Diperbaharui pada Rabu, 5 Januari 2022 | 10:50

MSI Luncurkan Laptop Gaming dan Creator dengan Intel H Gen 12

harga laptop msi terbaruFoto: MSI

Micro-Star International (MSI) memperkenalkan jajaran laptop gaming dan content creation terbarunya melalui acara virtual bertajuk MSIology: Gemaverse yang digelar pada Rabu, 5 Januari 2022, dengan menyorot pada performa tinggi dan Meta-Ready.

MSI Gameverse yang diusung di 2022 menjadi fokus utama MSI yang merupakan kombinasi dari desain estetis, performa ekstrem, dan pengalaman yang ramah pengguna. 

Dengan ramainya topik terkait Metaverse dalam beberapa waktu belakangan ini, membuat MSI berharap bahwa vivi MSI Gameverse dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan penggunanya ke Metaverse.

Jajaran laptop terbaru MSI di 2022 menawarkan berbagai fitur canggih seperti CPU Intel® seri H generasi ke-12 terbaru, GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti, dan solusi termal eksklusif MSI.

Spesifikasi ini diharapkan dapat bekerja secara harmonis untuk meningkatkan performa ke level yang baru. Seperti yang diungkapkan oleh Derek Chen, MSI Notebook Worldwide Sales & Marketing Director, “MSI sudah memenuhi tuntutan Metaverse yang sedang melejit dengan menciptakan serangkaian laptop Meta-Ready.”

Stealth GS77

harga laptop msi terbaruFoto: MSI

Di awal tahun 2022 ini, MSI memperkenalkan Stealth GS77 yang merupakan kombinasi antara laptop bisnis dan gaming, yang hadir dengan desain baru yang memindahkan posisi engsel ke tengah.

Selain itu, laptop ini juga menggunakan material yang lebih kokoh, yang dikalim mampu menghasilkan daya tahan hingga 2X lipat dibandingkan model sebelumnya. 

MSI Stealth GS77 memiliki beberapa fitur tambahan yang ditujukan untuk penggunaan bisnis, dengan desain trackpad yang 50% lebih lebar dan keycaps yang 8% lebih besar.

Laptop ini juga dilengkapi dengan pengunci fisik untuk mengaktifkan/menonaktifkan kamera sebagai perlindungan privasi tambahan.

Untuk performanya, laptop MSI Stealth GS77 ditenagai oleh CPU generasi ke-12 terbaru dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. 

Raider GE Series

harga laptop terbaru msiFoto: MSI

Seri laptop Raider GE dari MSI menyorot pada keunggulan performa dengan membawa CPU Intel Core i9 generasi ke-12 terbaru dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi eksklusif MSI OverBoost, yang diklaim mampu menghasilkan kekuatan total (TGP) hingga 220 Watt. Kekuatan tersebut 13% lebih besar dibandingkan dengan merek lain.

MSI dengan yakin menyatakan bahwa laptop Raider GE Series mereka memiliki performa yang setara dengan kemampuan PC Desktop.

Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition

harga laptop msi terbaruFoto: MSI

Berkolaborasi dengan Ubisoft, MSI juga meluncurkan laptop Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition terbaru tahun ini, dengan menawarkan tampilan yang terlihat lebih garang.

Mengacu pada palet dari game Rainbow Six Extraction, laptop ini memiliki desain baru yang menarik dengan corak warna kuning, hijau, dan biru, seolah-olah penggunanya memasuki game tersebut.

MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition didesain secara khusus untuk para penggemar game FPS, dengan dibekali layar hingga QHD 240Hz dan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti yang meningkatkan kekuatan grafis total (TGP) hingga 140 Watt. 

Peningkatan dalam daya ekstra tersebut hampir sebesar 50% dibandingkan rata-rata laptop dengan spesifikasi yang serupa. Hal yang terpenting adalah laptop MSI Crosshair 15 terbaru juga merupakan laptop "Meta Ready".

MSI Creator 17 dan Creator Z16P Terbaru

harga Creator Z16PFoto: MSI

Bicara soal laptop yang mengombinasikan teknologi dan estetika, maka seri MSI Creator 17 dan Creator Z16P terbaru ini menawarkan keunggulan tersebut.

Laptop content creator ini dirancang dengan sasis aluminium yang telah melalui proses CNC dan memiliki layar rasio emas 16:10, desain Creator Z17 menginterpretasikan konsep estetika teknologi dengan sempurna.

MSI Creator Z17 juga dilengkapi dengan card reader UHS berukuran penuh dan mendukung MSI Pen, mejadikannya sebagai laptop 17 inci pertama yang mendukung pen-touch. 

Selain itu, MSI juga memperbarui laptop andalan mereka, Creator Z16, menjadi Creator Z16P, yang dilengkapi dengan solusi pendingin “Vapor Chamber Cooler” eksklusif yang terbaru.

Sistem pendingin ini memungkinkan area pendinginan diperbesar 76% dengan aliran udara 65% lebih banyak, serta mendorong performa hingga 70% lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Laptop MSI Creator Z17 dan MSI Creator Z16P dibekali dengan teknologi True Pixel yang memenuhi standar 100% color gamut DCI-P3 dan akurasi warna kurang dari 2 Delta-E. 

Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi, seri Creator yang baru juga hadir dengan CPU i9 generasi ke-12 terbaru dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. Keduanya juga merupakan laptop "Meta-Ready".

Teknologi dan Fitur

harga laptop msi terbaruFoto: MSI

Hadirnya jajaran laptop terbaru MSI ini juga didukung oleh MSI Center terbaru dengan fitur “Smart Auto” mendeteksi situasi di mana Anda berada, kemudian secara otomatis menyesuaikan sistem ke mode tertentu untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Hadir pula fitur “Ambient Silent AI” yang secara dinamis akan menyeimbangkan kecepatan kipas berdasarkan tingkat kebisingan sekitar dan memberikan performa setinggi mungkin sembari menjaga laptop agar tetap sunyi.

Seluruh jajaran laptop MSI seri gaming dan content creation telah dimutakhirkan sepenuhnya ke CPU Intel seri H generasi ke-12 terbaru dan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti sebagai laptop yang Meta-Ready. 

Pada laptop seri Raider GE dan Stealth GS77, MSI juga memperkenalkan teknologi Phase-Change Liquid Metal Pad. 

Ketika suhu komputer mencapai 58° Celsius (136° F), Phase-Change Liquid Metal Pad akan meleleh dan mengisi ruang antara CPU dan blok termal. 

Transisi fase ini membuat perpindahan panas lebih efisien daripada thermal paste tradisional dan lebih andal daripada liquid metal. 

Melalui teknologi pendingin baru yang inovatif ini, MSI mengklaim bahwa keseluruhan performa laptop yang mengusungnya, dapat meningkat hingga 10%.

Menarik, ya. Kira-kira kapan laptop terbaru MSI ini akan tersedia di Indonesia? Kita tunggu saja!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.