Diperbaharui pada Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:11

Review Honor Earbuds 2 Lite, Peredam Bisingnya Berasa Banget!

Review Honor Earbuds 2 Lite

Setelah lebih dahulu menelurkan Honor Choice dan Honor Magic Earbud di pasaran, kini Honor hadirkan Earbuds 2 Lite untuk lengkapi kebutuhan multimedia konsumennya.

Dengan desain premium, kami hampir tidak bisa membedakannya dengan versi Apple AirPods Buds terbaru.

Meski banyak merek earbuds dengan model desain yang serupa, tapi Honor mengklaim bahwa produk Earbuds 2 Lite memiliki kualitas tinggi meski hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk lebih jelasnya, kali ini kami berikan hasil Review Honor Earbuds 2 Lite berdasarkan pengalaman selama menggunakannya.

Lebih Ringan

Review Honor Earbuds 2 Lite

Honor Earbuds 2 Lite hadir dengan bobot 5.5 gram, kami rasa lebih ramping jika dibandingkan dengan beberapa earbuds lain dengan desain dan model serupa.

Terasa ringan ketika digunakan di dua sisi telinga. Tak hanya itu, Honor juga menyertakan pilihan eartips dengan tiga ukuran berbeda.

Masih bicara soal desain, selain ringan, Honor Earbuds 2 Lite sudah tidak lagi menyertakan tombol. Model ini hadir dengan sistem touchpad dengan pola ketukan untuk memutar audio dan juga mengontrol ANC (Active Noise Cancellation).

HONOR Earbuds 2 Lite datang dengan wadah pengisi daya yang ringkas tapi tetap berkesan premium dan kompak meski berbahan dasar plastik lengkap dengan pengisian daya model Type-C serta berat 41 gram.

Hanya saja, ada sedikit kekhawatiran kami pada casing pengisian daya ini, mungkin dikarenakan material produknya yang lebih banyak mengandung plastik jadi sangat rentan ketika harus terbentur atau terjatuh. Kasus serupa pernah terjadi pada Airpods lawas yang kami miliki, secara tidak sengaja terjatuh dan casingnya tak bisa lagi digunakan meskipun TWSnya masih aktif.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menghindari hal-hal tidak menyenangkan tersebut dengan beberapa cara, semisal menggunakan silicon case agar mampu melindungi charging case dengan baik ketika terjadi benturan.

Atau, perhatikan tempat atau lingkungan dimana Anda menempatkan TWS, pastikan landai dan dalam posisi yang aman dari kejatuhan.

Pairing Lebih Mudah

Review Honor Earbuds 2 Lite

Banyak earbud nirkabel cenderung memiliki masalah dengan konektivitas, terutama beberapa yang lebih murah.

Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir tentang HONOR Earbuds 2 Lite mengalami masalah seperti itu. Ini dikarenakan Honor Earbuds 2 Lite dilengkapi dengan Bluetooth 5.2, yang tentu saja bagus.

Seperti layaknya earphone nirkabel HONOR lainnya, Anda akan menemukan tombol pairing cepat di samping casing. Cukup tahan beberapa detik sampai lampu berubah menjadi warna putih, dan mulai berkedip.

Setelah pairing dengan device yang Anda kehendaki maka, seterusnya akan secara otomatis terkoneksi dengan cepat.

Kualitas Suara Jernih dengan Fitur Noise Cancelling yang Bagus

Review Honor Earbuds 2 Lite

Terlepas dari desain Honor Earbuds 2 Lite yang dibilang mirip Apple AirPods, meski sebenarnya tidak mirip, ini yang mau kami bahas karena sangat menggoda.

Honor Earbuds 2 Lite memiliki kualitas suara yang tak kalah dengan headset nirkabel mahal buatan produsen berlambang buah tergigit itu.

Dan ini yang mengagumkan saya, fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang ditanamkan langsung terasa ketika pertama kali Honor Earbuds 2 Lite ini digunakan, meskipun belum memutar musik.

Sebagai catatan, ketika pertama digunakan kami belum mengaktifkan fitur Active Noise Cancellation tersebut. Hal ini semakin menggila seiring kami mengaktifkan fitur ANC, 10%, bahkan mungkin hanya 5% dari suara orang disekitar yang terdengar.

Terlebih saat ini, mekanisme pekerjaan yang sudah mulai diatur ke arah work from office, mengulas Honor Earbuds 2 Lite dengan menggunakannya ditengah keramaian karyawan produksi konten Pricebook sangat membantu.

Review Honor Earbuds 2 Lite

Bagi beberapa tim yang membutuhkan ketenangan seperti ketika Voice Over atau meeting dengan client secara online dan juga liputan online. Kami sama sekali tidak terganggu dengan arah suara dari luar, bahkan kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih dan mudah ditangkap telinga.

Kemampuan microphonenya juga sangat baik, lagi-lagi tak bisa dipungkiri, fitur ANC yang disertakan sangat mendukung kemampuan microphone dengan baik.

Sedikit peringatan, jangan gunakan ini saat berkendara lengkap dengan balaclava dan juga helm full face. Mungkin terasa nyaman, tapi tentunya sangat berbahaya ketika tidak mendengar suara kendaraan lain di sekitar, kalian bisa sedikit mengurangi volume ke rasio 30% untuk keamanan berkendara, karena itu yang kami lakukan.

Tapi tunggu dulu, sebelum ketakutan Anda semakin tinggi, Honor menyertakan fitur Awareness Mode pada Earbuds 2 Lite mereka. Jadi ANC yang diaktifkan secara fleksibel akan berubah menjadi standar, dan ini menjadikan Honor Earbuds 2 Lite sangat cocok dalam segala kondisi dengan keamanan serta kenyamanan yang baik.

Ada hal lain yang juga membuat kami menyukai Honor Earbuds 2 Lite, yakni kualitas delay yang bisa dikatakan tidak ada. Mungkin untuk telinga yang sangat peka baru akan terasa, tapi tetap saja ini cukup memuaskan.

Ini sejalan dengan klaim Honor yang menyatakan kalau Earbuds 2 Lite memiliki latency 190ms saja. Semakin nyata klaim tersebut ketika kami gunakan untuk bermain game PUBG yang mengharuskan untuk mendengar suara langkah musuk.

Fitur Gesture dan AI yang Nyaman

Review Honor Earbuds 2 Lite

Seolah seperti sebuah TWS premium, selain memiliki tampilan desain yang ramping, Honor Earbuds 2 Lite juga hadir dengan fitur premium seperti gesture dan juga AI.

Keberadaan fitur gesture ini membuat Honor Earbuds 2 Lite hadir tanpa tombol di tubuhnya. Hanya dengan double tap pada salah satu sisi TWS, Anda sudah bisa memerintahkan Honor Earbuds 2 Lite ini untuk melakukan aktivitas Play atau Pause musik dan video.

Hal ini juga bisa digunakan untuk menerima dan mengakhiri panggilan telepon. Gesture ini tidak datang sendiri, tapi juga hadir disertai dengan keberadaan AI yang mereka sebut dengan Inteligent Wear Detection.

Ini bekerja seperti beberapa earbuds yang menggunakan sistem magnetic atau magnet pada bagian eartipnya. Ketika Honor Huawei Earbuds 2 Lite terlepas dari telinga, maka secara otomatis baik musik dan video yang sedang Anda nikmati akan berhenti atau pause.

Musik dan video akan kembali berjalan secara otomatis ketika Anda kembali memasangkan Honor Earbuds 2 Lite kembali di telinga. Fitur atau mode awarness juga ikut diterapkan secara tidak langsung dengan keberadaan AI ini.

Misalnya, ketika salah satu sisi dari TWS kami lepaskan, maka otomatis TWS akan langsung berada pada mode off dan kembali on ketika kembali digunakan.

Baterai Awet Makin Puas

review honor earbuds 2 lite

Ini yang jarang dimiliki oleh TWS-TWS saat ini, dan selalu menjadi kekhawatiran para calon pembeli biasanya. Adalah masa bertahan baterai dalam kondisi 100% hingga 0%.

Beruntung kami sempat mencicipi produk ini selama 2 hari. Meski tidak secara nonstop atau dalam jangka waktu lama, tapi paling tidak kami bisa menceritakan pengalaman kami dalam merasakan ketahan baterainya.

Hari pertama kami menggunakannya selama 6 jam, terhitung dari setelah makan siang hingga usai jam kantor. Hari tanpa melakukan charging atau memasukan TWS ke casing, kami langsung menggunakannya selama 8 jam, terhitung dari jam 10 pagi hingga usai jam kerja.

Hasilnya setelah melewati hari kedua, TWS ini masih bisa menyala di hari ke tiga dengan metode serupa tanpa kami masukan ke casing (untuk menghindari charging otomatis).

14 Jam kami gunakan, mungkin terpotong dengan beberapa kali kami unit TWS dari telinga tapi secara real kami masih bisa katakan menggunakannya selama 14 jam dan di hari ke tiga kami tetap menemukan Honor Earbuds 2 Lite masih bisa menyala.

Berbeda dengan beberapa TWS yang pernah kami gunakan sebelumnya, beberapa di range harga serupa dan juga yang lebih murah. Kebanyakan hanya bertahan selama 6 sampai 8 jam.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Earbuds 2 Lite
Brand Honor
Type True Wireless Stereo
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

honor earbuds 2 lite

Selain desain yang diusung, kami tidak bisa protes untuk kualitas Honor Earbuds 2 Lite ini. Mulai dari kualitas suara, range dan latency yang dimiliki, kemudian fitur Active Noise Cancellation serta AI yang disertakan membuat kami terkesan.

Ketangguhan baterai yang diberikan juga memuaskan, meskipun kami tidak menggunakannya secara nonstop dan dalam waktu yang lama.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas tapi ingin memiliki sebuah TWS dengan fitur premium, Honor Earbuds 2 Lite kami jadikan rekomendasi yang tepat untuk harian, style dan juga pekerjaan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1009 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.