Diperbaharui pada Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:20

Masih Ada Bug, Apple Tunda Peluncuran iPadOS 16

Masih Ada Bug, Apple Tunda Peluncuran iPadOS 16Foto: Apple

Apple dilaporkan menunda peluncuran iPadOS 16 hingga Oktober 2022. Penundaan ini memungkinkan Apple untuk memperbaiki beberapa bug di iPadOS generasi terbaru.

Bloomberg melaporkan bahwa Apple mungkin berencana untuk menunda peluncuran iPadOS 16 karena masih terdapat masalah dengan fitur Stage Manager di iPadOS 16. Stage Manager merupakan fitur baru yang akan hadir di iPadOS 16.

Fitur Stage Manager menawarkan pengalaman multi-window seperti di Mac untuk iPad. Hanya saja, fitur baru ini masih dalam tahap pengembangan. Dan Apple masih bekerja untuk memperbaiki bug tersebut.

Fitur Stage Manager yang ada di iPadOS 16 sendiri akan terbatas pada model iPad yang ditenagai chipset M1. Jadi iPad dengan versi yang lebih lama tidak dapat mendapatkan fitur baru tersebut.

Adanya penundaan ini berdampak pada melesetnya jadwal perilisan untuk iPadOS dan iOS. Pasalnya, sejak menjadi sistem operasi terpisah untuk iPad, iPadOS terikat dengan rilis iOS.

Dengan perubahan jadwal pembaruan pada bulan Oktober berarti software terbaru tersebut akan diluncurkan berdekatan dengan peluncuran iPad baru. Dimana Apple diperkirakan akan meluncurkan iPad Pro dengan chipset M2 akhir tahun ini.

iPadOS 16 sendiri diumumkan bulan Juni lalu di event Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2022 berbarengan dengan iOS 16, macOS Ventura, WatchOS 9, dan perangkat lunak Apple lainnya.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1818 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.