Diperbaharui pada Senin, 24 Mei 2021 | 15:17

Siap Hadirkan Jaringan 5G, Telkomsel Perluas Cakupan VoLTE

telkomsel 5gFoto: Telkomsel

Telkomsel mengumumkan perluasan cakupan layanan VoLTE dari 48 kabupaten/kota, menjadi 230 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang pelaksanaannya ditargetkan hingga akhir tahun 2021.

Pengembangan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) diharapkan dapat memberikan pengamanan akses broadband 4G/LTE bernilai tambah sebagai bentuk komitmen Telkomsel.

Rencana jangka panjang ini menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mempercepat peralihan layanan 2G dan 3G ke 4G/LTE, yang diharapkan dapat mengakselerasi penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia saat ini belum memiliki jaringan 5G, sehingga kabar ini perlu disambut dengan baik, apalagi teknologi jaringan VoLTE bisa menjadi medium penting dalam mematangkan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi 5G.

Kehadiran jaringan 5G memiliki keunggulan, diantaranya adalah kemampuan untuk melakukan panggilan berbasis Voice over New Radio (VoNR).

Layanan VoLTE sendiri sudah memberikan beragam kelebihan yang dapat dinikmati oleh pengguna smartphone untuk mengakselerasi gaya hidup digital, di antaranya mampu menyambungkan panggilan lebih cepat dan menghasilkan suara kualitas HD berkat jaringan 4G/LTE.

Selain itu, layanan ini juga memungkinkan peralihan dari panggilan suara ke video call yang lancar dan cepat, yang memungkinkan pengguna smartphone untuk tetap bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain game, saat panggilan berlangsung.

Untuk bisa mengakses layanan VoLTE, pengguna jariangan Telkomsel harus menggunakan USIM 4G, smartphone yang mendukung fitur VoLTE dengan sistem operasi (OS) terbaru, mengatur jaringan smartphone ke VoLTE, dan memastikan sudah berada di area coverage VoLTE.

Kabar ini tentunya menjadi berita yang baik, untuk membuka peluang terbukanya layanan jaringan 5G di Indonesia. Tercatat dalam setahun belakangan ini, pasar Indonesia sudah mulai dibanjiri oleh produk smartphone 5G.

Telkomsel juga dikabarkan telah menjalin kemitraan dengan produsen smartphone yang mendukung teknologi VoLTE, seperti Samsung, Huawei, vivo, Xiaomi, OPPO, Advan dan Evercoss, dengan lebih dari 50 tipe smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

995 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.