Diperbaharui pada Selasa, 29 Juni 2021 | 17:32

Review MSI Stealth 15M, Laptop Gaming Ramping dengan Dual GPU Premium

MSI Stealth 15M

Masih bingung untuk mencari rekomendasi laptop gaming terbaik yang tetap cocok digunakan sehari-hari? Atau malah kalian lebih memilih menjadikan laptop harian menjadi sebuah laptop gaming dengan meningkatkan kapasitas RAM serta memori penyimpanan?

Pastinya tetap butuh biaya yang tidak sedikit untuk melakukan hal tersebut. Tapi tunggu dulu, kalian pasti mengenal MSI kan?

Belum lama ini MSI menghadirkan sebuah laptop gaming yang lain dari laptop gaming lainnya. Tidak ada lagi aksen tebal, berwajah gahar, atau mungkin memiliki berat berlebih.

Alih-alih menghadirkan model tebal dari sebuah laptop gaming, Micro-Star International menghidupkan karakter gaming dalam bentuk laptop tipis di tubuh MSI Stealth 15M.

Awalnya ketika pertama kali kedatangan produk ini di meja review Pricebook, kami sedikit bingung meskipun MSI pernah memberikan unit review lain dalam bentuk laptop profesional.

Kami mengira ini adalah versi lain dari laptop sebelumnya yang kami review. Tapi menilik dari prosesor dan juga GPU yang digendong, kami langsung menebak ini adalah laptop gaming tipis.

Penasaran, kami langsung jelaskan saja hasil review MSI Stealth 15M laptop gaming baru bertubuh tipis ini.

Dual Graphic Card dalam Tubuh Ramping

MSI Stealth 15M

Secara spesifikasi, Anda akan mendapatkan prosesor Intel Core i7-11375H, chip "Tiger Lake-H" empat core, delapan thread dengan memori 16 GB, GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 Laptop GPU, dan SSD NVMe PCIe 512 GB.

Selain NVIDIA GeForce RTX 3060 Laptop GPU, MSI juga membekali Stealth 15M dengan model GPU Intel Iris Xe terbaru.

Keberadaan dua jenis kartu grafis ini memberikan kelebihan tersendiri bagi Stealth 15M dalam hal performa gambar dan juga tampilan layar. Mengingat model terbaru dari laptop gaming MSI Stealth 15M ini memiliki harga di kisaran Rp25 jutaan, pastinya spesifikasi tersebut cukup menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, MSI menghadirkan MSI Stealth 15M dengan dua varian berbeda. Tapi tenang, perbedaan keduanya hanya terletak pada warna, yakni Carbon Gray unit review kami saat ini dan juga Pure White.

Rangkaian spesifikasi yang dihadirkan MSI kali ini memiliki nilai yang cukup bahkan sangat bagus, mengingat kapasitas SSD terbaru tidak begitu murah saat ini.

Lebih banyak RAM ditambah dengan RTX 3060  Laptop GPU yang merupakan salah satu GPU yang sangat mumpuni di tingkat paling premium dari NVIDIA GeForce seri RTX 3060 Laptop GPU.

Desain Ramping

MSI stealth 15m

Nama Stealth dicerminkan dengan baik lewat balutan desain laptop terbaru MSI Stealth 15M. MSI Stealth 15M hadir dengan gaya yang ramping, ini menjadikannya sebagai laptop gaming low-profile.

Unit yang hadir di meja review kami memiliki balutan Carbon Gray dengan beberapa detail kecil, berhasil membuat MSI menggambarkan sebuah perangkat gaming gahar yang lebih elegan dalam bentuk ramping, ringan, dan berkelas.

Bagi kalian yang mendambakan laptop gaming bergaya casual, MSI Stealth 15M memberikan dimensi 358.3 x 248 x 16.15 mm dengan berat 1.7Kg.

Secara dimensi, ini menjadikan laptop gaming MSI Stealth 15M sebagai laptop 15 inci tertipis di dunia saat ini.

Keberadaan MSI Stealth 15M sebagai laptop gaming tipis terbaru ini menepis anggapan tentang laptop gaming pasti berat dan besar, terlebih lagi anggapan laptop gaming mahal.

Seluruh varian dibekali dengan layar 15.6 inci, dengan demikian Stealth 15M mampu menampilkan resolusi full HD (1080p). Dan yang paling menarik, laptop gaming ramping ini memiliki kecepatan refresh 144Hz.

Kecil, ramping, gahar, tentunya jadi perpaduan yang cocok untuk memainkan segala jenis game tanpa perlu repot memikirkan ruang yang lebih besar.

MSI stealth 15m

Singkatnya, kalian dapat merasakan kenikmatan memainkan game di atas 60fps terutama pada beberapa game AAA. Kualitas gambar yang dihasilkan ciamik, bagus, dengan bezel layar yang tipis membuat bentuk rampingnya makin tampil modern.

Keyboard memiliki landasan yang melengkung sehingga membuat tatanan keypad nya berada sejajar air dengan bodi. Begitu juga dengan Touchpad nya, sedikit jauh menjorok ke dalam dan ini sangat membuat pergerakan tangan menjadi nyaman.

Touchpadnya responsif, bergerak dengan lancar, dan cukup besar untuk ukuran keseluruhan laptop.

Tombol-tombolnya memiliki ukuran yang pas dan terasa nyaman, tidak terlalu lembek. Bentuk tombol yang besar dan datar juga membuat nyaman saat digunakan untuk memainkan game fps.

Termasuk membuat pengalaman mengetik lebih menyenangkan karena dibekali dengan lampu latar RGB selayaknya keyboard gaming pada umumnya.

Bisa Pakai Full VRAM

MSI stealth 15m

Sempat tidak percaya ketika mendengar klaim laptop ini memungkinkan pengguna bisa mendapatkan akses VRAM secara penuh. Tertarik untuk mencari tahu, kami mencoba menggenjot MSI Stealth 15M dengan beberapa game dan aplikasi andalan.

Ada beberapa aplikasi termasuk game yang kami ujikan dengan model tingkatan yang juga berbeda, namun dalam permainannya game ini cukup mampu menguras kerja VRAM dan juga RAM.

Pertama ada Dota 2, game ini mungkin masuk ke salah satu kategori game fps yang lumayan menguras kerja RAM meskipun untuk ukuran RAM yang dimiliki MSI Stealth 15M tidak seberapa.

Hasilnya, jangan ditanya karena ini bisa dilibas secara alami menggunakan laptop MSI ini. Game kedua ada Grand Theft Auto V, termasuk game lawas yang juga masih populer sampai saat ini.

Model Stealth 15M A11UEK-208ID
ID Color Carbon Gray
LCD 15.6" FHD (1920x1080), IPS Level 144Hz Thin Bezel
VGA, VRAM/Chipset RTX3060 Laptop GPU GDDR6 6GB
CPU Tiger Lake i7-11375H
Keyboard RGB Gaming Keyboard
Memory DDR IV 8GBx2 (3200MHz)
Storage 512GB NVMe PCIe Gen3x4 SSD
WLAN Intel Wi-Fi 6 AX201(2x2 ax) + BT5.1
OS Windows10 Home
Battery 3 cell, 52Whr
Warranty 2 Years
Price Rp 25.999.000

Tentunya game ini selain menguras kinerja RAM dan VRAM juga menguras kinerja dari GPU. Beruntung, penggunaan dual GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 Laptop GPU dan juga Intel Iris Xe mampu bertukar secara otomatis dalam kondisi yang tepat untuk hasil performa yang mantap.

Sedikit memberikan gambaran ketika bermain dua game tersebut. Penggunaan VRAM yang maksimal mampu memberikan rasa smooth lebih tinggi ditambah dengan pergerakan fps yang naik 10 persen lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan laptop serupa dikelasnya.

Teknologi ini dikenal dengan Resizable Bar, yang memungkinkan CPU mendapatkan akses penuh ke VRAM GPU untuk hasil kinerja maksimal.

Kita tahu, biasanya penggunaan VRAM dalam sebuah GPU dibatasi sampai 256MB, dan itu sangat tidak maksimal.

Bahkan terkadang menuntut pengguna menggunakan settingan manual untuk graphic card mereka. Tapi dengan adanya Resizeble Bar akses CPU ke VRAM kini tak lagi terbatas. 

MSI Stealth 15m

Ditambah lagi tampilan 144Hz yang dibawa layar MSI Stealth 15M. Hasil gambar yang diperlihatkan menenangkan mata. Warna yang dihasilkan standar tapi cukup hidup ketika bermain GTA V.

Hal tersebut tidak hanya bekerja pada saat bermain game. Kami mencoba beberapa aplikasi editing mulai dari Photoshop hingga Premiere versi CS 2020.

Aplikasi ini seperti yang kita sama-sama tahu, makin meningkat maka makin besar beban yang ditanggung laptop. Terlebih saat ini ada anggapan "Apa Kabar Laptop RAM 4GB? 6GB saja masih kurang".

Menggunakan MSI Stealth 15M rasanya seperti menjadi seorang editor profesional yang bekerja dengan kemewahan. Bahkan mengotak-atik template After Effect pun seperti sedang menggunakan Microsoft Word.

Lancar dan enteng tanpa hambatan, membuat MSI Stealth 15M ini bisa diandalkan juga sebagai laptop mainstream atau profesional.

MSI Stealth 15M

Di tengah pengujian, kami menemukan keunikan lain. Sistem pendingin yang menurut kami sangat baik dan sangat bagus menurut kami.

Panas yang dihasilkan oleh MSI Stealth 15M terdistribusi dengan baik saat sedang memainkan game. Apalagi kami sempat mencoba beberapa aplikasi benchmark yang membuatnya berputar keras.

Keunikannya terletak pada daya panasnya yang hampir tidak terasa di permukaan. Bahkan, di bagian bawah pun aman dari rasa panas, ini yang membuat kami tidak khawatir untuk terkadang memangku MSI Stealth 15M.

MSI Stealth 15m

Ini semua karena lubang sirkulasi hawa panas berada di setiap sisi laptop, meskipun terdapat lubang sirkulasi yang lebih besar di bagian bawah karena sistem yang dinamai Cooler Boost 5 ini sangat nyaman dari kata panas.

Kalian pasti bisa membayangkan sendiri 4 titik lubang sirkulasi, kiri, kanan, belakang, ditambah dengan ventilasi besar dengan tekstur sarang lebah di bagian bawah dan atas lengkap dengan 2 buah kipas 0.1mm, sudah pasti mampu meyakinkan kalian distribusi hawa yang dihasilkan seberapa baik, ya kan?

Bukan Laptop Gaming Biasa

MSI Stealth 15M

Kalian boleh saja menyebut MSI Stealth 15M sebagai laptop gaming tipis pertama di dunia. Tapi tunggu dulu, menurut kami MSI Stealth 15M bukan laptop gaming biasa.

Masa pakai baterai pada MSI Stealth 15M dipastikan sangat baik untuk penggunaan ringan karena MSI Stealth 15M memiliki baterai 52Wh tiga sel.

Tetapi jika Anda berencana untuk bermain game atau mengedit video saat bepergian, Anda perlu membawa daya 150W. Tapi tenang, karena keperluan daya tersebut sudah tersedia pada adapter dalam paket pembelian.

Kami akan sedikit membahas kelengkapan port konektivitas yang dibawa. Meski ukurannya terlihat ramping, namun MSI tidak terlihat pelit dalam menyediakan port dalam jumlah yang cukup banyak.

MSI Stealth 15M

Sisi kiri termasuk port USB 3.1 Tipe-A, slot kartu microSD, dan jack headphone.

Sisi kanan adalah rumah bagi dua port USB Type-C (satu dengan dukungan Thunderbolt 4 , satu lagi hanya DisplayPort-out), koneksi HDMI dengan dukungan 4K 60Hz, dan port USB Type-A 3.1 lainnya.

Dari sini bisa dilihat bentuk keseimbangan opsi port yang bagus, semua tersedia dan tidak ada yang kurang.

Bagian lain yang kami temukan dan tak kalah menarik adalah, klaim 40 Gbps kecepatan transfer.

Ini sangat terbukti ketika kami mencoba mentransfer file game PES 2021 menggunakan Thunderbolt 4 yang disediakan dengan kecepatan transfer tersebut tidak sampai 5 menit terselesaikan, bahkan secara kasar kami bilang "baru saja ditinggal mengambil minum copy file sudah selesai".

MSI Stealth 15m

Oiya, Thunderbolt 4 juga cukup berguna ketika digunakan untuk mengecas hp dengan karakter fast charging. Pengiriman daya 100 Watt sudah dipastikan melampaui adaptor hp fast charging kalian.

Haruskah Membeli MSI Stealth 15M?

MSI Stealth 15M

Secara performa, sudah dipastikan penggunaan NVIDIA RTX 3060 Laptop GPU yang dipadukan dengan prosesor Tiger Lake H Intel Core i7-11375H memiliki daya gedor yang mematikan.

MSI Stealth 15M hadir dengan komposisi terbaik dari sebuah laptop gaming tertipis di dunia, ditambah spesifikasi kelas premium serta harga menengah di angka Rp 25.999.000.

Untuk menikmati Prosesor Intel Gen-11 dengan perpaduan NVIDIA GeForce RTX 3060 Laptop GPU dan juga Intel Iris Xe diharga tersebut bisa dibilang “menang banyak”.

Desainnya menarik dan ramping sehingga nampak elegan, terlebih warna Carbon Gray yang kami terima di meja review sangat mengesankan.

CPU dan GPU lebih dari mampu untuk bermain game 1080p yang solid ditambah dengan fitur Resizable Bar yang dimiliki membuat VRAM mampu dipekerjakan secara maksimal.

MSI stealth 15m

Secara keseluruhan, MSI Stealth 15M adalah laptop gaming yang layak dengan kinerja luar biasa, pengalaman mengetik yang menyenangkan, dan desain yang menarik namun bersahaja.

Jika Anda berencana untuk memiliki dan membeli MSI Stealth 15M, kami sarankan Anda membelinya sekarang sebelum ada kenaikan harga nantinya.

Jika tertarik Anda bisa mengunjungi official store MSI beli laptop MSI Stealth 15M lewat online. Atau Anda mau secara langsung beli laptop MSI Stealth 15M lewat toko offline? Cukup klik tautan, kemudian lanjutkan transaksi.

Kami sangat merekomendasikan laptop ini bagi kalian yang berencana menggunakan laptop untuk beragam jenis tingkatan aktivitas dan juga pekerjaan tanpa perlu repot jika digunakan di berbagai tempat dan lokasi karena masalah dimensi.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.