Diperbaharui pada Kamis, 23 Juni 2022 | 16:15

Samsung Perkenalkan ISOCELL HP3, Sensor Kamera 200 MP Terkecil

Samsung Perkenalkan ISOCELL HP3, Sensor Kamera 200 MP TerkecilSensor ISOCELL HP3, Foto: Samsung

Samsung Electronics telah memperkenalkan sensor kamera 200 MP terbaru yang menggunakan beberapa piksel terkecil. Sensor ISOCELL HP3 ini diklaim memiliki piksel terkecil di industri. 

Kelebihan dari penggunaan piksel berukuran kecil ini memungkinkan hp tetap memiliki bodi yang ramping. Sensor ini memiliki ukuran 1/1.4-inci yang terbilang besar untuk hp tetapi sangat kecil untuk sensor 200 megapiksel. 

Seperti yang dilansir dari Engadget, sensor ini juga memiliki piksel berukuran 0,56 mikron yang 20 persen lebih kecil dari ISOCELL HP1 yang diluncurkan tahun lalu dengan ukuran piksel 0,64 mikron. 

Samsung mengklaim ini merupakan ukuran piksel terkecil yang ada di industri. Namun kenyataannya produsen Cina, Omnivision, pada bulan Februari lalu telah meluncurkan sensor 200 MP dengan ukuran piksel 0,56 mikron yang sama.

Terlepas dari itu, sensor HP3 ini mengemas teknologi  canggih, seperti kemampuan fokus otomatis di setiap piksel. Dimana Setiap piksel memiliki kemampuan deteksi fokus otomatis dan teknologi "Super QPD" menggunakan lensa tunggal di atas empat piksel yang memungkinkan fokus otomatis lebih cepat dan akurat. 

Sensor ini juga dapat menggabungkan empat piksel 0,56 mikron ke dalam sensor 50 megapiksel 1,12 mikron yang lebih besar untuk kemampuan cahaya rendah yang lebih baik, atau bahkan menggabungkan 16 piksel menjadi satu ukuran 2,24 mikron. 

Selain mampu menghasilkan foto beresolusi tinggi, sensor ini juga memiliki kemampuan melakukan perekaman video 8K pada 30fps dan 4K pada 120fps.

Sensor 200 MP dari Samsung juga menawarkan kedalaman warna 14-bit (4 triliun warna), empat kali lipat kedalaman 12-bit dari sebagian besar sensor hp.

Samsung sendiri akan mulai memproduksi massal sensor 200 MP tahun ini, dan diperkirakan akan digunakan pada hp tahun 2023.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1717 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.