Diperbaharui pada Jumat, 18 November 2022 | 17:35

10 Smart TV dan Android TV Terbaik Harga Murah di 2022

Smart TV yang Harganya Murah
Selain menggunakan gadget seperti hp, laptop, ataupun tablet, menonton Youtube atau streaming film kini bisa dilakukan langsung melalui  TV, syaratnya Anda harus memiliki sebuah smart TV.

Sesuai namanya, smart TV adalah ‘TV pintar’ yang berbeda dari TV biasa. Salah satu perbedaan smart TV dan TV biasa yang paling signifikan adalah keberadaan koneksi wifi.

Sehingga kita bisa terhubung ke internet untuk menikmati streaming film di Netflix, vidio, iFlix atau nonton Youtube langsung dari TV.

Layaknya sebuah hp, smart TV juga memiliki user interface. Beberapa merk smart TV memiliki UI sendiri. Yang menarik, ada juga TV yang menggunakan OS Android. Lalu apa bedanya smart TV dengan Android TV?

Secara fungsi sama, namun ada beberapa perbedaan keduanya. Berikut sedikit perbedaan smart TV dan Android TV :

- Smart TV dilengkapi dengan koneksi Wifi yang bisa terhubung ke internet. Jadi pengguna dapat menonton film atau streaming film melalui situs atau beberapa layanan streaming tertentu.

Selain itu, smart TV juga umumnya sudah mengintegrasikan Youtube dan bisa langsung digunakan. Beberapa merk smart TV juga menggunakan sistem operasi sendiri. Seperti smart TV Samsung dengan sistem operasi Tizen, lalu smart TV LG berjalan dengan webOS.

- Android TV bisa dibilang menjadi generasi terbaru dari smart TV. Pasalnya Android TV juga dilengkapi koneksi Wi-fi yang bisa terhubung ke internet. 

Bedanya, Android TV memiliki sistem operasi Android yang mirip dengan hp. Artinya, Android TV memiliki Google Play Store dan bisa menginstal aplikasi layaknya sebuah hp. Bahkan beberapa Android TV bisa menggunakan perintah suara Google Assistant melalui remote.

Dan seriring perkembangannya, smart TV dan Android TV sudah semakin banyak bermunculan. Menariknya, harga smart TV dan Android TV kini semakin terjangkau. Dalam pemantauan Pricebook, harga smart TV termurah sekarang ada di kisaran 1 jutaan.

Jika Anda sedang mencari sebuah smart TV atau Android TV yang harganya murah, Pricebook akan berikan rekomendasinya. 

Rekomendasi Smart TV dan Android TV

Berikut daftar rekomendasi smart TV dan Android TV harga murah yang ada dipasaran.

1. TCL 32S62

TCL 32S62Menjadi smart TV harga murah pertama yang bisa dilirik. Smart TV TCL 32S62 hadir dengan body tipis dan berbekal layar berukuran 32 inci. Menjadi bagian dari smart TV dibawah 2 juta, TCL 32S62 menghadirkan berbagai aplikasi hiburan yang bisa diakses secara mudah.

Mengenai kinerja dari smart TV Smart TV TCL 32S62 tidak perlu diragukan karena telah mengadopsi prosesor quad core.

Sebagai smart TV desain Smart TV TCL 32S62 tidak kalah dengan merk lainnya, elegan dan cukup slim untuk ditempatkan di ruang keluarga. Bagi Anda yang hobi bermain game, smart TV ini juga cukup baik untuk menghadirkan grafis yang maksimal.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 32 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Aspect Ratio 16:9
Wi-Fi Tidak
HDMI 2 Port(s)
USB 1 Port(s)
Active HDR Ya
Speaker Tidak
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Mi TV 4A

Xiaomi Mi TV 4ASmart TV Xiaomi ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dari produsen televisi lainnya. Pada Xiaomi Mi TV 4A menghadirkan layar HD LED yang menawarkan detail warna yang lebih nyata.

Untuk suara mengadopsi speaker 8w x 2 powerful stereo speaker yang lebih kencang dan jelas. Mode drop-down tanpa batas juga menjadi kelebihan.

Dilengkapi pula dengan remote 12 tombol yang canggih membuat aktivitas menonton Anda lebih mudah dan juga nyaman. Smart TV Xiaomi ini juga dilengkapi dengan google voice search yang memudahkan untuk mendapatkan hiburan hanya dengan suara.

Tentunya Anda juga bisa browsing mencari hiburan atau informasi yang diinginkan. Untuk konektifitas pada TV Xiaomi ini tidak perlu diragukan lagi.

Dengan segala teknologi yang ada pada Mi TV 4A harga yang ditawarkan termasuk paling murah, hanya 2 jutaan. Bahkan smart TV ini memiliki harga yang lebih murah dari LED TV biasa.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 32 inch
Screen Resolution 1366 x 768 Pixel
Aspect Ratio -
Wi-Fi Ya
HDMI 3 Port(s)
USB 2 Port(s)
Active HDR Tidak
Speaker Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. TCL 32A3

TCL 32A3TCL 32A3 hadir dengan layar berukuran 32 inci dan sudah memiliki resolusi FHD. Tentunya akan menawarkan tampilan gambar yang jauh lebih tajam dan detail.

Saat menonton juga akan dimanjakan dengan output audio surround 5,1 yang didukung teknologi Dolby. Sumber Daya listrik nya juga cukup rendah, hanya membutuhkan daya sebesar 50W saat aktif dan 0.5W saat standby.

Oiya, TCL 32A3 merupakan smart TV yang sudah berjalan dengan Google Android TV. Jadi bisa digunakan untuk menonton Youtube dan internetan. 

Tersedia pula TCL TV store versi terbaru yang menawarkan lebih dari 300 aplikasi, termasuk video, sosial media hingga game. Serunya, TV ini juga sudah mendukung siaran digital.

Kriteria Spesifikasi
Type LED
Smart TV Ya
Screen Size 32 inch
Teknologi Layar FHD
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
HDMI 2 Port(s)
USB 1 Port(s)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. CooCaa 32S5C

CooCaa 32S5CCooCaa 32S5C menjadi salah satu smart TV murah yang juga sudah mendukung siaran TV digital DVB-T2. Saat ini, harga smart TV ini ada dikisaran 2 jutaan.

TV CooCaa berlayar 32 inci berjalan dengan Android 9.0 yang mendukung Google Voice, Netflix hingga YouTube. Layarnya sendiri memiliki resolusi HD 1024x768 pixel.

Dibagian belakangnya terdapat beberapa port seperti port USB 2.0 sebanyak 2 buat serta port HDMI1.4 yang juga tersedia 2 buah. Pastinya akan memudahkan untuk koneksi dengan perangkat lain.

Daya yang dibutuhkan TV digital ini berkisar 60W, masih cukup rendah dan tidak membuat tagihan listrik membengkak. Performanya ditenagai prosesor Mali 470 Triple core.

Kriteria Spesifikasi
Type OLED
Smart TV Ya
Screen Size 32 inch
Teknologi Layar SUHD
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
4K Ya
HDMI 2 Port(s)
USB 2 Port(s)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. realme Smart TV

realme Smart TVrealme Smart TV hadir dengan dua ukuran, yakni 43 inci dan 32 inci. Masing-masing memiliki tingkat resolusi yang berbeda, untuk ukuran 32 inci (80 cm) memiliki resolusi 1366 x 768 dan FullHD 1920 x 1080 untuk ukuran 43 inci (108cm).

Kedua varian ukuran ini menampilkan desain bezel-less, bahkan jauh lebih tipis dari smart TV pada umumnya. Daya tarik dari realme smart TV ada pada fitur Chroma Boost Picture Engine untuk meningkatkan warna dan kecerahan pada layar.

Secara audio realme Smart TV sudah mendukung 24W Quad Stereo Speakers, dengan dua set speaker terletak di bagian bawah TV. Di dukung Dolby Audio untuk menghasilkan suara yang realistis dan nyaman untuk menonton film di Netflix, YouTube, dan masih banyak lagi.

Selain itu, platform video, musik, film, dan beberapa platform lain pendukung hiburan dapat diunduh melalui PlayStore, dengan lebih dari 5.000 aplikasi tersedia yang dapat digunakan di realme Smart TV.

Kriteria Spesifikasi
Type LED
Smart TV Ya
Screen Size 32 inch
Teknologi Layar UHD
Screen Resolution 1366 x 768 Pixel
4K Tidak
HDMI 3 Port(s)
USB 2 Port(s)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. LG 32LM630

LG 32LM630Harga smart TV LG 32LM630 memang sedikit lebih mahal tapi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk tampilan gambar sudah menggunakan teknologi Dynamic Color Enhancer dan mendukung teknologi HDR.

 Sehingga memiliki kualitas gambar yang lebih detail meski resolusi masih sebatas HD 1366 x 768 pixel. Menambah keseruan ada Virtual Surround Plus dan Dolby Audio untuk suara yang lebih apik.

Menonton siaran TV digital ataupun Youtube-an makin terasa lengkap dengan audio yang jernih. TV digital ini ditenagai prosesor quad core dengan AI Smart serta berjalan dengan sistem operasi webOS.

Untuk port ada 3 port HDMI (1 dibelakang dan 2 di samping) dan 2 USB 2.0 yang semuanya ada di sisi samping.

Kriteria Spesifikasi
Type LED
Smart TV Ya
Screen Size 32 inch
Teknologi Layar HD
Screen Resolution 1366 x 768 Pixel
HDMI 2 Port(s)
USB 1 Port(s)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. CooCaa 40S5

CooCaa 40S5CooCaa merupakan produsen TV asal jepang yang sudah terkenal di Indoneisa. CooCaa 40S5 adalah Smart TV keluaran produsen asal jepang tersebut. Hadir dengan harga pasaran yang sangat terjangkau CooCaa 40S5 memiliki perfoma yang tidak kalah canggih.

Termasuk dalam Smart TV murah namun Anda bisa menonton TV dengan kualitas layar 4K dan wide viewing angle yang membuat pengalaman menonton Anda lebih maksimal. 

CooCaa 40S5 memiliki tiper layar OLED dan memiliki resolusi 3840 x 2160 pixel. Desain yang sangat modern juga menjadi daya tarik dari Smart TV murah ini karena dapat melengkapi ruangan di rumah Anda menjadi lebih istimewa.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 40 inch
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
Aspect Ratio 16:9
Wi-Fi Ya
HDMI 2 Port(s)
USB 2 Port(s)
Active HDR Ya
Speaker Tidak
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Samsung UA43 N5500

Samsung UA43 N5500Samsung Smart TV UA43 N5500 hadir dalam ukuran layar 43 inci dengan resolusi FullHD 1,920 x 1,080 pixel. Kualitas gambar dari smart TV terbaru dari Samsung ini sudah menggunakan picture engine Hyper Real dan mendukung fitur HDR.

Selain smart, TV ini juga sudah mendukung siaran digital dan mudah untuk terhubung ke perangkat lain. Samsung N5500 juga hadir dengan bezel yang cukup tipis sehingga menawarkan sudut yang lebih lapang.

Sementara untuk port, Samsung menyediakannya dengan cukup lengkap. Semua port ditempatkan di bagian belakang, yang mencakup 2 buah port USB, salah satu diantaranya termasuk satu port USB untuk perangkat HDD.

Samsung menyediakan layanan digital bernama Remote Support yang memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time.

Khusus untuk Samsung Smart TV, tersedia Remote Management yang dapat diakses melalui TV dengan panduan agent Contact Center. 

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 43 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Aspect Ratio -
Wi-Fi Ya
HDMI 1 Port(s)
USB 1 Port(s)
Active HDR Ya
Speaker -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. LG 43UK6300

LG 43UK6300Tidak mau kalah dengan produsen televisi lain, LG menghadirkan Smart TV LG 43UK6300. Dengan tagline “resolusi tinggi dengan gambar tajam” LG 43UK6300 yang merupakan jenis UHD TV menghadirkan resolusi 4 kali lebih baik dibandingkan TV Full HD.

Karena itu gambar yang dihasilkan lebih jernih. TV UHD LG juga mendukung fitur HDR ( High Dynamic Range ) termasuk HDR Pro dan HLG Pro. Fitur tersebut membuat detail gambar lebih halus dan warna yang lebih hidup dengan kontras yang lebih luas.

Pada sistem smart TV LG 43UK6300 dilengkapi dengan ThinQ Al, Magic Remote, 360 VR Play, Magic Zoom yang membuat smart TV lebih istimewa.

Desain LG 43UK6300 lebih slim dengan detail bingkai logam yang modern sangat cocok untuk di taruh pada ruang tamu maupun ruang kerja.

Namun dengan fitur yang canggih lengkap harga smart TV ini tergolong cukup murah dikelasnya. Smart TV LG 43UK6300 dipasarkan dengan harga sekitar 4 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 43 inch
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
Aspect Ratio 16:9
Wi-Fi Ya
HDMI 3 Port(s)
USB 2 Port(s)
Active HDR Ya
Speaker Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Polytron PLD 43AS1558

Polytron PLD 43AS1558Polytron smart TV PLD 43AS1558 memiliki layar berukuran 43 inci dengan resolusi FullHD 1920 X 1080p. Sarana konektivitas secara nirkabel menggunakan dua jaringan yaitu wifi dan bluetooth.

Untuk kinerjanya ditenagai prosesor Amlogic S905X-B dengan memori 2GB dan EMMC flash 8GB. Sebagai system operasinya menggunakan AOSP / FIRA TV besutan dari Polytron sendiri. Selain pintar, TV Polytron terbaru ini juga sudah mendukung siaran digital (DVBT).

Yang menarik, Polytron PLD 43AS1558 sudah berkolaborasi dengan Mola TV yang memberikan free akses untuk siaran liga Inggris kualitas full HD selama musim 2020-2020. Smart TV dari Polytron ini memberikan garansi lima tahun termasuk panel.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 43 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Aspect Ratio 16:9
Wi-Fi Ya
HDMI 2 Port(s)
USB 3 Port(s)
Active HDR -
Speaker -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Itulah beberapa daftar rekomendasi smat TV dan Android TV harga murah yang bisa dibeli. Pilihannya mulai dari smart TV 32 inci hingga smart TV 43 inci. Jadi mau beli smart TV atau Android TV yang mana?

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2001 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.