Diperbaharui pada Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:45

Thunderbolt Generasi Terbaru Intel Tawarkan Kecepatan Hingga 120 Gbps

Intel Thunderbolt Generasi Terbaru Tawarkan Kecepatan Hingga 120 Gbps
Baru-baru ini Intel telah mendemonstrasikan prototipe awal Thunderbolt generasi terbaru, sejalan dengan perilisan spesifikasi USB4 v2 di ajang USB Implementers Forum.

Thunderbolt generasi terbaru ini mampu menghadirkan bandwith dua arah dengan kecepatan 80 gigabit per detik (Gbps) dan mampu mencapai kecepatan hingga 120 Gbps untuk menghasilkan pengalaman display terbaik. 

Kemampuan yang diberikan oleh teknologi baru ini mencapai tiga kali lipat kemampuan teknologi yang ada pada saat ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembuat konten dan gamer yang terus meningkat. Meski begitu, Intel tetap mempertahankan kompatibilitas Thunderbolt terbaru itu dengan versi Thunderbolt dan USB sebelumnya.

Menurut Jason Ziller, General Manager of the Client Connectivity Division at Intel, Intel selalu menjadi pelopor dan pemimpin industri untuk solusi konektivitas kabel, dan Thunderbolt sekarang telah menjadi port yang mainstream pada mobile PC dan terintegrasi ke dalam tiga generasi mobile CPU Intel.

“Kami senang sekali bisa memimpin industri ke depan dengan Thunderbolt generasi terbaru yang dibangun berbasis spesifikasi USB4 v2, yang dikembangkan ke generasi berikutnya oleh Intel dan para anggota USB Promotor Group lainnya,” ujar Jason Ziller.

Peningkatan Kemampuan Hingga 3x Lipat

Intel Thunderbolt Generasi Terbaru Tawarkan Kecepatan Hingga 120 Gbps
Demonstrasi prototipe ini menandai tonggak sejarah dalam perjalanan untuk menghadirkan Thunderbolt generasi terbaru di industri. Kebutuhan bandwidth pembuat konten dan gamer telah meningkat secara signifikan sebab mereka membutuhkan display beresolusi tinggi, visual berlatensi rendah, dan melakukan backup atau transfer file video dan data berukuran besar. 

Thunderbolt generasi terbaru akan menghadirkan hingga tiga kali lipat kemampuan Thunderbolt 4 dan membuat aktivitas kreasi konten dan gaming menjadi lebih efisien dan imersif.

Selain mendukung versi terbaru USB4, Thunderbolt generasi terbaru akan mencakup peningkatan di berbagai bidang termasuk :

  • Dua kali total bandwidth Thunderbolt 4, yaitu mampu mencapai 80 Gbps, serta mampu mencapai 120 Gbps, yang merupakan tiga kali bandwidth sebelumnya, untuk penggunaan-penggunaan yang menampilkan video secara intensif.
  • Mendukung DisplayPort 2.1 yang baru dirilis, untuk menghadirkan pengalaman display terbaik.
  • Dua kali data throughput PCI Express untuk penyimpanan dan grafis eksternal yang lebih cepat.
  • Dengan teknologi signaling terbaru, generasi terbaru ini bisa bekerja dengan kabel pasif yang ada berukuran hingga 1 meter.
  • Kompetibel dengan Thunderbolt, USB dan DisplayPort, versi sebelumnya.
  • Didukung oleh program pemberdayaan dan sertifikasi dari Intel. 

Bagaimana Thunderbolt Menggerakkan Industri

Intel Thunderbolt Generasi Terbaru Tawarkan Kecepatan Hingga 120 Gbps
Dengan visi untuk membuat Thunderbolt tersedia untuk semua orang, Intel menyumbangkan spesifikasi protokol Thunderboltnya ke USB Promoter Group pada 2019, yang menjadi dasar untuk USB4. Sebagai pemimpin dalam grup industri ini, Intel telah mengangkat kinerja USB4 ke level yang lebih tinggi.

Intel memiliki sejarah panjang dalam memimpin inovasi I/O di industri. Intel bekerja sama dengan mitra manufaktur PC, aksesori, dan kabel untuk menghadirkan solusi konektivitas kabel paling canggih dan paling lengkap melalui program pemberdayaan dan pengujian khusus. 

Semua produk Thunderbolt menjalani pengujian sertifikasi yang ketat, dan setelah lolos baru dapat menggunakan nama dan logo Thunderbolt yang bebas royalti di perangkat atau dalam pemasaran mereka.

Itulah sebabnya logo Thunderbolt menjadi indikator yang sederhana dan mudah dikenali tentang solusi konektivitas kabel terbaik untuk PC dan aksesori.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2072 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.