai 1 ke lantai 2, hasilnya sangat menarik. Ini karena iBacks ZELLO masih mampu mengeluarkan suara yang baik di jarak dan juga wilayah seperti itu.

Nah, bagi kalian pecinta senam ataupun olahraga outdoor dan indoor yang senantiasa mendengarkan musik saat beraktifitas, jangan khawatir dengan keringat berlebih. iBacks ZELLO sudah mengusung sertifikasi waterproof IPX4, dan dijamin aman dari sekedar tetesan keringat ataupun air hujan, meskipun kami tidak merekomendasikannya untuk berenang.

Uji Coba

ibacks ZELLO

Untuk sebuah TWS, iBacks ZELLO sangat mampu memberi kepuasan terhadap kami selama proses pengujian. Beberapa jenis musik kami sudah coba dengarkan. Hasilnya, kejernihan suaranya tidak bisa ditolak telinga.

Daya tahan baterai yang menurut kami sangat cukup, karena dalam penggunaan selama satu hari saat jam kerja kami hanya melakukan pengecasan 1 kali setelah penggunaan dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 19.00.

Pemakaian kami secara wajar, sempat beberapa kali mematikan dan menghidupkan kembali untuk mengecek karakter pairing dan automatic pairingnya. Selain itu, kami juga melakukan pengujian db dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Ini yang kami rasa menarik, pengetesan frekuensi rendah dari 10-200Hz sangat kami nikmati. Di bagian ini, terkadang beberapa TWS akan mulai cempreng ketika berada di posisi 150Hz ke atas.

review ibacks ZELLO

Dan yang mengejutkan adalah, pada frequensi tinggi 22kHz-8kHz yang beberapa TWS berhasil menyakiti telinga kami, iBacks ZELLO tetap aman meski melengkin di 10kHz sempat membuat nyaring di telinga.

Untuk dynamic range, iBacks mampu mencapai -48db dengan baik dan masih tetap terdengar jelas pengucapannya.

Satu hal yang pasti, jika ingin merasakan sensasi 7.1 Surround ala bioskop langsung di telinga, Anda bisa mencoba menggunakan iBacks ZELLO. Full balance mulai dari bass, treble, woofernya pun sangat berasa, dan ini sudah kami buktikan pada beberapa tes yang kami lakukan termasuk menonton film dengan deru yang keras. 

Kesimpulan

ibacks ZELLO

iBacks ZELLO menjadi TWS dengan paket fungsi yang lengkap, bahkan bukan tidak mungkin bisa dibandingkan dengan TWS kelas atas dari brand ternama di pasar Indonesia.

Kapasitas baterai charging case cukup besar di ukuran 450mAh, dan ini sangat memadai selama 2-3 hari penggunaan bagi kami. Tapi itu semua tergantung dengan kebiasaan dan cara Anda menggunakan produk earphone berjenis TWS.

Gestur lengkap dengan sensitifitas yang nyaman, build quality yang sangat baik, lekukan TWS dari batang ke ear-tip juga sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1072 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.