Diperbaharui pada Kamis, 12 Oktober 2017 | 11:02

Google Ujicoba Fitur Putar Video Otomatis Pada YouTube Versi Android

Seperti yang diketahui Google terus mengembangkan berbagai aplikasi buatannya dengan berbagai ftur baru. Kali ini, giliran YouTube yang mendapat fitur baru guna kian memuaskan penggunanya.

Perusahaan teknologi raksasa ini kembali bereksperimen dengan menghadirkan fitur putar video otomatis pada bagian home di YouTube versi Android. Fitur ini bahkan sudah mulai diujicoba Google pada beberapa YouTuber di berbagai negara berkembang. Nantinya, jika fitur ini aktif, maka semua video yang kamu saksikan di homepage YouTube Android akan diputar. Namun, hal ini menuai banyak pendapat dan kritikan. Pasalnya fitur ini dianggap akan boros kuota dan halaman home YouTube menjadi riuh ramai.

Namun, ternyata fitur putar video otomatis yang dihadirkan Google sedikit berbeda. Nanti, semua video pada homepage YouTube akan otomatis menyala tanpa suara. Tidak hanya itu, akan muncul subtitle yang menerangkan video secara singkat. Lalu video yang diputar juga hanya sekitar awal saja dan berulang-ulang. Jadi bukan video penuh yang akan diputar. Nantinya video yang akan diputar otomatis juga hanya berada di bagian paling atas Homepage. Bila kamu scroll kebawah maka video akan otomatis berhenti dan video dibawahnya akan otomatis diputar, begitu seterusnya.

Bila fitur putar video otomatis pada Youtube versi Android dirasa mengganggu, kamu bisa mematikannya melalui pengaturan. Caranya kamu cukup masuk ke akun – settings – general – play as you browse. Fitur ini memang otomatis pada posisi on, kamu cukup mematikannya di pengaturan ini. Bila kamu tetap ingin menikmati fitur ini namun takut boros kuota, kamu bisa mengaktifkan pilihan menyala pada saat wifi saja.

Hingga saat ini fitur terbaru YouTube ini belum bisa digunakan di perangkat Android manapun karena masih dalam tahap ujicoba. Namun, awal tahun 2017 lalu, YouTube versi web sudah memiliki fitur serupa dimana video akan diputar otomatis sekina detik saja. Fitur ini disebut fitur video preview.

Sebelumnya YouTube juga menghadirkan update dengan fitur kontrol baru. Dalam fitur ini, YouTuber bisa mengatur kecepatan dari sebuah video. Sebagai contoh, pengguna bisa melambatkan kecepatan video atau mencepatkan video untuk menemukan sesuatu dalam video. Sayangnya, fitur ini justru hadir untuk versi web desktop. Alhasil pengguna YouTube Mobile harus lebih bersabar untuk bisa menikmati fitur ini.

Dalam fitur kontrol kecepatan YouTube ini, pengguna bisa melambatkan video hingga 0,25x atau mencepatkan video hingga 2x. Menariknya, meski belum dirilis global, fitur kontrol baru ini muncul pada aplikasi YouTube versi 12.29.57 yang ada di perangkat Google Pixel series.

Baca juga artikel:

Aplikasi YouTube Go dan Google Assistant Resmi Masuk Indonesia

YouTube Hadirkan Fitur Messaging dan Speed Control

Cara Mudah Memblokir Komen Spam yang Mengganggu di Youtube

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts