Diperbaharui pada Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:22

MediaTek Umumkan Dimensity 920 dan 810 untuk Hp 5G

mediatek dimensity 810

MediaTek mengumumkan dua chipset terbaru mereka, Dimensity 920 dan Dimensity 810, yang akan melengkapi jajaran chipset 5G MediaTek yang diklaim memberikan peningkatan kinerja, pencitraan, dan tampilan cerdas pada perangkat hp 5G yang mengusungnya.

Kedua chipset ini didesain khusus untuk smartphone 5G. Dimensity 920 menyeimbangkan kinerja, daya, dan biaya untuk menyediakan pengalaman seluler yang lebih baik. 

Chipset ini dibangun dengan menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6nm, dan sudah mendukung tampilan cerdas (intelligent displays), serta  pengambilan video 4K HDR berbasis perangkat keras.

MediaTek Dimensity 920 juga menawarkan peningkatan 9% untuk performa bermain game, bila dibandingkan dengan seri pendahulunya, Dimensity 900.

Beralih ke Dimensity 810, chipset ini juga dibuat menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6nm dan mampu memberikan kecepatan CPU Arm Cortex-A76 hingga 2,4GHz.

Chipset ini juga dibekali dengan fitur kamera premium, seperti AI-Color artistik yang berkolaborasi dengan perusahaan perangkat lunak foto dan video Arcsoft, serta teknik pengurangan noise lebih modern untuk mendukung fotografi bercahaya rendah.

Menurut Dr. JC Hsu, Corporate VP and GM dari unit bisnis Wireless Communications MediaTek, perluasan seri chipset Dimensity memberikan inovasi baru kepada produsen hp untuk membuat perangkat smartphone yang lebih terjangkau.

Fitur-fitur utama Dimensity 920, antara lain:

  • Layar Adaptif Pintar MediaTek: Mengatur refresh rate tampilan sesuai dengan game atau tindakan UI yang terdeteksi; menaikkannya selama periode tindakan intens untuk menambah pengalaman pengguna, lalu menurunkannya untuk meningkatkan efisiensi daya.
  • Mesin Perangkat Keras Perekaman Video 4K: Mengintegrasikan kelas flagship, HDR-native image signal processor (ISP), dan menggabungkan mesin perekaman video 4K HDR berakselerasi perangkat keras unik yang mendukung hingga empat kamera sekaligus hingga sensor 108 MP.
  • Peningkatan Kinerja: Dengan prosesor Arm Cortex-A78 dalam CPU octa-core yang bisa mencapai kecepatan clock 2,5GHz, lalu dengan memori LPDDR5 terbaru dan penyimpanan UFS 3.1, Dimensity 920 benar-benar memaksimalkan kinerja.
  • Kecanggihan Konektivitas: Mendukung dua kartu seluler 5G, VoNR ganda, agregasi operator 2CC, rangkaian efisiensi daya MediaTek 5G UltraSave dan jaringan 5G Standalone (SA)/Non-Standalone (NSA), konektivitas 2x2 MIMO Wi-fi 6, Bluetooth 5.2, dan multi-GNSS.
  • Kelancaran Bermain Game: Mendukung MediaTek HyperEngine 3.0 dengan panggilan 5G dan akses data tanpa gangguan (data concurrency), ditambah peningkatan koneksi untuk high-speed rail dan teknologi “Super Hotspot”.

Fitur-fitur utama Dimensity 810, antara lain:

  • Performa Lebih Cepat: Prosesor Arm Cortex-A76 saat ini mendukung hingga 2,4GHz dalam CPU octa-core.
  • Tampilan Lebih Cepat: Ponsel pintar 5G mainstream kini mendapatkan keuntungan dari tampilan 120Hz untuk pengalaman pengguna yang sangat mulus.
  • Kamera: Mendukung teknik pengurangan noise tingkat lanjut (MFNR & NCTF) guna pengambilan gambar bercahaya rendah yang begitu baik, serta mendukung hingga kamera beresolusi 64MP. 
  • Fitur Kamera AI Kelas Atas: Memungkinkan pengalaman kamera yang memesona, seperti AI-Bokeh dan AI-Color artistik yang berkolaborasi dengan teknologi Arcsoft.
  • Kelancaran Bermain Game: Mendukung teknologi game HyperEngine 2.0 MediaTek dengan mesin manajemen sumber daya yang pintar dan mesin jaringan yang canggih.

Chipset Dimensity 5G terbaru ini menghadirkan fitur konektivitas baru, seperti arsitektur 5G standalone (SA) dan non-standalone (NSA), 5G two carrier aggregation (2CC), termasuk mode campuran FDD+TDD, dukungan teknologi dynamic spectrum sharing (DSS), True Dual SIM 5G (5G SA + 5G SA) dan Voice over New Radio (VoNR).

MediaTek Dimensity 920 dan Dimensity 810 diharapkan akan segera meluncur melalui perangkat smartphone 5G secara global pada kuartal ketiga 2021.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.