Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2017 | 09:57

Inilah Fitur yang Diharapkan Pada Hape Samsung Galaxy S8

Rumor terkait generasi penerus dari Samsung Galaxy S Series memang masih menjadi topik yang hangat di awal tahun 2017 ini. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan yang diraih hape Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Dan hape Samsung flagship mendatang yang digadang sebagai Samsung Galaxy S8 telah menarik banyak perhatian konsumen global.

Tidak hanya itu, kehadiran Samsung Galaxy S8 juga bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk menebus kerugian akibat penarikan besar-besaran Samsung Galaxy Note 7.

Peluncuran resmi dikabarkan akan dijadwalkan pada awal tahun ini, namun belum ada informasi pasti. Banyak rumor yang beredar diluaran, termasuk perilisan saat event MWC 2017 yang akan berlangsung bulan Februari mendatang. Begitu pula informasi mengenai spesifikasi yang akan disematkan pada hape Samsung generasi teranyar tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber ada beberapa gambaran mengenai wujud serta spesifikasi yang diharapkan ada pada hape Samsung Galaxy S8 mendatang.

Desain dan Layar

Seperti diketahui,, Samsung adalah produsen pertama yang membawa layar melengkung melalui Galaxy Note Edge yang berkembang menjadi konsep dual-curved edga pada hape Samsung Galaxy S series. Sehingga diperkirakan hape Samsung Galaxy S8 akan hadir dalam varian layar edge dan layar lengkung. Dengan tepi layar yang melengkung memungkinkan pengguna untuk mengakses kontak, aplikasi dan banyak lagi lainnya, bersama dengan ticker berita. Serupa dengan hape Samsung Galaxy S7 Edge, Galaxy S8 Edge diharapkan akan hadir dengan layar 5,5 inci dan/atau layar Super AMOLED 5.1 inci. Kedua model ini memiliki nama kode Dream dan Dream2.

Sebuah laporan baru dari Korea Selatan menunjukkan bahwa flagship Samsung Galaxy S8 akan diluncurkan dalam dua varian, dimana salah satunya memiliki layar 5 inci dan lainnya menawarkan layar 6 inci yang disebut Galaxy S8 Plus. Dengan layar yang lebih besar, Samsung S8 akan menarik perhatian mantan pengguna Galaxy Note 7. Apalagi kabarnya Samsung S8 ini juga menawarkan stylus S Pen sebagai aksesori eksternal, yang kemungkinan untuk digunakan dengan Galaxy S8 Plus.

Informasi lainnya menyebutkan bahwa perusahaan akan menerapkan konsep bezel-less dan menghapus tombol home fisik, seperti yang digunakan oleh hape Xiaomi Mi Mix. Samsung mengganti dengan tombol home virtual, yang akan ditempatkan di bagian bawah. Sama seperti iPhone 7 Plus, Galaxy S8 juga diperkirakan akan menghilangkan jack 3.5mm headphone, namun mendukung konektivitas USB-C audio. Namun akan mempertahankan iris scanner dan fitur waterproofing.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa hape Samsung Galaxy S8 akan meningkatkan layanan kecerdasan buatan. Dimana Samsung akan menempatkan sensor untuk keamanan biometrik pada Galaxy S8. Menariknya, sensor biometrik ini akan diterapkan pada layar penuh, dalam artian sensor sidik jari akan ditempatkan di dalam layar itu sendiri. Sehingga hal ini akan menghilangkan kebutuhan untuk menempatkan sensor sidik jari di dalam tombol home.

Spekulasi menunjukkan bahwa Samsung mungkin akan menggunakan sensor sidik jari berbasis optik yang disebut Natural ID besutan Synaptics. HAl ini bukan tanpa alasa, sebab Synaptics merupakan penyuplai sensor fingerprint untuk Samsung sejak lama. Sensor ini dapat ditempatkan bahkan di bawah 2.5D kaca melengkung dan dapat bekerja dengan jari-jari yang basah.

Sebagai hape Samsung flagship, hape Samsung Galaxy S8 juga diharapkan mendukung Google Daydream VR untuk menikmati konten VR. Menariknya, rumor menunjuk pada penggunaan panel 4K.

Prosesor dan Memori

Hape Samsung dalam model flagship umumnya dikemas dengan prosesor tercepat yang ada di pasar pada saat peluncuran. Sehingga dispekulasikan akan hadir dalam dua varian, yaitu menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 octa-core dengan kecepatan clock 3.25GHz dengan grafis Adreno 540 GPU dan prosesor besutan Samsung Exynos 8895 yang memiliki kecepatan clock 3GHz dan peningkatan 70 persen dalam efisiensi pengolahan gambar dibandingkan dengan pendahulunya, dan dipasangkan dengan grafis Mali-G71.

Grafis Mali-G71 memberikan efisiensi energi hingga 20 persen, kepadatan kinerja 40 persen dan 20 persen save lebih baik. Prosesor ini juga mendukung RAM 6GB LPDDR4 dan memori internal 64GB, 128GB dan 256GB dengan slot kartu microSD untuk ekspansi.

Kamera

Hape Samsung Galaxy 8 juga menyematkan kamera baru yang akan memiliki sensor 16 megapiksel dengan fitur seperti aperture f/1.4. Sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya dan lonjakan jumlah megapiksel untuk gambar yang lebih detil. Sedangkan untuk kamera depan, hape Samsung Galaxy S8 akan didukung fitur autofocus, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada hape umumnya. Namun sayangnya belum ada informasi lebih jelas mengenai kekuatan resolusinya.

Baterai dan OS

Di sektor sumber daya, baterai pada hape Samsung Galaxy S8 kabarnya akan memiliki kapasitas 4,200mAh per beberapa laporan. Sementara dari sisi perangkat lunak, Galaxy S8 diharapkan berjalan dengan OS Android 7.1 Nougat dengan Samsung TouchWiz UI.

Yang menarik, akuisisi Samsung terhadap Viv, sebuah asisten AI dari pencipta Siri, menunjukkan integrasi yang signifikan dari teknologi tersebut dalam proyek-proyek masa depan termasuk S Voice. Berdasarkan pengajuan merek dagang baru-baru ini, Samsung akan menamai asisten AI mendatang mereka dengan sebutan "Bixby" yang seharusnya bisa memulai debut dengan Galaxy S8.

Baca juga artikel:
Samsung Galaxy S8: Layar RGB AMOLED dan Tanpa Jack Headphone 3.5mm
Selain Samsung Galaxy S8, 5 Hape ini Paling Ditunggu Tahun 2017
Lensa Samsung Galaxy S7 Tiba-Tiba Pecah Secara Misterius
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.