Diperbaharui pada Senin, 24 Januari 2022 | 09:08

TCL QLED 4K 43Q275, Smart TV 43 inch Pertama dengan Google TV

TCL QLED 4K TV 43Q275

Setelah sukses menghadirkan seri TV TCL Q725 ukuran 50, 55 dan 65 inch lengkap dengan Sistem Operasi Android 11.0.

TCL hadirkan TCL 43Q725 yaitu TV QLED 4K HDR 43 inch yang sudah dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos. Selain ukurannya lebih kecil, yakni 43 inch, keluarga baru Q725 ini hadir lengkap dengan Google TV sebagai sistem operasinya.

“TCL 43Q725 menjadi TV QLED TCL pertama yang menggunakan Google TV, hal ini akan memberikan pengalaman yang benar-benar baru sehingga produk kami mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perkembangan teknologi terkini,” kata Peter Chen, General Manager TCL Indonesia.

“TCL tanpa tanggung-tanggung berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang imersif (benar-benar seperti nyata) dan memberikan teknologi yang tercanggih dan terkini,” imbuhnya.

Desain minimalis yang indah pada TCL 43Q725 dilengkapi dengan bingkai tipis berbahan logam untuk memastikan bahwa layar TV akan terlihat lebih maksimal.

Lebih Tajam dengan Quantum Dot dan HDR 10+

TCL QLED 4K TV 43Q275

TCL 43Q725 menawarkan visual profesional 4K dan HDR 10+ 4 juta piksel dengan teknologi Quantum Dot yang menghadirkan kualitas tampilan detail menakjubkan.

Quantum dot display adalah perangkat tampilan yang menggunakan quantum dot, nanocrystals semikonduktor yang dapat menghasilkan cahaya merah, hijau, dan biru monokromatik murni.

TV TCL 4K ini bereproduksi dalam detail yang menakjubkan dalam semua nuansa cahaya, warna alami untuk pengalaman menonton yang benar-benar nyata melalui 3.840 x 2.160 piksel (4 kali jumlah piksel di TV Full HD).

Teknologi Quantum Dot Display pada layar TCL 43Q725  mampu hasilkan 100% volume warna yang lebih baik. TCL 43Q725 memiliki kualitas lebih dari satu miliar warna yang menjadikan pencitraannya tampak alami dan lebih halus.

Rentang normal LED UHD adalah sekitar 70 - 80 % warna dalam layar, sedangkan QLED pada layar TV TCL 43Q725 menampilkan hampir 100% saturasi warna DCI P3.

Tak berhenti sampai disitu, TCL juga menyematkan teknologi HDR 10+ pada TV 4K 43Q725 yang mampu mengoptimalkan kualitas gambar untuk layar Ultra HD 4K dengan menggunakan pemetaan nada dinamis untuk mencerminkan variasi frame demi frame dalam kecerahan, saturasi warna, dan kontras.

HDR10+ memperbarui HDR10 dengan menambahkan metadata dinamis yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan secara lebih akurat hingga kecerahan maksimum 4.000 nits berdasarkan adegan-demi-adegan atau frame-demi-frame dan mendukung kedalaman warna hingga 10-bit.

Tak hanya itu, seri QLED Google TV ini menggunakan teknologi pemrosesan gambar bergerak MEMC (Motion Estimation Motion Compensation).

MEMC memastikan gambar dan suara yang lebih tajam, tidak buram, dan stabil selama olahraga dan adegan yang bergerak cepat dan penuh aksi, menciptakan pengalaman yang lebih imersif (benar-benar seperti nyata).

Dukungan Teknologi Dolby

TCL QLED 4K TV 43Q275

TCL 43Q725 didukung dengan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos sehingga mampu memberikan pengalaman sinematik berkualitas tinggi dengan gambar dinamis dan audio yang imersif.

Dolby Vision adalah teknologi canggih yang menggabungkan High Dynamic Range (HDR) dengan kemampuan warna cerah untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik.

Ini membuat tampilan gambar pada layar TCL 43Q725 terlihat lebih jelas dengan kecerahan, kontras, warna, dan detail yang luar biasa. Perpaduan Dolby Vision dan juga HDR10+ jadikan TV TCL 43Q725 ini makin apik dalam urusan kualitas detail, warna, dan ketajaman.

TCL 43Q725 juga didukung oleh Dolby Atmos, yang menempatkan suara dalam ruang multi-dimensi. Keberadaan Dolby Atmos seolah menempatkan pengguna di tengah-tengah sebuah aksi olahraga, TV, film, atau video game.

Dengan Dolby Atmos, suara yang dihasilkan bergerak ke seluruh ruangan dengan kualitas sangat realistis, jernih, dan tentunya detail yang dihasilkan lebih terasa di telinga.

Dolby Atmos dapat mengubah ruangan menonton menjadi tempat yang luar biasa untuk hiburan. TCL 43Q725 mampu mendukung suara hingga 5.1 saluran.

TCL 43Q725 juga memiliki sistem suara tingkat teater yaitu soundbar ONKYO (lebih dari 70 tahun sebagai home-theater profesional dan sebanyak 7 kali dinobatkan sebagai home-theater terbaik di dunia).

Makin Canggih dengan OS Google TV dan Fitur Lengkap

 TCL 43Q725

Demi lebih memanjakan serta memenuhi permintaan pasar yang semakin gencar dengan keinginan untuk memiliki sebuah paket Smart TV yang komplit dengan gambar cerah dan fitur lengkap, TCL hadirkan beragam fitur konektivitas terbaik dalam tubuh 43Q275.

Untuk streaming lebih cepat dan lebih stabil, 43Q725 memiliki fitur Wi-Fi dual-band 2.4Ghz + 5Ghz. HDMI 2.1 pada 43Q725 mendukung resolusi video yang lebih tinggi dan kecepatan refresh yang lebih cepat, dengan kecepatan dan kapasitas transmisi yang lebih besar - membawa TV dan game ke level yang lebih baik.

Hadir dengan OS Google TV terbaru, sehingga pengguna mendapatkan tampilan yang lebih fresh dibandingkan dengan Android TV lain. Hal ini juga menjadikan TCL 43Q725 sebagai Smart TV 43 inch pertama yang menggunakan OS Google TV.

Adanya OS Google TV terbaru ini juga mempermudah pengoperasian, lebih mulus dan respon lebih cepat pada TCL 43Q725.

OS Google TV sendiri diketahui merupakan sebuah pengembangan terbaru dari Sistem Operasi Android yang dikhususkan untuk SmartTV. Antarmuka TCL-Channel yakni Amati UI juga dibuat lebih fresh dan intuitif.

Secara keseluruhan TCL merancang 43Q725 ini dengan menggabungkan konten lokal dan internasional. TCL juga memberikan rekomendasi personalisasi termasuk film, acara TV, game, dan aplikasi dalam sistem SmartTV TCL 43Q725.

TCL 43Q725 mendukung game cloud online, dan tidak perlu ada konsol game tambahan. Selain itu, 43Q725 juga memiliki akses ke game pihak ketiga, pengguna dapat bermain game dengan ponsel atau gamepad pihak ketiga.

Fitur lainnya seperti Gallery, TWS Auto Connect Earphones, Hands-Free Voice Control 2.0, Mirroring, MagiCconnect, AIxIoT (TCL Home Google Assistant / Alexa), Family Memo, serta Google Duo juga sudah dapat dinikmati di TCL 43Q275 ini.

Terlebih lagi ada pilihan fitur anak yang bisa disesuaikan penggunaannya untuk anak-anak di rumah sehingga lebih aman dan orang tua tidak perlu khawatir lagi.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk 43Q725
Screen Size 42.5 inch
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
Aspect Ratio 16:9
Berat 8.4 kg
Dimensi 1145 X 133 X 665 mm
Teknologi Layar UHD
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kelengkapan dan Ketersediaan

TCL 43Q725

Ini yang seru, TCL bekerja sama dengan Vidio yang merupakan perusahaan OTT (Over the Top) yang menyediakan layanan streaming terlengkap di Indonesia.

Terhubung langsung dengan 51 TV Streaming, 29 Radio Streaming, dan juga ribuan konten Serial dan Film Indonesia, Korea, Thailand, China, drama Korea, dan drama Thailand.

Vidio juga memproduksi Original Series mulai dari genre thriller Paradise Garden sampai genre drama romance Jingga & Senja.

Kemudian untuk para pecinta sports bisa menyaksikan pertandingan olahraga mancanegara BRI Liga 1 sampai pertandingan international Champions League serta Vidio adalah official partner pertandingan basket IBL Tokopedia 2022 dan voli PLN Mobile Proliga 2022.

Setiap pembelian 43Q725 pada periode hingga 31 April 2022 akan mendapatkan GRATIS Vidio Platinum untuk dapat mengakses seluruh tayangan premium di Vidio tanpa batas selama 90 hari.

Pengguna dapat menemukan aplikasi Vidio di TCL 43Q725 Google TV pada homescreen dan cukup menginstalnya sekali untuk bisa menikmatinya. Mulai tanggal 25 Januari 2022, TV 43Q725 ini akan launching perdana di online hanya di Lazada dan di offline store hanya di Electronic City.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.