Diperbaharui pada Rabu, 24 November 2021 | 18:12

Telkomsel Luncurkan IoT Sphere, Sistem Proteksi untuk Korporasi

layanan telkomsel iot sphereFoto: Telkomsel

Telkomsel resmi meluncurkan Telkomsel IoT Sphere sebagai layanan proteksi terhadap ancaman siber yang menyerang korporasi, sekaligus untuk menjawab tingginya kebutuhan layanan berbasis Internat of Things (IoT).

Menurut data dari Telkomsel, keamanan aset dan jaringan untuk segmen enterprise atau korporasi di Indonesia sangat rentan terhadap berbagai serangan siber. Telkomsel IoT Sphere dibuat sebagai sistem security digital yang diharapkan dapat menguatkan proteksi.

Telkomsel IoT Sphere sendiri merupakan sebuah solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan optimal pada jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi secara komprehensif yang dapat menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan.

Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Manulang mengatakan bahwa Telkomsel IoT Sphere dapat membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya.

Sistem ini bekerja dengan mekanisme yang praktis karena dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time.

Telkomsel IoT Sphere dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang meliputi: 

  • Just on Click: Mempermudah platform dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.
  • Security and Threats protection: Database yang berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.
  • Device Agnostic: Memungkinkan platform untuk diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif.
  • Routing & Filtering: Memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga.

Layanan Telkomsel IoT Sphere ini diharapkan dapat menjadi layanan smart security solutions yang dapat diaplikasikan untuk beragam kebutuhan keamanan oleh lintas sektor industri. 

Sektor perbankan dapat memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber seperti phishing maupun ancaman lainnya.

Kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitive.

Selain itu, pelayanan startup dompet digital dapat menggunakannya untuk meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin Electronic Data Capture (EDC).

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

896 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.