Diperbaharui pada Rabu, 21 September 2022 | 12:00

Penjualan Wearable Turun, Apple Masih Mendominasi

Penjualan Wearable Turun, Apple Masih Mendominasi
Penjualan perangkat wearable turun 6,9 persen year over year pada kuartal kedua 2022. Dimana Apple masih terus mendominasi pasar wearable dengan 25 persen pada Q2 2022.

Menurut analis IDC, Bahkan pasar wearable lebih buruk dari gelang pintar (wristband), permintaan turun 20 persen pada tahun 2021 dan kemudian turun lebih dalam pada paruh pertama tahun 2022.

Meski 107,4 juta perangkat telah diproduksi, IDC yakin permintaan wearable telah tertekan oleh inflasi, kekhawatiran resesi, dan peningkatan pengeluaran untuk kategori non-teknologi lainnya.

"Sangat disayangkan bahwa perusahaan seperti Apple, Samsung, dan Google sedang meluncurkan lebih banyak jam tangan pintar premium pada saat selera untuk produk dengan harga tinggi masih dipertanyakan," kata Jitesh Ubrani, manajer riset untuk IDC Mobility and Consumer Device Trackers.

Ia juga menambahkan, meskipun harga pada beberapa produk baru tetap sama dengan generasi sebelumnya, namun kekuatan dolar AS membuat pembelian lebih sulit dalam mata uang lokal di seluruh dunia.

IDC juga percaya jika pengiriman perangkat wearable akan datar pada tahun 2022 pada kisaran 535,5 juta unit. Sedangkan dari sisi pangsa pasar, Apple terus mendominasi dengan 25 persen pada Q2 2022.

Lalu Samsung, Huawei, dan Xiaomi semuanya memiliki pangsa pasar yang sama.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1938 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.