Diperbaharui pada Jumat, 25 Februari 2022 | 14:28

Cara Memilih Mic ASMR Terbaik untuk Video Mukbang

Cara Memilih Mic ASMR Terbaik untuk Video Mukbang-0Foto: Pexels

Video mukbang ASMR (Autunomous Sensory Meridian Response) semakin populer di berbagai platform, terutama Youtube. ASMR sendiri merupakan istilah yang merujuk pada sensasi spontan seseorang yang disebabkan suara atau bunyi tertentu.

Sensasi yang ditimbulkan umumnya geli sampai merinding. Sebagian orang yang mendengarkannya merasa nyaman, tenang, hingga bisa membantu tidur. Namun, ada juga yang terganggu selama menyimaknya.

Khusus untuk video mukbang, biasanya mikrofon jenis ASMR ini digunakan oleh para food vlogger yang menyantap berbagai jenis makanan di depan kamera. Suara yang dihasilkan bahkan dapat menimbulkan rasa lapar pada penonton.

ASMR diyakini, mulai diperkenalkan oleh Jennifer Allen pada tahun 2010, dan sejak itu, perlahan menjadi konten yang secara serius digarap para Youtuber dan content creator di platform lain seperti Instagram dan TikTok.

Tertarik menggeluti video ASMR? Berikut cara memilih mic ASMR terbaik sesuai kebutuhan. Namun sebelumnya, kamu perlu tahu jenis-jenis mic ASMR yang ada di pasaran saat ini.

Jenis-jenis Mic ASMR

mic asmr

Jenis mikrofon turut mempengaruhi kualitas audio dari video ASMR yang akan kamu buat. Jika kamu berencana mengemasnya dalam format audio-visual, berikut tipe-tipe mikrofon yang bisa digunakan.

1. Shotgun

Mikrofon berbentuk silinder ini hanya bisa menerima sinyal suara dari satu arah, tetapi sanggup menangkap kualitas suara yang baik dari depan. Wajar saja kalau mikrofon shotgun sering kali digunakan vlogger hingga filmmaker.

2. Lavaliere

Jenis mikrofon ini umumnya dipakai pembawa acara di televisi. Namun, kamu dapat menggunakannya untuk kebutuhan ASMR, apalagi lav-mic dipasang dekat mulut, sehingga dapat merekam audio secara maksimal tanpa gangguan suara lain.

3. Handheld

kamu pasti familier dengan jenis mikrofon ini. Handheld dapat dipakai dengan cara dipegang atau dipasang memakai standing mic. Hanya saja, mikrofon ini kadang memberikan kesan kaku apabila kamu rekam untuk video bertema santai.

4. Condenser

Mikrofon condenser lebih sering dijumpai penyanyi-penyanyi cover di Youtube. Sensitivitas tinggi dengan noise lebih sedikit rupanya membuat mikrofon ini cocok juga untuk kamu manfaatkan dalam memproduksi video ASMR.

5. Boompole

Dikenal juga sebagai fish pole, jenis mikrofon satu ini lumayan merepotkan karena memakai gagang. Akan tetapi, kalau kamu membutuhkan alat perekaman audio jarak dekat dan sedang, maka boompole adalah mikrofon yang cocok untuk digunakan.

Cara Memilih Mic ASMR Terbaik

mic asmr

Jika kamu simak, mikrofon yang digunakan dalam video-video ASMR dapat menghasilkan audio jernih dan tajam, bahkan untuk suara/bunyi pelan.

Dalam proses pemilihannya, kamu perlu memperhatikan poin-poin berikut ini untuk mendapatkan mikrofon yang menunjang rekaman video ASMR.

1. Sesuaikan dengan Bujet

Harga mikrofon di pasaran sangat bervariasi, ditentukan jenis dan komponen yang menyusunnya. kamu bisa membeli mikrofon bagus dari Rp 200 ribuan apabila baru ingin mencoba.

Ketika sudah menemukan konsep dan teknik yang tepat, kamu dapat pilih mikrofon yang lebih baik.

2. Lihat Ulasan di Youtube

Membaca ulasan saja kurang cukup untuk mendapatkan bayangan mikrofon yang dibutuhkan. Ada baiknya kamu menyaksikan video-video unboxing atau ulasan di Youtube, karena pada reviewer akan memberikan hasil audio dari mikrofon yang dibeli.

Jadi, kemungkinan kamu salah memilih mikrofon pun bisa ditekan;

3. Memeriksa Kabel AUX

Selanjutnya, cek fitur-fitur yang terdapat pada mikrofon yang akan kamu pakai untuk keperluan ASMR. Salah satunya adalah keberadaan lubang AUX.

Tanpa lubang ini, kamu akan kesulitan saat akan mengambungkan mikrofon ke speaker atau alat penunjang lainnya;

4. Jangan Mudah Tergoda Desain

Beberapa produsen mikrofon menawarkan produk dengan desain warna-warni. Sekilas, tampilannya memang menarik, tetapi bagaimana dengan spesifikasinya?

Jika kamu lihat, sebagian besar mikrofon dalam video ASMR mempunyai desain minimalis, tetapi sanggup menghasilkan audio yang diharapkan.

Rekomendasi Mic ASMR untuk Video Youtube

mic ASMR

Setelah mengenal jenis-jenis mic ASMR dan cara memilihnya, sekarang mari kita pelajari daftar mic yang bisa kamu beli untuk memproduksi videonya. Dilansir dari Hookeaudio.com, berikut lima merek mikrofon yang membantu kamu memberikan audio ASMR yang maksimal.

1. Handy H2n

Kamu sebenarnya bisa memakai mikrofon ini untuk kebutuhan apa saja selain untuk ASMR. Handy H2n dilengkapi empat channel berbeda yang akan menghasilkan audio sesuai pengaturan yang kamu butuhkan.

Dengan pemasangan yang tepat, mikrofon tersebut bisa jadi perekam hingga interface yang kamul.

2. Roland CS-10

Brand earphone ini merangkap sebagai mikrofon karena kualitas microphone yang maksimal. kamu hanya perlu mengatur input dan output yang diinginkan, lalu ubah pengaturan audio Handy ke XY untuk mendapatkan versi binaural. Roland CS-10 memungkinkan kamu merekam sembari mendengarkan.

3. Hooke Verse

Dilengkapi dengan kemampuan merekam audio dan video dengan berbagai piranti, Hooke Verse menjadi mikrofon selanjutnya yang bisa kamu gunakan dalam produksi video ASMR.

Uniknya, mikrofon ini bisa dihubungkan dengan perangkat berbasis iOS maupun Android dan pemasangannya tak akan merepotkan karena bisa diatur tanpa kabel.

4. Rode NTI

Rode NTI-A dilengkapi dengan dua mikrofon yang bisa kamu maksimalkan untuk merekam video ASMR dalam channel terpisah. Selain itu, Rode NTI juga termasuk mikrofon cardioid yang akan memfokuskan fungsinya pada sumber suara tanpa gangguan dari sisi-sisi lainnya.

5. 3Dio FS

Kelima, ada mikrofon 3Dio Free Space Binaural yang mungkin sering kamu lihat di beberapa video ASMR Youtube khusus losion dan pemijatan. Mikrofon ini dirancang untuk perekaman binaural dengan kapsul yang sensitivitasnya cukup tinggi.

Desain bentuknya seakan menyerupai helm, tetapi konsep tersebut sebenarnya akan memudahkan kamu saat memasangnya di telinga. Ada baiknya kamu membeli mikrofon khusus secara langsung supaya bisa langsung memeriksa kualitas audio yang dihasilkan.

Namun, produk ini sudah bisa dipesan secara online di merchant terpercaya dengan harga lebih terjangkau. Pastikan saja merek mic ASMR yang kamu incar memang sudah sesuai kebutuhan untuk membuat video youtube.

Selain mikrofon kamu juga perlu memastikan kamera untuk video Youtube kamu memiliki kualitas yang baik agar video yang dihasilkan dapat maksimal.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1205 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.