Diperbaharui pada Rabu, 20 Januari 2021 | 10:30

Senjakala 7 Merk Hp Lokal Buatan Indonesia, Siapa Eksiskah di 2021?

Hp lokal

Sudah banyak brand-brand lokal Indonesia yang kualitasnya jempolan dan mampu bersaing dengan brand-brand ternama dari luar negeri. Sebut saja sepatu Compass yang hype banget. 

Indomie yang telah mendunia dan banyak di review oleh youtuber luar. SilverQuenn yang melebarkan sayapnya ke negara lain dan masih banyak lagi.

Begitu pula dengan hp pintar atau smartphone. Walaupun saat ini didominasi oleh produk asal Tiongkok dan Amerika, tapi tahukah kamu jika ada beberapa merk hp lokal asal Indonesia yang eksis?

Berikut daftarnya!

Advan

Advan

Didirikan pada tahun 2007 di Jakarta, sampai saat ini Advan telah memproduksi banyak hp terbaik dikelasnya seperti Advan i5, Advan G1, serta Advan G5 yang desainnya sekilas mirip seperti iPhone 11 Pro Max.

Salah satu kelebihan Advan adalah memiliki spesifikasi mumpuni di kelasnya yang rata rata dihargai 1 jutaan aja. Adapun salah satu produknya yang ternyata cukup mengharumkan nama Indonesia.

Salah satunya yaitu Advan i5A Glass Gold yang mampu merambah pasar Asia Tenggara. Dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni di jamannya, smartphone yang memiliki design elegant ini dibandrol 2 jutaan aja.

Yang uniknya lagi, dalam mempromosikan produknya, Advan menggandeng para pemain FC Barcelona untuk memperkenalkannnya pada dunia. Saat ini Advan memiliki pabrik di Semarang, Jawa Tengah.

Pekerjaan yang dilakukan di pabrik ini meliputi: perakitan, pengetesan, hingga pengemasan. Advan juga memiliki tim R&D yang bertugas menguji smartphone yang sudah diproduksi.

Pengujian smartphone di antaranya adalah kemampuan layar, burning room, drop test, dan uji daya tahan produk melalui temperature and humid test machine.

Daftar Hp Advan Murah

Nama Harga di Pasaran
Advan G3 Pro RAM 4GB ROM 64GB Rp 1.400.000
Advan Vandroid S5E 4GS RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
Advan Hammer CT1 belum ada harga
Advan Vandroid S4Z ROM 4GB belum ada harga
Advan Vandroid i5C LITE RAM 1GB ROM 8GB Rp 840.000

Evercoss

Evercoss

Selanjutnya ada Evercoss. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 di Jakarta, ternyata nama pertama dari perusahaan smartphone yang cukup terkenal dijamannya ini adalah Cross Mobile.

Baru pada tahun 2013, Cross Mobile ganti nama menjadi Evercoss dengan memproduksi berbagai produk elektronik salah satunya smartphone dengan spesifikasi yang berkualitas + harga yang murah. 

Walaupun tidak bisa bersaing dalam pasar Internasional, setidaknya Evercoss cukup eksis di pasar lokal pada tahun 2016 sampai 2018. Salah satu buktinya terdapat pada salah satu produknya yaitu Evercoss Winner Y Star yang laku sampai 70ribu unit hanya dalam waktu 2 bulan.

Hal ini cukup membanggakan, karena bisa bersaing dengan kompetitor ternama seperti Samsung, Xiaomi dan Oppo.

Daftar Hp Evercoss Murah

MITO

mito

Memasuki penghujung tahun 2012, MITO Mobile berhasil menjadi Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan market share yang makin tinggi dan channel distribusi yang merata di seluruh Indonesia.

Bahkan pada penjualan Mito A60 di tahun 2014, smartphone yang hanya dibandrol kurang dari 1 juta ini laku sebanyak 10 ribu unit dalam sehari. Dari banyaknya produk besutan Mito, ternyata terdapat salah satu produk hp Mito yang mampu membawa citra baik Indonesia, yaitu Mito Fantasy Selfie A77.

Mito Mobile sendiri merupakan salah satu pabrik smartphone tertua di Indonesia yang pertama kali didirikan pada tahun 2006 silam.

Adapun sederet prestasi yang telah diraih MITO Mobile diantaranya The Most Favourite, Best Seller Mobile, The Most Innovative Phone dan rekanan dari beberapa operator telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Daftar hp MITO Murah

Nama Harga di Pasaran
Mito A880 Champ RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
Mito A990 Champ ROM 8GB belum ada harga
Mito A67 Core RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
Mito A82 ROM 4GB belum ada harga
Mito A62 Note RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
 

Polytron

Polytron

Selain memproduksi barang barang elektronik seperti AC dan TV, ternyata perusahaan ternama Indonesia seperti Polytron pun membuat beberapa produk smartphone yang sudah berstandar Internasional.

Salah satu produk terbaiknya yang pernah diluncurkan adalah Polytron Prime 7s. Adapun produk lainnya yang sempat eksis di luar negeri adalah Polytron Zap 6 Posh.

Berhasil eksis di pasar India, smartphone yang dibekali dengan prosesor 1.3 GHz quad core MT6735A dan RAM 2 GB dibandrol dengan harga 7.038 rupee atau sekitar 1,4 jutaan.

Dengan harga yang murah dan spesifikasi yang mumpuni di masanya, ternyata cukup membuat penggila gadget di India begitu tertarik dengan hp asal Indonesia tersebut.

Daftar Hp Polytron Murah

 

HiMax

HiMax

Dari keempat produk lokal sebelumnya, mungkin tidak terdengar asing di telinga kita apalagi pada anak generasi 90an. Ada HiMax. Nyatanya, perusahaan smartphone lokal ini sudah ada sejak tahun 2012.

Dengan meniru taktik marketing Xiaomi, HiMax mulai memproduksi smartphone berspesifikasi mumpuni dengan harga yang terjangkau. HiMax pun sempat mendapat pujian di pasar Asia.

Dengan produk smartphonennya yang memiliki spesifikai lebih kuat dari kompetitor tapi memiliki harga yang lebih miring yaitu Himax Pure 3 dan Himax Polymer. Di pasar lokal, Himax Pure 3 terjual ludes ribuan unit hanya dalam 2 jam 13 menit.

Daftar Hp HiMax Murah

Nama Harga di Pasaran
Himax King K1 RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga
Himax H Classic RAM 2GB ROM 16GB Rp 1.549.000
Himax M1 RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
Himax M2 Plus RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga
Himax Polymer 2 RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga

Zyrex

Zyrex

Pada awalnya, Zyrex hanya memproduksi laptop. Seiring perkembangan zaman dan makin banyaknya kebutuhan konsumen terhadap smartphone, barulah perusahaan yang sudah berdiri pada tahun 1996 ini merambah dunia smartphone di pasar Indonesia.

Tapi sayangnya, produk smartphone yang dikeluarkan tidak bisa bersaing dengan kompetitor luar negri ataupun di dalam negri sendiri. Setidaknya, Zyrex pernah meluncurkan smartphone terbaiknya yang diberi nama ZA 977.

Saat ini, Zyrex sepertinya sedang vakum di dunia smartphone. Semoga salah satu perusahaan lokal ini bisa kembali bangkit dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional yaa.

Daftar Hp Zyrex Murah

Nama Harga di Pasaran
Zyrex OneScribe ZA989 RAM 1GB ROM 4GB belum ada harga

Digicoop

Digicoop

Yang terakhir adalah merk smartphone Made in Cikarang yaitu Digicoop. Smartphone Digicoop merupakan smartphone terbaru buatan Indonesia. Perangkat ini diproduksi langsung oleh tim dari ITB atau Institut Teknologi Bandung.

Dan usut punya usut, Digicoop diklaim telah mengusung Tingkat Kandungan Dalam Negeri TKDN sesuai anjuran dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Tapi untuk mendapatkan smartphone lokal tersebut, sepertinya kalian harus bergabung menjadi anggota KDIM terlebih dahulu dan membayar sejumlah iuran yang nantinya akan mendapat manfaat lainnya selain smartphone.

Smartphone Digicoop juga dilaporkan sudah mengusung konektivitas 4G dan dibekali dengan RAM Storage 1/8GB serta kamera berkekuatan 5MP dan 2MP. Sayangnya, saat ini sudah terdengar lagi nama Digicoop.

Itulah beberapa merek ho lokal buatan Indonesia. Semoga smartphone lokal semakin berkembang dan semakin bisa bersaing dengan para kompetitor seperti SAMSUNG, Xiaomi ataupun Apple.

Dan semoga kita bisa menerima produk lokal dan membelinya sebagai upaya mengsupport produk dalam negri. Karena Kita Cinta Indonesia.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.