Diperbaharui pada Kamis, 17 Maret 2016 | 17:09

Cara Mudah Memahami Perbedaan Motherboard Intel dan AMD

Bagi yang hobi merakit komputer, tentunya mengenal betul apa itu motherboard dan tahu perbedaan antara motherboard Intel dan AMD. Cuma buat yang masih baru, tentu saja butuh banyak referensi mengenai sejarah motherboard, jenis-jenis motherboard dipasaran, komponen yang ada di motherboard dan harganya saat ini. Pada artikel ini, kita akan bahas singkat mengenai perbedaan motherboard Intel dan AMD.

Sebuah motherboard atau disebut juga mainboard adalah tempat komponen-komponen komputer diletakkan seperti berbagai jenis slot, chip, kontroler, hingga chipset processor.

Hingga kini ada banyak sekali merk, seri dan jenis motherboard yang ada di pasaran, namun pada dasarnya hanya ada dua macam yaitu motherboard Intel dan motherboard AMD. Secara sekilas keduanya kelihatan sama yaitu dipenuhi dengan berbagai macam komponen-komponen elektronika, slot, dan socket.

Namun jika ditilik lebih dalam, misalnya dari sisi arsitektur dan fitur-fitur di dalamnya, keduanya sungguh sangat berbeda dan tak bisa saling tukar komponen. Penasaran dengan perbedaan motherboard Intel dan AMD? Mari kita ulas satu-satu.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan pabrik pembuatnya

Perbedaan Motherboard Intel dan AMD

Intel adalah perusahaan teknologi asli Amerika yang memfokuskan usahanya pada perancangan dan produksi mikroprosessor dan mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit terpadu, selain prosesor perusahaan ini juga memproduksi LAN Card, chipset motherboard, berbagai komponen elektronika untuk komputer dan berbagai produk lain. Beberapa produk prosesor Intel yang cukup sukses dan terkenal adalah:

  • Intel Pentium 4 (sebelumnya ada Intel Pentium I, Pentium II dan Pentium III)
  • Intel Pentium Dual Core
  • Intel Core 2 Duo
  • Intel Core 2 Quad
  • Intel Core 2 Xtreme
  • Intel Core i3, i5 dan i7
Baca juga Harga Motherboard Komputer Terbaru

Perbedaan Motherboard Intel dan AMD

AMD adalah perusahaan teknologi yang juga berpusat di Amerika, tepatnya di Sunnyvale, California dan mempunyai cabang pabrik di Austin serta Dresden Jerman. Perusahaan ini memproduksi barang yang kurang lebih sama seperti Intel yaitu prosesor, sirkuit terpadu, VGA card dan banyak lagi. Pada tahun 2006 yang lalu AMD membeli ATI Technology yang kini menjadi pusar produksi VGA card papan atas AMD serta berbagai jenis chipset. Beberapa produk prosesor AMD yang sukses dan cukup terkenal adalah:

  • AMD Sempron
  • AMD Athlon FX
  • AMD Athlon 64,
  • AMD Athlon X2, X3 dan X4. 

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan arsitekturnya

Jika dibandingkan dari sisi arsitektur, Intel dan AMD mempunyai teknologi yang sangat berbeda, bukan mana yang lebih unggul, melainkan sistem yang sangat berseberangan. Kedua perusahaan ini mengembangan prosesor yang sangat berbeda satu sama lain.

AMD dalam memproduksi prosesornya mengintegrasikan memory controller. Teknologi ini membuat jalur data dari prosesor dengan chipset menjadi lebih singkat. Teknologi ini disebut Hyper Transport yang membuat transfer rate data menjadi sangat cepat karena tak harus menanti dari memori utama. Namun hal ini membuat memori internal menjadi lebih kecil.

Sementara itu Intel tidak melakukan hal yang sama. Mereka cenderung menanamkan memori internal pada prosesor. Mereka membuat memori internal yang lebih besar dengan menanamkan lebih banyak transistor sehingga prosesor buatan Intel lebih powerful ketika harus menangani aplikasi multi-threading. Hal ini berkenaan dengan kegunaan memori internal pada prosesor itu sendiri yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara yang akan diolah oleh prosesornya.

Baca juga Komponen-komponen Motherboard Yang Perlu Kamu Tahu

Hingga saat ini teknologi yang diterapkan ini dianggap selangkah lebih maju dari AMD, namun harus ditebus dengan harga yang juga sedikit lebih mahal. Sebenarnya Intel juga telah mengintegrasikan memory controller ke prosesor buatannya, yaitu pada Intel i7 Nehalem.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan frekuensi dan chipset

Kita ambil contoh, sebuah prosesor AMD Sempron 3000+ dengan clockspeed 1.8GHz tak bisa disamakan dengan Intel Pentium 4 dengan clockspeed 1.8GHz. Mungkin label clockspeed-nya sama, namun ketika dilakukan benchmark maka prosesor AMD lebih cepat.

Hal ini berkaitan dengan teknologi hyper TransferTransport yang dimiliki AMD sehingga prosesor AMD dengan clockspeed 1.8Ghz bisa disandingkan dengan prosesor Intel 2.2GHz. Oleh sebab itu sangat jarang prosesor AMD yang punya clockspeed di atas 3Ghz. Sementara itu Intel memfokuskan diri membangun motherboard yang mampu melayani prosesor dengan clockspeed monster dan juga opsi untuk overclocking.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan grafis onboard

Jika dibandingkan dalam hal grafis onboard, motherboard AMD bisa dibilang menang telak karena AMD telah mengakusisi perusahaan ATi yang memproduksi kartu grafis ATi Radeon. Selain itu AMD juga mempunyai opsi untuk memakai mesin grafis buatan Nvidia. Sementara untuk motherboard Intel, dukungan kartu grafis external kurang greget dikarenakan Nvidia dan Intel terlibat persaingan secara diam-diam.

Point-point penting perbedaan motherboard Intel dan AMD

  1. Motherboard buatan Intel dapat mengatur panasnya sendiri. Jika prosesor telah begitu panas maka secara otomatis fan pendingin juga akan semakin kencang.
  2. Intel menang pada branding produk sementara AMD menang karena harga yang lebih murah.
  3. AMD lebih unggul untuk pengolahan aplikasi komunikasi seperti penggunaan modem, ADSL, Dolby Digital Surround Sound.

 

Baca juga artikel
Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer
Sejarahnya Motherboard, Dulu Hingga Kini dan Harganya di Pasar
Plextor Kenalkan SSD M.2 M6e Cocok untuk Notebook dan Motherboard
Like us!
Alena Yulitta

Contributor

710 Posts