Diperbaharui pada Jumat, 18 Maret 2022 | 14:05

5 Peralatan Dapur Praktis untuk Sahur dan Buka Puasa

perlengkapan sahurFoto: Pexels

Bulan Ramadhan di tahun 2022 tampaknya masih lebih sering dihabiskan di rumah karena sepertinya belum banyak orang yang ingin melakukan kegiatan buka bersama di tempat umum.

Dengan alasan tersebut, maka selain mempersiapkan hati dan memperbanyak ibadah, keperluan yang mendukung untuk persiapan berbuka dan sahur pun juga perlu untuk direncanakan.

Peralatan Dapur Elektronik Praktis di Bulan Puasa

Di masa yang serba mengandalkan teknologi ini, keperluan alat-alat dapur pun juga tak luput dari adanya inovasi yang bisa membantu kegiatan masak-memasak Anda di dapur menjadi lebih cepat dan mudah.

Apalagi setelah seharian menjalankan ibadah puasa sembari beraktivitas, tentu kita ingin sekali bisa berbuka puasa dengan cara yang praktis alias tak berlama-lama. 

Hal ini juga berlaku ketika sahur, saat setiap umat Muslim akan bangun pada dini hari untuk mengisi perut sebagai persiapan menghadapi puasa keesokan harinya.

Jika persiapan sahur dilakukan secara mendadak, di samping waktu sahur yang tidak terlalu lama, bisa menyebabkan keterlambatan di dalam melaksanakan sahur. 

Agar bisa memiliki banyak waktu untuk beribadah di bulan puasa Ramadhan, Anda bisa memanfaatkan beberapa alat elektronik dapur yang bisa membantu pekerjaan dalam mempersiapkan buka puasa dan juga sahur.

Dengan bantuan alat-alat dapur tersebut, maka akan lebih praktis, tak banyak menghabiskan waktu, dan tentunya lebih cepat. Sehingga Anda dan keluarga bisa menggunakan waktu lebih banyak untuk fokus beribadah.

Berikut ini jenis-jenis peralatan dapur elektronik praktis yang akan sangat membantu segala kebutuhan sahur dan buka puasa dengan praktis.

1. Air Fryer

Air FryerPuasa Ramadhan biasanya identik dengan gorengan ketika berbuka puasa. Rasanya ada yang kurang jika berbuka tanpa ditemani oleh gorengan.

Kebanyakan penjaja gorengan akan menggunakan minyak goreng dalam jumlah yang banyak untuk menggoreng berbagai jenis gorengan, seperti tahu, tempe, bakwan, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Nah, keberadaan Air Fryer ini bisa menjadi alternatif sekaligus solusi terbaik untuk bisa menyantap gorengan dengan cara yang lebih sehat.

Fungsi utama dari air fryer adalah bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak. Sehingga Anda pun bisa menyantap makanan tersebut dengan lebih sehat.

Fitur Air Fryer

  • Pengatur Suhu: Adanya fitur pengatur suhu di Air Fryer akan sangat memudahkan Anda ketika menggoreng dan tentunya akan lebih aman di dalam penggunannya karena suhu sudah diatur di awal. 
  • Timer: Keberadaan fitur ini sangat baik untuk meminimalisir agar makanan Anda tidak gosong. Dengan adanya timer, maka tingkat kematangan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Kelebihan Air Fryer

  • Makanan Lebih Renyah: Hal ini dikarenakan dengan menggunakan Air Fryer akan membuat kandungan air di makanan akan menguap ketika dalam proses pemasakan.
  • Praktis: Anda bisa menunggu sambil mengerjakan pekerjaan yang lain. Karena adanya pengaturan suhu dan waktu, maka semua sudah diatur sedemikian rupa dan tidak akan membuat Anda harus menunggu di dekatnya.
  • Lebih Sehat: Karena ketiadaan minyak dalam proses pemasakannya, maka tubuh Anda akan terhindar dari minyak yang sangat membahayakan.
  • Rasa Tidak Berubah: Rasa yang dihasilkan akan sama ketika Anda menggoreng menggunakan minyak goreng.

Daftar Harga Air Fryer Termurah

Nama Harga di Pasaran
Notale NTLA1 Rp 399.000
Notale NTL-AF256 Rp 899.000
IDEALIFE IL-201DF Rp 535.500
Oxone OX-989 Rp 775.900
Midea MF-CN20A Rp 2.730.000
Philips HD-9220 Rp 1.250.000
Philips HD-9623 Rp 3.200.000

2. Microwave

MicrowaveMicrowave merupakan salah satu alat masak yang sangat multifungsi, karena Anda bisa menghangatkan makanan tanpa menggunakan api layaknya ketika Anda memasak dengan menggunakan kompor.

Produk microwave yang ada di pasaran saat ini sudah sangat beragam dan tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan saja, namun bisa juga untuk mengukus, merebus, dan memanggang.

Dipasaran telah tersedia beragam produk microwave yang sudah memiliki fungsi oven dan steamer.

Fitur Microwave

  • Timer: Fitur pengatur waktu ini akan menghindari makanan Anda dari gosong. Sehingga Anda perlu untuk mengatur waktu pemasakan yang disesuaikan dengan jenis makanannya.
  • Reheat: Fitur ini berfungsi untuk memanaskan makanan apa saja yang sebelumnya misal Anda tidak menghabiskannya dan meletakkannya di kulkas, maka bisa dipanaskan dengan fitur ini pada microwave. Bahkan keripik pun bisa Anda panaskan untuk mengembalikan kerenyahannya.
  • Defrost: Jika Anda akan memasak makanan yang masih beku dari freezer, Anda bisa menggunakan microwave untuk mencairkannya. Sehingga akan lebih cepat untuk proses masak selanjutnya tanpa harus menunggu lama agar cair.

Kelebihan Microwave

  • Bisa Atur Suhu Dengan Tepat: Karena adanya fitur timer, maka pengaturan suhu bisa diatur dengan sangat tepat sehingga tingkat kematangan makanan akan sangat pas.
  • Durasi Lebih Singkat: Memasak dengan menggunakan microwave akan lebih cepat. Karena dengan microwave akan lebih cepat panas yang menyebabkan makanan cepat matang. 
  • Lebih Sehat: Microwave bisa menjadi sangat sehat dikarenakan pemasakan menggunakan microwave juga bisa terhindar dari minyak goreng yang bisa membuat Anda lebih sehat.

Daftar Harga Microwave Termurah

Nama Harga di Pasaran
Cosmos CO-9919 Rp 480.000
Kirin KBO-190LW Rp 570.000
Oxone OX-858BR Rp 899.000
Sharp R-222-Y belum ada harga
Sharp R-230-R Rp 1.179.000

3. Magic Jar

Magic JarJadwal puasa 2021 tekadang bisa sangat mepet dengan waktu penyiapan hidangan sahur atau berbauka. Karena itulah Anda pasti membutuhkan Magic Jar untuk bisa menjaga kehangatan dari nasi.

Magic Jar ini berfungsi untuk menjaga agar suhu nasi Anda tetap hangat dan bisa juga untuk menghangatkan lauk pauk. Jadi dalam sehari, Anda bisa memasak nasi saat sahur, dan enyimpan sisanya untuk berbuka puasa.

Fitur Magic Jar

  • Menghangatkan Nasi: Tombol Waram dapat ditekan ketika akan menghangatkan nasi dengan Magic Jar. Setelah aktif, magic jar akan menghangatkan nasi yang tersimpan di dalamnya, hingga kurun waktu tertentu.

Kelebihan Magic Jar

  • Menjaga Suhu Nasi Tetap Hangat: Untuk mempersiapkan sahur, Anda bisa memasak nasi secara langsung pada malam harinya. Dengan menggunakan magic jar inilah, Anda tidak akan khawatir nasi akan basi atau dingin. Karena suhu nasi akan tetap terjaga dan rasanya masih enak.
  • Bisa Menghangatkan Sayur: Anda bisa menghangatkan sayur maupun lauk pauk dengan menggunakan magic jar.

Daftar Harga Magic Jar Termurah

Nama Harga di Pasaran
Cosmos CRJ-1001 Rp 184.800
Miyako MCM-507 Rp 200.650
Philips HD-3132 Rp 267.000
Philips HD-3128 Rp 515.000
Yong Ma SMC-8027 Rp 599.000

4. Food Chopper

Food ChopperFood Chopper ini berfungsi untuk menghaluskan atau menggiling bahan-bahan makanan dan juga bumbu. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk menghaluskannya secara manual.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, masakan Indonesia membutuhkan beragam bumbu yang terkadang perlu dihaluskan atau dicincang. Alat ini akan membantu mempercepat prosesnya.

Fitur Food Chopper

  • Pisau: Fitur ini bisa disesuaikan dengan bahan makanan yang akan dihaluskan. Terdapat beberapa opsi jenis pisau yang dapat diganti sesuai kebutuhan.
  • Handle: Fitur ini disesuaikan dengan jenis Food Chopper yang menggunakan handle. Dengan handle itulah Anda bisa memutar pisau di dalamnya.
  • Tali Penarik: Fitur ini disesuaikan dengan jenis Food Chopper dengan tali penarik. Sehingga Anda hanya perlu menariknya dan pisau akan melakukan pemotongan atau penggilingan.

Kelebihan Food Chopper

  • Menghemat Tenaga: Dengan menggunakan Food Chopper Anda akan terhindar dari penggunaan tenaga dalam jumlah yang banyak. Namun dengan alat ini, proses lebih cepat dan mudah serta tidak melelahkan.
  • Lebih halus: Jika pengerjaan secara manual biasanya masih terdapat bagian yang belum terlalu halus. Namun dengan alat ini bumbu Anda akan lebih halus.

Daftar Harga Food Chopper Termurah

Nama Harga di Pasaran
Cosmos FP-300 Rp 189.000
Cosmos FP-313 Rp 174.600
Denpoo HP 6000 Rp 320.000
Oxone OX-272 Rp 420.000
Philips HR7627 Rp 775.000

5. Slow Cooker

Slow CookerSlow cooker ini memiliki banyak fungsi, di mana Anda bisa memasak makanan dalam waktu yang lama agar hasilnya menjadi lebih nikmat untuk disantap saat sahur atau berbuka puasa.

Produk slow cooker dapat membantu melunakkan makanan, sehingga perut yang seharian berpuasa, tidak akan kaget ketika harus memproses makanan yang disantap. Anda bisa memasak berbagai jenis makanan dengan alat ini, mulai dari sup hingga daging. 

Fitur Slow Cooker

  • Timer: Fitur ini akan mengatur dari lamanya proses memasak makanan Anda dengan menggunakan Slow Cooker.
  • Penutup: Penutup ini akan berfungsi agar panas dapat tertahan di dalamnya dan makanan Anda cepat matang.

Kelebihan Slow Cooker

  • Tidak Perlu Ditunggu: Anda tidak perlu menunggu sampai matang dan bisa sembari melakukan pekerjaan lain.
  • Nutrisi Tetap Terjaga: Jangan khawatir memasak dengan alat ini akan menghilangkan nutrisi. Nutrisi bahan makanan akan tetap terjaga dengan menggunakan Slow Cooker.
  • Memasak Daging Sampai Empuk: Tidak kalah dengan ketika menggunakan kompor. Memasak daging dengan Slow Cooker juga bisa membuat daging Anda mendapatkan keempukan yang diinginkan.

Daftar Harga Slow Cooker Termurah

Nama Harga di Pasaran
Philips HD9104 Rp 230.000
Oxone OX-262N Rp 718.000
Oxone OX-261 Rp 548.900

Nah, dengan menggunakan peralatan dapur praktis tersebut, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam mempersiapkan menu buka puasa maupun sahur. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1148 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.