Diperbaharui pada Rabu, 16 Juni 2021 | 16:32

Review Huawei MatePad T10 Kids Edition, Super Parental Control

Review Huawei MatePad T10 Kids Edition

Mengenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini tidak ada salahnya. Dengan pengawasan dari orangtua dan disesuaikan dengan kebutuhan anak, maka teknologi akan sangat bermanfaat.

Banyak hal yang dapat diperoleh anak ketika menggunakan perangkat elektronik jika tepat guna, seperti mengasah kreativitas, mengasah sensori untuk mengenal gambar, bentuk, warna, angka, huruf, hingga belajar membaca.

Selain spesifikasi mumpuni, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika memiliki perangkat elektronik bagi anak, seperti keamanan ketika digunakan, kenyamanan bentuk bagi anak yang masih kecil, dan tentunya harga yang bersahabat.

Menyadari hal tersebut, Huawei mempersembahkan MatePad T10 Kids edition untuk mengakomodir segala kebutuhan anak, mulai dari awal mula pengenalan teknologi gadget hingga ke tahap penggunaan aktif usia dini.

Selain memiliki ukuran yang nyaman untuk mata si kecil, tablet ini juga dilengkapi beragam teknologi yang membuat anak lebih nyaman dan menjauhkan rasa khawatir orang tua terhadap perkembangan anak.

Spesifikasi Huawei MatePad T10 Kids Edition

huawei matepad t10 kids edition

Huawei MatePad T10 Kids Edition juga menjadi tablet pertama khusus anak yang memiliki banyak aplikasi penunjang kreatifitas dan juga game meski tanpa menghadirkan Google di dalamnya.

Secara garis besar spesifikasi, Huawei MatePad T10 Kids Edition ini memiliki layar sebesar 9.7 inch. Di sisi kamera terdapat sebuah kamera selfie yang berkekuatan 2MP yang ditemani dengan kamera utama tunggal berkekuatan 5MP.

Layaknya tablet dan ponsel Huawei lainnya, di MatePad T10 Kids Edition ini juga erdapat Logo tulisan Huawei yang berada di bagian tengah sebagai identitas dari tablet ini.

Memiliki port USB Type-C ditambah jack audio 3.5mm untuk memberikan akses audio internal dari tablet, serta slot MicroSD untuk kebutuhan perluasan penyimpanan tanpa adanya Sim Tray.

Tablet ini hanya menggunakan jaringan WiFi Only mengingat tablet ini memang dipasarkan untuk menjangkau anak-anak yang masih harus di bawah penjagaan orang tua.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk MatePad T10 Kids Edition RAM 2GB ROM 32GB
OS Android
RAM 2 GB
Internal 32 GB
Chipset Kirin 710A
Weight -
Dimensions 247 x 176 x 13.8 mm
Screen Size 9.7 inch
Screen Resolution 1280x800 Pixel
Wi-Fi 802.11 b / g / n / ac
Resolusi Kamera 5 MP
Battery 5100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Untuk urusan chipset, Huawei sudah membekali MatePad T10 Kids Edition ini dengan Kirin 710A Octa-core yang disandingkan dengan GPU Mali G51 dan Android 10 sebagai OS dengan multitasking yang halus dan lancar, bahkan sangat lancar untuk sebuah tablet yang diperuntukan bagi anak-anak.

Terlepas dari spesifikasi yang diberikan, kami lebih tertarik untuk membahas fitur keunggulannya yang ternyata mampu menjamin orang tua untuk tetap merasa aman ketika anak mereka bermain-main dengan Huawei MatePad T10 Kids Edition.

Lantas apa saja keunggulannya? Sejauh mana parental control yang disuguhkan Huawei pada MatePad T10 Kids Edition ini? Pantaskah untuk membeli Huawei MatePad T10 Kids Edition?

Keunggulan Huawei MatePad T10 Kids Edition

Huawei MatePad T10 Kids Edition merupakan tablet pintar yang ditujukan sebagai sarana pendamping orang tua dengan anak dalam kehidupan parenting control serta memastikan keamanan konten sang anak.

Desain Layar Lebar dengan Case Food Grade

Huawei MatePad T10 Kids Edition

MatePad T10 Kids Edition menjadi tablet anak pertama besutan Huawei dengan desain cantik. Dibekali dengan Kids Case yang menggemaskan, dan terpenting sudah berstandarisasi Food Grade tanpa khawatir anak akan terkontaminasi virus dan bakteri dengan segala kebiasaannya.

Huawei sangat memperhatikan hal kecil seperti ketika anak selalu memasukan segala macam hal kedalam mulut, atau mengusap tangan langsung ke wajah setelah memegang beragam benda.

Dan MatePad T10 Kids Edition ini layak diberikan pujian untuk perhatian tersebut. Memiliki bentang layar 9.7 inch, terasa besar dan dengan layar ini anak tidak perlu lagi memperhatikan layar pada jarak pandang yang dekat.

Terdapat Stylus Pen serta beberapa aplikasi default Kids Corner yang kontennya ramah dengan anak-anak.

Stylus pen MatePad T10 Kids Edition ini bisa dijadikan alat untuk mendukung kreativitas anak, menstimulasi kecerdasan anak dengan ragam kreatifitas yang disediakan pada aplikasi bawaan Huawei.

Fall Resistant

Huawei MatePad T10 Kids Edition

Ini yang jarang dimiliki produk tablet lain, terlebih produk ini dikhususkan untuk anak-anak. Dan masih belum banyak tablet serupa di pasaran.

Adalah fitur Fall Resistant, fitur ini lebih mengarah pada kulitas produk atau build quality. Masuk akal memang jika produk ini diperuntukan untuk memperkenalkan anak pada dunia teknologi.

Mengingat anak-anak saat ini lebih aktif dan juga lebih cepat tumbuh dewasa, namun tetap memiliki beberapa kebiasaan yang dianggap berbahaya untuk produk-produk berjenis elektronik.

Huawei MatePad T10 Kids Edition sangat bisa diandalkan ketika terjatuh dari genggaman anak. Kami belum mencoba jika dibanting, tapi jika anak-anak yang membanting kami pastikan MatePad T10 Kids Edition ini masih sanggup menanggung hempasannya.

Hal ini dikarenakan kekuatan anak dan juga orang dewasa memiliki perbedaan yang sangat besar. Ditambah dengan penggunaan cover atau case yang disediakan, menjadikan Huawei MatePad T10 Kids Edition sangat aman dari ulah jahil anak.

Terlebih, material silicon case ini juga tidak licin ketika dipegang dan lebih membuat aman tablet dari goresan dan juga menjaga fitur kamera dengan aman.

Kids Corner

Huawei MatePad T10 Kids Edition

Kids Corner jadi salah satu dari banyak andalah Huawei untuk menemani MatePad T10 Kids Edition di genggaman buah hati. Fitur ini berisikan aplikasi yang khusus dipersiapkan untuk membantu perkembangan kreatifitas anak.

Tidak seperti aplikasi lain, aplikasi yang terdapat pada kids corner ini dapat dipantau oleh orang tua secara langsung.

Di dalam aplikasi Kids Corner terdapat dua aplikasi anak favorit secara cuma-cuma dengan konten VIP, salah satunya BabyBus.

Biasanya, untuk berlangganan sebuah aplikasi Baby Panda World’s setiap orang harus dikenakan tagihan sebesar Rp42.000 per bulan.

Selain BabyBus, aplikasi anak favorit lain yang bisa didapatkan secara cuma-cuma selama setahun lewat penggunaan Huawei MatePad T10 Kids Edition dengan konten VIP, yaitu Azoomee.

Biasanya untuk berlangganan Azoomee pengguna harus mengeluarkan biaya dikisaran Rp52.000 per bulan.

Selain dua aplikasi anak favorit di atas, masih ada 200 lebih aplikasi terbaik berupa games lainnya di Huawei MatePad T10 Kids Edition.

Cara download aplikasi pun sangat mudah dan gampang. Hanya dengan membuka tampilan home pada tablet, kemudian buka folder Business, Entertainment, Social, Lifestyle, dan juga Games.

Pilih aplikasi atau game kesukaan yang ingin di download lewat folder tersebut.

eBook Mode

Huawei Matepad t10 kids edition

Fitur lain yang tak kalah penting adalah eBook Mode. Fitur ini menghadirkan pengalaman membaca yang terasa lebih alami.

Layar tablet akan secara otomatis menyesuaikan kontras, suhu warna, serta perimeter lainnya untuk membuat kualitas membaca lebih baik.

Fitur eBook Mode selain dapat digunakan melalui aplikasi Kids Corner juga dapet digunakan kapan pun dan di mana pun di luar dari aplikasi Kids Corner.

Surround Sound

Karena dibuat dan diperuntukan untuk anak, Huawei sangat mengerti jika sisi multimedia biasanya sangat diminati oleh anak usia dini. 

Pada Huawei MatePad T10 Kids Edition ini, mereka membekalinya dengan dual grill speaker yang memberikan hasil audio stereo dan lebih bertenaga.

Huawei sendiri menggunakan teknologi Huawei Histen 6.1 untuk menciptakan karakter suara yang bagus di tablet ini.

Teknologi asli milik Huawei ini memberikan keluaran bass yang kuat dengan karakter detail yang tajam, lebih nyaman pastinya di telinga anak.

Parental Control Lebih Lengkap

Huawei MatePad T10 Kids Edition

Huawei turut memberikan akses eksklusif berbagai konten berkualitas dari BabyBus dan Azoomee untuk mendukung proses belajar serta bermain anak.

MatePad T10 Kids Edition punya fitur keamanan yang memberikan ketenangan pikiran bagi orang tua. Lewat Profil Anak, para orangtua dapat memperoleh akses ke catatan penggunaan anak-anak.

Ini memungkinkan orangtua untuk mencatat waktu penggunaan dan aplikasi yang digunakan selama periode tertentu.

Orangtua kemudian dapat mengelola waktu penggunaan dari tablet ini, mulai dari aplikasi yang digunakan, dan konten lain yang dapat dilihat di Kids Corner.

Eye Protection

huawei matepad t10 kids edition

Meskipun layarnya masih berpanel IPS dan masih beresolusi HD, namun layar Huawei MatePad T10 Kids Edition ini sudah lulus sertifikasi low blue light dari TUV Rheinland.

Keberadaan TUV RHEINLAND ini membuat tablet ini semakin aman digunakan untuk anak-anak, karena aman dari cahaya biru yang dapat merusak mata.

Selain itu, untuk menjaga mata anak tetap sehat, para orang tua juga bisa mengaktifkan fitur Eye Protection.

Fitur ini dapat mengubah warna biru pada layar menjadi warna kuning, sehingga ngebuat mata anak semakin aman dari paparan cahaya biru yang dapat merusak mata.

Posture And Bumpy Road Alerts

huawei matepad t10 kids edition

Salah satu fitur yang cukup menginspirasi dan mungkin bisa dijadikan perhatian bagi produsen lain dalam mengembangkan produk.

Huawei layak diacungi jempol sekali lagi dengan MatePad T10 Kids Edition karena membekalinya dengan fitur Posture Alerts dan Bumpy Road Alerts di dalam aplikasi Kids Corner.

Tablet khusus anak ini juga dilengkapi dengan built-in gravity sensor, yang menunjang fitur posture and bumpy road alerts bekerja dengan maksimal.

Melalui fitur Posture Alert di dalam aplikasi Kids Corner, tablet mampu memberikan peringatan kepada anak atau pengguna tablet saat memainkannya sambil tiduran.

Keberadaan fitur ini kami yakini dapat memberik dampak yang lebih baik terhadap kebiasaan buruk pengguna gadget saat ini yang cenderung lebih sering menggunakan gawainya sambil tiduran atau tengkurap.

MatePad T10 Kids Edition

Dari segi kesehatan, fitur ini bisa menjadi pengingat untuk pengguna agar lebih perhatian dengan kesehatannya, terutama masalah postur badan saat sedang menggunakan gadget.

Disisi lain, fitur Bumpy Road Alerts dapat memberikan peringatan pada anak dan pengguna saat bermain tablet sambil berjalan atau di dalam mobil yang bergerak.

Secara tidak langsung, keberadaan fitur ini memberikan keselamatan bagi penggunanya agar tetap bijak menggunakan gadget di tempat yang tepat.

Tentu saja, kedua fitur ini dapat diatur untuk aktif dan nonaktif melalui aplikasi Kids Corner, tapi ada baiknya orang tua mengaktifkannya agar anak lebih aman saat bermain dengan MatePad T10 Kids Edition ini.

Parental Assistant

huawei matepad t10 kids edition

Untuk para orang tua, tak perlu lagi khawatir buah hati bermain dengan menggunakan tablet Huawei MatePad T10 Kids Edition ini berlama-lama.

Pasalnya, Huawei sudah membekali MatePad T10 Kids Edition dengan fitur Parental Assistant di aplikasi Kids Corner.

Fitur ini bisa membantu orang tua untuk tetap dalam pengawasan selama memainkan beragam aplikasi dan game menggunakan tablet untuk anak ini.

Dengan fitur Parental Assistant di aplikasi Kids Corner, para orang tua dapat mengelola batas waktu yang dihabiskan anak dalam membuka dan memainkan semua aplikasi.

Kids Profile

Fitur Kids Profile di Kids Corner makin melengkapi parental control system dengan kemudahan akses bagi orang tua untuk melihat track record anak dalam menggunakan beragam aplikasi dan permainan pada MatePad T10 Kids Edition.

Kenapa Harus Membeli Huawei MatePad T10 Kids Edition?

huawei matepad t10 kids edition

Dengan banyaknya fitur parental control serta fitur yang asik digunakan untuk tumbuh kembang anak bisa jadi membuat setiap orang tua tertarik untuk memilikinya.

Tapi adakah alasan dasar lain kenapa harus membeli Huawei MatePad T10 Kids Edition dibandingkan tablet lain?

Pertama, jika kalian mencari tablet serbaguna untuk anak dengan harga terjangkau 2 jutaan, MatePad T10 Kids Edition cocok dijadikan pilihan awal.

Terlebih dengan keberadaa material cover yang sudah terjamin dengan sertifikasi food grade. Fitur mewah yang biasa hadir di hp dan tablet flagship seperti stylus pen pun turut disertakan.

huawei matepad t10 kids edition

Kedua, terdapat banyak fitur keamanan dan kenyamanan bagi anak dan orang tua, mulai dari lisensi low blue light dari TUV Rheinland dan fall-resistant pula.

Kemudia speaker stereo, serta kapasitas daya 5100mAh yang dirasa sangat cukup digunakan anak bermain selama mungkin.

huawei matepad t10 kids edition

Ditambah dengan segudang komponen fitur parental control yang bisa membuat orang tua lebih leluasa mengontrol semua aktifitas anak dalam bermain tablet sehari-hari.

Beragam benefit yang didapat tersebut, mungkin saja belum tentu kalian dapatkan ketika membeli produk tablet lain dengan harga 2 jutaan.

Nah, jika kalian para orang tua tertarik untuk menghadiahi putra dan putri kalian gadget baru, mungkin Huawei MatePad T10 Kids Edition sudah sangat pas.

Huawei membuka masa pre order pembelian Huawei MatePad T10 Kids Edition dengan harga spesial Rp2.899.000 rupiah mulai dari 16 Juni 2021 hingga 25 Juni 2021. Ada bonus exclusive gift box for children yang menarik untuk anak-anak selama masa pre-order.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1009 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.