Diperbaharui pada Minggu, 20 Februari 2022 | 16:20

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Samsung termasuk salah satu vendor yang sangat produktif dalam merilis perangkat tablet. Awal tahun 2022 ini saja mereka sudah meluncurkan beberapa tablet terbaru, salah satu diantaranya Samsung Galaxy Tab A8.

Menurut Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Galaxy Tab A8 dihadirkan untuk memudahkan keluarga dalam mengerjakan bermacam aktivitas sehari-hari, mulai dari belajar, menikmati hiburan, sampai dengan menikmati quality time bersama keluarga. 

Itu sebabnya, banyak fitur menarik yang sudah diusung Galaxy Tab A8, seperti penggunaan layar besar seluas 10,5 inci serta kapasitas memori internal hingga 128 GB yang dapat diperbesar hingga 1TB. Sangat ideal untuk menyajikan pengalaman hiburan hingga multitasking dan sharing.

Yang menarik, tab Samsung terbaru ini sudah dibekali baterai 7.040 mAh untuk penggunaan yang lebih lama. Selain itu masih banyak fitur-fitur lain yang sangat berguna untuk menemani aktivitas pengguna.

Nah, baru-baru ini tim Pricebook kedatangan Samsung Galaxy Tab A8. Bagi yang penasaran, saya akan coba informasikan apa saja isi box dan juga spesifikasi singkat dari tab terbaru dari Samsung ini.

Isi Box Samsung Galaxy Tab A8

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Box Samsung Galaxy Tab A8 cukup simpel dengan tulisan Galaxy Tab besar dan gambar dari si tablet plus nama serinya yaitu Galaxy Tab A8. Di bagian sisi-sisi samping juga ditemukan tulisan Samsung dan juga Galaxy Tab A8.

Termasuk stiker yang berisi spesifikasi singkat perangkat yang menunjukkan nomor seri, warna, kapasitas RAM dan penyimpanan internal serta beberapa informasi lain. Untuk Galaxy Tab A8 yang saya pegang merupakan versi LTE dengan varian RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 128 GB.

Oiya, selain versi LTE, Samsung Galaxy Tab A8 juga hadir dalam versi Wifi yaa. Dimana untuk versi Wifi sendiri dibekali RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Jadi Anda bisa memilih sesuai pada kebutuhan dan keuangan yang dimiliki. Karena selisih harga keduanya cukup lumayan.

Lanjut ke dalam isi box. Saat dibuka, akan didapati unit Galaxy Tab A8 yang terbungkus sebuah cover. Dibawahnya ada dua kompartemen kecil yang berisi charger, kabel USB Type C, SIM ejector dan buku panduan. Selain itu, tidak ada tambahan lain.

Kesan Pertama Saya

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Hal pertama yang membuat saya cukup terkesan adalah Galaxy Tab A8 punya bentuk yang tipis, ketebalannya hanya berkisar 6,9mm saja. Ini diluar perkiraan saya yang mengira perangkat akan sedikit tebal karena penggunaan baterai yang kapasitasnya mencapai 7.040 mAh.

Dengan bentuk yang tipis seperti ini, unit Galaxy Tab A8 memang terasa nyaman untuk digunakan. Bobotnya sekitar  508 gram yang terbilang masih standar untuk ukuran sebuah tablet berukuran 10,5 inci. Hanya saja harus berhati-hati, karena permukannya cukup licin sehingga cukup rawan terlepas saat dipegang.

Galaxy Tab A8 sendiri memiliki layar yang berukuran 10,5 inci, sebuah ukuran yang ideal untuk tablet. Saya pribadi memang lebih suka tablet 10,5 inci karena ukurannya pas, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Bisa menjadi perangkat alternatif selain laptop.

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Layar ini juga tampil apik berkat penggunaan resolusi WUXGA 1920 x 1200 pixel. Artinya kita masih bisa menonton film yang memiliki resolusi Full HD. Saat menjajal membuka Youtube, video yang ditampilkan terlihat cukup jernih dan tajam, termasuk fungsi sentuhan layarnya yang terasa responsif.

Galaxy Tab A8 juga memiliki port yang cukup lengkap, mulai dari port charging berjenis type C, jack audio 3,5mm serta slot sim card. Oiya, untuk slot sim card di Galaxy Tab A8 berjenis dual sim hybrid, dimana kita bisa menggunakan 2 kartu sim bersamaan, atau memakai 1 sim dan 1 microSD.

Yang juga menarik perhatian saya adalah keberadaan 4 buah speaker di perangkat ini. Dimana Samsung meletakkan 2 speaker di sisi kanan dan 2 speaker di sisi kiri. Speaker ini juga di dukung teknologi Dolby Atmos. Saat dicoba, audio yang keluar dari 4 speaker ini memang terdengar jernih dan lantang.

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Lanjut ke kamera, dimana Samsung menyediakan 1 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP yang diletakkan di pojok kanan bagain atas perangkat.

Hanya saja, kamera belakang ini agak sedikit menonjol yang berisiko lecet atau bahkan rusak saat perangkat diletakkan di atas permukaan yang keras, seperti meja atau lainnya.

Sedangkan kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP posisinya ada ditengah atas saat tablet diposisikan horizontal. Sayangnya, saya tidak melihat adanya dukungan lampu flash untuk kameranya.

Hands On Samsung Galaxy Tab A8 (2022), Tipis Baterai Besar
Bagaimana spesifikasinya? Samsung Galaxy Tab A8 ditenagai prosesor Unisoc Tiger T618. Bagi yang belum tau, Unisoc merupakan perusahaan asal China yang memproduksi chipset dengan nama Unisoc. Dulu, chipset Unisoc dikenal dengan Spreadtrum sebelum diakuisisi oleh Tsinghua Unigroup.

Prosesor ini akan disokong RAM 3 GB dan memori internal 32 GB (wifi) dan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB (LTE). Sedangkan dari sumber daya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Tab A8 menggunakan baterai berkapasitas 7.040 mAh.

Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy Tab A8 sebenarnya juga dibekali banyak fitur yang menarik. Seperti Multi-Active Window yang memungkinkan membagi dua aplikasi dalam satu layar, Samsung kids, App pairs serta dukungan pada Galaxy ecosystem yang membuat tablet ini bisa terhubung ke perangkat Galaxy lain.

Nah, itulah beberapa spesifikasi yang ada di Samsung Galaxy Tab A8. Untuk mengetahui performanya, tunggu ulasan review Samsung Galaxy Tab A8 selengkapnya di Pricebook yaa.

Kriteria Spesifikasi
OS Android
SIM Slots 2 slot(s)
Screen Size 10.5 inch
Screen Resolution 1920 X 1200 Pixel
Resolusi Kamera 8 MP
Secondary Camera 5
Chipset Unisoc Tiger T618
Processor Core Octa Core
RAM 4 GB
Internal 128 GB
USB Type C USB 2.0
Battery 7040 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.